Contoh Proposal Penelitian Anak SMA untuk Lomba Karya Ilmiah

"mudah dibuat"

Life | 18 April 2023, 23:14
Contoh Proposal Penelitian Anak SMA untuk Lomba Karya Ilmiah

Saat hendak membuat sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga di antaranya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.

Pengertian Proposal
Proposal itu merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi rencana atau usulan untuk suatu kegiatan atau proyek tertentu. Proposal umumnya dibuat untuk memberi keyakinan kepada orang-orang atau pihak yang berwenang untuk mendukung atau membiayai suatu kegiatan atau proyek.
Daun.id

pixabay

Umumnya proposal itu terdiri dari beberapa hal seperti latar belakang masalah, tujuan, ruang lingkup kegiatan atau proyek, metode atau strategi yang akan digunakan, sumber daya yang dibutuhkan, biaya, jadwal pelaksanaan, manfaat yang akan diperoleh, dan risiko serta dari strategi mitigasinya.
´╗┐
Bisa digunakan dalam berbagai bidang. Contohnya seperti bisnis, pendidikan, penelitian, sosial, budaya, dan sebagainya. Di konteks bisnis, proposal umumnya digunakan untuk mengajukan rencana bisnis kepada investor atau pihak yang berwenang untuk menbisakan dukungan atau modal usaha. Dalam pendidikan, proposal digunakan untuk mengajukan rencana kegiatan atau proyek kepada pihak sekolah, lembaga, civitas akademik atau universitas. Sedangkan di penelitian, proposal digunakan untuk mengajukan rencana penelitian kepada pihak sponsor atau lembaga yang akan membiayai penelitian.

Penelitian

Sedangkan penelitian atau karya ilmiah ini sendiri adalah suatu publikasi atau presentasi yang berisi hasil sebuah penelitian atau pemikiran yang dilakukan oleh seorang peneliti atau kelompok peneliti. Karya ini bisa berupa makalah, artikel, buku, atau presentasi yang diterbitkan atau disampaikan dalam forum ilmiah.

Karya ilmiah harus melalui proses yang ketat dalam hal review dan validasi oleh para ahli dalam bidang yang sesuai atau yang paham mengenai apa yang dilakukan dalam penelitian tersebut, sehingga bisa dijamin bahwa hasil dan kesimpulan yang dikemukakan dalam karya ilmiah tersebut akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Karya ilmiah memainkan peran yang cukup penting dalam perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan membantu dalam memecahkan masalah dan membangun solusi yang lebih baik.

Karya Ilmiah SMA untuk Lomba

Merupakan sebuah tulisan yang isinya memuat hasil penelitian atau pengamatan tentang suatu topik atau masalah tertentu yang dilakukan oleh siswa SMA. Karya ilmiah ini dibuat guna mengembangkan kemampuan literasi siswa, meningkatkan kreativitas dan keterampilan penelitian, serta memperluas wawasan siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Karya ilmiah SMA umumnya ditulis dengan format yang serupa dengan karya ilmiah pada umumnya, yaitu terdiri dari pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan, dan saran. Akan tetapi, karya ilmiah SMA umumnya lebih sederhana dan tidak serumit karya ilmiah yang ditulis oleh peneliti profesional. Topik yang dipilih dalam karya ilmiah SMA juga biasanya lebih sederhana dan mudah dipahami oleh siswa SMA, namun tetap relevan dan menarik jika dikaji lebih lanjut.

Contohnya

´╗┐Berikut ini contoh proposal penelitian anak SMA untuk lomba, yang sederhana dan benar dengan topik "Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan Mental Remaja":
Daun.id
pixabay

I. Pendahuluan
Gadget telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari remaja. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan gadget oleh meningkat secara signifikan. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental remaja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap kesehatan mental remaja.

II. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diberikan kepada 100 siswa SMA. Kuesioner berisi pertanyaan tentang penggunaan gadget dan kesehatan mental remaja. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif.

III. Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% siswa SMA menggunakan gadget lebih dari 5 jam sehari, sementara hanya 30% siswa yang menggunakan gadget kurang dari 5 jam sehari. Selain itu, 50% siswa merasakan gangguan tidur akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Sedangkan, 60% siswa merasa cemas dan stres ketika tidak bisa menggunakan gadget.

IV. Pembahasan
Penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental remaja. Hal ini terlihat dari hasil penelitian bahwa penggunaan gadget lebih dari 5 jam sehari dapat menyebabkan gangguan tidur dan meningkatkan tingkat kecemasan dan stres. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan.

V. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental remaja. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan dan mendorong untuk melakukan kegiatan positif lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan mental mereka.

VI. Saran
Dalam rangka mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan, perlu ada kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif penggunaan gadget pada kesehatan mental mereka. Selain itu, perlu ada upaya untuk mendorong melakukan kegiatan positif lainnya seperti olahraga, membaca buku, atau berkumpul dengan teman-teman secara langsung tanpa menggunakan gadget.

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 MEI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Daun Media Network