5 Olahraga Cocok Mengatasi Asam Urat, Ketahui Makanan yang Harus Dihindari

Life | 03 June 2023, 19:21

"Olahraga tak harus yang berat"

5 Olahraga Cocok Mengatasi Asam Urat, Ketahui Makanan yang Harus Dihindari

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Meskipun olahraga tidak dapat menyembuhkan asam urat, tetapi dapat membantu mengendalikan gejala dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat membantu mengatasi asam urat:

1. Berjalan kaki:Daun.id

Jogging/pixabay


Berjalan kaki adalah olahraga yang rendah dampak dan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Bersepeda:
Bersepeda adalah aktivitas aerobik yang efektif dalam menjaga kebugaran dan mengurangi risiko asam urat. Pilih sepeda yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan lakukan dengan intensitas yang sesuai.

3. Renang:
Renang adalah olahraga yang non-beban dan menyenangkan yang dapat membantu memperkuat otot dan sendi tanpa memberikan tekanan berlebih pada sendi yang terkena asam urat.

4. Latihan kekuatan:
Latihan kekuatan atau angkat beban dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar sendi, sehingga memberikan dukungan yang lebih baik dan mengurangi risiko serangan asam urat.

5. Yoga:
Latihan yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan relaksasi. Beberapa pose yoga tertentu juga dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri dan peradangan yang terkait dengan asam urat.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengalami serangan asam urat. Mereka dapat memberikan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu Anda. Selain itu, pastikan untuk menjaga asupan air yang cukup dan mengikuti pola makan yang sehat untuk membantu mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh.

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat 


Penderita asam urat perlu menghindari makanan yang tinggi purin, karena purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan batasan jika Anda menderita asam urat:

1. Daging merah:
Daun.id

Daging/pixabay

Daging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging babi mengandung tinggi purin. Sebaiknya konsumsi daging merah dengan batasan atau pilih opsi daging rendah lemak.

2. Makanan laut:
Makanan laut seperti ikan sarden, ikan kembung, udang, dan kerang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Hindari atau batasi konsumsi makanan laut ini.

3. Organ dalam hewan:
Hati, ginjal, otak, dan jeroan hewan mengandung tinggi purin. Hindari atau konsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas.

4. Produk olahan daging:

Produk olahan daging seperti sosis, ham, bacon, dan daging asap memiliki kandungan purin yang tinggi. Sebaiknya hindari makanan ini.

5. Alkohol:
Konsumsi alkohol dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh dan mengganggu pengeluaran asam urat melalui ginjal. Hindari alkohol atau batasi konsumsi alkohol secara signifikan.

6. Makanan manis:

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Batasi konsumsi makanan manis seperti minuman bersoda, permen, kue, dan makanan penutup manis.

7. Minuman bersoda:
Minuman bersoda mengandung fruktosa, yang dapat meningkatkan produksi asam urat. Hindari minuman bersoda atau batasi konsumsi mereka.

Selain itu, penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Juga, pastikan untuk mengonsumsi cukup air untuk membantu menghilangkan asam urat dari tubuh melalui urin. Namun, setiap individu dapat bereaksi berbeda terhadap makanan, jadi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang lebih spesifik berdasarkan kebutuhan dan kondisi Anda.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya