4 Amalan Wajib Bulan Ramadhan Untuk Menambah Pahala

"Amalkan beberapa amalan berikut."

Life | 12 April 2023, 07:26
4 Amalan Wajib Bulan Ramadhan Untuk Menambah Pahala

Bulan Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah, yang merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan Ramadhan, umat Islam melakukan puasa dari fajar hingga matahari terbenam setiap hari selama sekitar 29 atau 30 hari berturut-turut. Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam dan bertujuan untuk membantu orang-orang muslim untuk memperkuat hubungan mereka dengan Allah SWT, meningkatkan kesabaran, serta memperkuat kebersamaan dan rasa persaudaraan di antara sesama umat Islam. Selain itu, bulan Ramadhan juga dianggap sebagai waktu yang penuh berkah dan kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah seperti shalat, membaca Al-Quran, berinfaq, dan melakukan kegiatan sosial yang baik.

Amalan wajib bulan Ramadhan

Adapun beberapa amalan wajib yang bisa dilakukan oleh umat Islam untuk menambah pahala, di antaranya seperti:

1. Segera berbuka
Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Rasulullah SAW menganjurkan agar segera berbuka puasa dengan kurma dan air putih. Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW, bunyinya:

"Jika salah seorang berpuasa, hendaklah ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan." (HR. Abu Dawud)

Saat berbuka puasa hendaknya tidak menunda-nunda. Sehingga, ketika azan Maghrib berkumandang, kamu dapat harus lekas membatalkan puasamu.

2. Menjaga lisan

Menjaga lisan terhadap perkataan yang tidak berguna sepatutnya dilaksanakan. Alasannya, dengan menjaga lisan mampu mencegah munculnya dosa. Kamu dapat menghindari diri dari perbuatan yang tidak baik, misalnya bohong dan mengumpat. Karena perilaku tersebut bisa menggugurkan pahala berpuasa. Hal ini seperti hadis berikut:

"Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan harus yang dia tahan." (HR. Bukhari)

3. Hindari hal yang tidak baik

Ketika berpuasa hindari hal yang tidak baik hingga membatalkan puasa. Misalnya bersenang-senang dengan hal yang sesuai dengan kehendak dan hawa nafsu.

Sepatutnya kamu menahan diri untuk dilihat, disentuh, diraba, dicium, dan lai sebagainyanya. Berbuka puasa hingga kekenyangan juga tidak sepatutnya dilakukan.

4. Sahur
Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Sahur merupakan salah satu sumber tenaga ketika berpuasa. Hal ini adalah salah satu amalan di bulan Ramadan. Sahur bisa dilaksanakan dengan menyantap sesuatu mesti hanya sedikit atau seteguk air saja.

Waktu sahur ialah usai tengah malam biasanya sekitar jam 3 dini hari. Rasulullah SAW menjelaskan ada banyak keberkahan jika kamu sahur. Seperti dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan." (HR. Al-Bukhari)

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya