Contoh Proposal Kegiatan HUT Sekolah SMA, Pahami Urutannya

"Pahami Urutannya"

Life | 26 April 2023, 14:12
Contoh Proposal Kegiatan HUT Sekolah SMA, Pahami Urutannya

Yang umum atau yang sering membuat proposal yaitu anak-anak sekolah. Untuk menjalankan prokoer, sekaligus menyemarakkan kegiatan dari sekolah. Seperti di antaranya yaitu untuk merayakan HUT Sekolah.

Kegiatan HUT Sekolah SMA
HUT atau Hari Ulang Tahun Sekolah SMA yaitu perayaan tahunan yang dilakukan oleh sekolah SMA untuk memperingati hari ulang tahun pendirian sekolah tersebut. Kegiatan HUT SMA umumnya dilakukan dengan berbagai macam kegiatan seperti:
Daun.id

pixabay

  • Upacara Bendera: Kegiatan yang wajib dilakukan pada setiap sekolah dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah.
  • Lomba-lomba: Lomba-lomba yang diadakan antara lain lomba olahraga, lomba seni, lomba pengetahuan, dan lain sebagainya.
  • Seminar: umumnya diadakan seminar tentang topik-topik yang relevan dengan pendidikan dan perkembangan siswa.
  • Pagelaran Seni: umumnya diadakan pagelaran seni seperti tari, musik, drama, dan sejenisnya.
  • Penghargaan: Dalam rangka HUT sekolah SMA, umumnya diadakan acara pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam berbagai bidang, seperti akademik, olahraga, seni, dan kegiatan sosial.
  • Kegiatan Sosial: Kegiatan sosial seperti bakti sosial atau donor darah sering juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT SMA.


Kegiatan HUT SMA bisa menjadi momen yang penting bagi seluruh siswa, guru, dan karyawan sekolah dalam memupuk rasa cinta dan bangga terhadap sekolah. Selain itu, HUT SMA juga bisa menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara siswa, guru, dan karyawan sekolah serta meningkatkan semangat kerja sama dan persatuan di antara mereka.

Proposal Kegiatan
Yaitu sebuah rencana atau proposal tertulis yang memuat penjelasan lengkap mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal ini umumnya disusun dengan tujuan untuk menbisakan persetujuan atau dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut, seperti sponsor, lembaga atau instansi pemerintah, atau masyarakat umum.

Pada proposal kegiatan, terbisa beberapa komponen penting yang harus dijelaskan dengan jelas dan detail, antara lain seperti latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target peserta, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, serta rincian kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal kegiatan juga harus mencantumkan daftar peralatan dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Penting untuk memperhatikan bahwa sebuah proposal kegiatan haruslah dibuat dengan singkat, jelas, dan padat. Proposal kegiatan yang terlalu panjang dan tidak fokus pada pokok permasalahan bisa membuat pihak yang dituju merasa tidak tertarik untuk membaca atau memberikan persetujuan. Salah satunya ialah proposal kegiatan pameran seni rupa di sekolah, salah satunya untuk pameran patung yakni:

Struktur Proposal kegiatan

  1. Cover / Halaman Depan; Umumnya berisi judul proposal, nama dan logo organisasi yang mengajukan proposal, serta tanggal pengajuan proposal.
  2. Daftar Isi; Umumnya berisi daftar judul sub-bagian dalam proposal kegiatan.
  3. Pendahuluan; Umumnya berisi latar belakang dan tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan, serta mengapa kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan.
  4. Tinjauan Pustaka; Bagian ini berisi informasi yang menunjang mengenai topik atau tema kegiatan yang akan dilakukan. Tinjauan pustaka bisa berupa hasil penelitian, data statistik, atau referensi lainnya yang relevan.
  5. Metode Pelaksanaan; Berisi rincian cara pelaksanaan kegiatan, seperti jadwal kegiatan, lokasi, peralatan dan perlengkapan yang diperlukan, serta tim atau panitia yang akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan.
  6. Sasaran / Target Peserta; Bagian ini menjelaskan siapa saja yang menjadi target peserta kegiatan, seperti jumlah peserta yang diharapkan, latar belakang peserta, serta manfaat yang akan dibisakan oleh peserta.
  7. Waktu dan Tempat Pelaksanaan; Menjelaskan jadwal pelaksanaan kegiatan secara detail, seperti tanggal, jam, dan durasi kegiatan, serta tempat pelaksanaan kegiatan.
  8. Anggaran Biaya; Berisi informasi mengenai biaya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan, seperti biaya sewa tempat, konsumsi, peralatan, transportasi, dan honorarium.
  9. Sponsorship atau Dukungan; Bagian ini menjelaskan tentang kemungkinan adanya sponsor atau dukungan dari pihak lain dalam pelaksanaan kegiatan, seperti sponsor dari perusahaan atau lembaga, atau dukungan dari pemerintah.
  10. Penutup; Berisi ringkasan dari seluruh isi proposal, serta permintaan agar proposal kegiatan tersebut bisa disetujui dan didukung oleh pihak yang terkait. Penulis juga bisa mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan pihak terkait, serta menyertakan informasi kontak untuk informasi lebih lanjut.


Contoh Proposal Kegiatan HUT Sekolah SMA
Berikut yaitu contoh proposal kegiatan HUT Sekolah SMA:
Daun.id

pixabay

Judul: Peringatan HUT Sekolah SMA XYZ

Latar Belakang:
Sebagai lembaga pendidikan, SMA XYZ telah memberikan kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan di daerah ini. Untuk memperingati hari jadinya yang ke-XX, SMA XYZ bermaksud untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang akan melibatkan seluruh siswa, guru, dan karyawan sekolah. Kegiatan HUT sekolah SMA ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan persatuan di antara semua warga sekolah.

Tujuan:
Meningkatkan semangat kebersamaan dan persatuan di antara siswa, guru, dan karyawan sekolah.
Meningkatkan kesadaran siswa tentang sejarah dan perkembangan SMA XYZ selama 20 tahun terakhir.
Meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Sasaran: Seluruh siswa, guru, dan karyawan SMA XYZ.

Jadwal Kegiatan:
Upacara Bendera (07.00 - 08.00 WIB)
Lomba olahraga (08.30 - 11.30 WIB)
Parade siswa (13.00 - 14.30 WIB)
Lomba seni dan sastra (15.00 - 17.00 WIB)
Seminar tentang pendidikan (18.00 - 20.00 WIB)
Pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi (20.30 - 22.00 WIB)

Anggaran:
Sewa tempat: Rp 5.000.000,-
Biaya transportasi: Rp 2.500.000,-
Biaya konsumsi: Rp 10.000.000,-
Biaya lain-lain: Rp 2.000.000,-
Total anggaran: Rp 19.500.000,-

Sumber Dana:
Dana dari pihak sekolah: Rp 10.000.000,-
Sponsor: Rp 7.000.000,-
Dana dari orang tua siswa: Rp 2.500.000,-
Total sumber dana: Rp 19.500.000,-

Metode Evaluasi:
Survei kepuasan siswa, guru, dan karyawan tentang kegiatan HUT sekolah SMA.
Wawancara dengan siswa, guru, dan karyawan tentang dampak dari kegiatan HUT sekolah SMA terhadap semangat kebersamaan dan persatuan di antara mereka.

Penutup:
Kegiatan HUT Sekolah SMA XYZ ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi semua warga sekolah. Jika ada pertanyaan atau saran mengenai proposal ini, silakan hubungi panitia kegiatan melalui kontak yang telah disediakan. Terima kasih atas perhatiannya.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya