ADHD: Gangguan Mental yang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

"Kenali gejala dan pantangan ADHD serta hubungannya dengan risiko diabetes tipe 2."

News | 28 December 2023, 17:36

Gangguan Mental ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah kondisi neurodevelopmental yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam memperhatikan, mengendalikan impuls, dan mengatur perilaku. Gangguan ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Gejala ADHD meliputi kesulitan dalam memusatkan perhatian, hiperaktif, impulsif, dan sulit mengontrol emosi. Orang dengan ADHD juga seringkali mengalami kesulitan dalam mengatur waktu, mengorganisir tugas, dan menyelesaikan pekerjaan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di bidang kesehatan, ADHD juga memiliki hubungan dengan risiko diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan ADHD memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

Untuk mengelola ADHD dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan. Pertama, hindari konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana, seperti permen, minuman manis, dan roti putih. Kedua, penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Ketiga, lakukan olahraga secara teratur untuk membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya