Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami, Ketahui Gejalanya

"Pola makan penting banget"

Life | 04 June 2023, 20:30
Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami, Ketahui Gejalanya

Asam urat adalah kondisi medis yang terkait dengan penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh, terutama di sendi. Untuk mengatasi asam urat secara alami, berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba:

1. Perubahan pola makan:
Hindari makanan yang kaya purin, seperti daging merah, jeroan, makanan laut (sarden, ikan teri, udang), dan produk olahan daging. Purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.
Konsumsi makanan rendah purin, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Minum cukup air putih untuk membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

2. Menjaga berat badan yang sehat:
Kegemukan dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat. Usahakan untuk menjaga berat badan yang sehat dengan mengikuti pola makan seimbang dan berolahraga secara teratur.

3. Menghindari alkohol dan minuman bersoda:
Alkohol dapat mengganggu pengeluaran asam urat dari tubuh. Hindari alkohol, terutama bir, dan batasi konsumsi minuman bersoda yang mengandung fruktosa.

4. Olahraga secara teratur:Daun.id

Jogging/pixabay

Lakukan olahraga secara rutin untuk membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat. Pilihlah olahraga yang tidak memberikan tekanan berlebih pada sendi, seperti berenang, bersepeda, atau jalan kaki.

5. Hindari stres dan istirahat yang cukup:
Stres dapat memicu serangan asam urat. Coba kelola stres dengan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas yang Anda nikmati. Pastikan juga untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari.

6. Konsumsi makanan atau suplemen tertentu:
Beberapa makanan atau suplemen dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat, seperti ceri, buah delima, jahe, kunyit, dan suplemen seperti vitamin C atau cherry ekstrak.

Beberapa tanda dan gejala umum seseorang menderita asam urat:


1. Nyeri sendi:
Nyeri hebat yang biasanya terjadi tiba-tiba pada sendi tertentu, seperti jari-jari kaki, jari-jari tangan, lutut, pergelangan kaki, atau siku. Nyeri ini seringkali terasa seperti sensasi terbakar atau tertusuk.

2. Pembengkakan:

Sendi yang terkena asam urat dapat menjadi bengkak, merah, dan terasa hangat ketika disentuh. Kemerahan pada kulit di sekitar sendi yang terkena: Kulit di sekitar sendi yang terkena asam urat dapat berubah menjadi kemerahan.

3. Kejang sendi:
Seseorang yang mengalami asam urat dapat mengalami kejang pada sendi yang terkena.

4. Kesulitan dalam melakukan gerakan:
Nyeri dan pembengkakan pada sendi dapat menyebabkan keterbatasan gerakan dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Demam ringan:
Beberapa orang dengan serangan asam urat yang parah dapat mengalami demam ringan.

Penting untuk diingat bahwa tanda dan gejala asam urat dapat bervariasi antara individu. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang akurat dan pengobatan yang sesuai.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya