7 Fakta Seru Tentang Presiden Amerika dari Masa ke Masa

"Presiden AS juga jadi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata. Masa jabatannya 4 tahun. Pemilihan Presiden tiap Selasa minggu kedua November. #PresidenAS #PanglimaTertinggi #PemilihanPresiden"

Life | 16 January 2024, 07:46
7 Fakta Seru Tentang Presiden Amerika dari Masa ke Masa

Di bawah Konstitusi Amerika Serikat, Presiden Amerika Serikat adalah orang nomor satu di negara tersebut. Dia adalah pemimpin eksekutif dan pemerintahan federal. Sebagai Presiden, dia memiliki pengaruh dan pengakuan yang besar. Selain itu, Presiden juga menjadi Panglima Tertinggi dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Masa jabatan Presiden adalah empat tahun, dan pemilihan Presiden dilakukan pada Selasa minggu kedua di bulan November.

Namun, ada tahapan lain setelah pemilihan umum November. Tahapan tersebut adalah pemilihan elektoral yang dilakukan pada bulan Desember. Dewan Pemilih terdiri dari 538 anggota elektor di 50 negara bagian. Jumlah anggota elektor suatu negara bagian bergantung pada ukuran negara bagian tersebut. Para anggota elektor ini diusulkan oleh partai politik dan berjanji untuk mendukung kandidat partai mereka. Untuk menjadi Presiden, seorang kandidat harus memperoleh setidaknya 270 suara elektoral.

Selama sejarah Amerika Serikat, ada fakta-fakta menarik seputar Presiden. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Presiden Dua Periode tidak Berturut-turut

Stephen Grover Cleveland adalah satu-satunya Presiden Amerika Serikat yang menjabat dua kali secara tak berurutan. Ia menjabat sebagai Presiden ke-22 dari tahun 1885 hingga 1889, dan kemudian menjabat lagi sebagai Presiden ke-24 dari tahun 1893 hingga 1897. Cleveland adalah seorang Demokrat yang terpilih saat Partai Republik mendominasi politik. Dia dikenal karena kejujuran, independensi, dan integritasnya.

2. Presiden 4 Periode

Franklin D. Roosevelt adalah Presiden Amerika Serikat yang menjabat paling lama. Ia menjabat selama empat periode, dari tahun 1933 hingga 1945. Namun, setelah itu, aturan Twenty-second Amendment to the United States Constitution membatasi masa jabatan Presiden AS maksimal dua periode.

3. Presiden AS Termuda

John F. Kennedy adalah Presiden Amerika Serikat termuda yang mulai menjabat pada usia 43 tahun. Ia menjabat sebagai Presiden ke-35 dari Januari 1961 hingga November 1963. Kennedy terkenal karena kepemimpinannya yang karismatik. Namun, ia dibunuh pada bulan November 1963.

4. Presiden Tertua

Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46 dan juga menjadi presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat. Pada saat pelantikannya pada tanggal 20 Januari 2021, Biden akan berusia 78 tahun. Rekor presiden tertua sebelumnya dipegang oleh Ronald Reagan, yang berusia 77 tahun ketika meninggalkan jabatannya pada tahun 1989.

5. 8 Presiden Amerika Meninggal Saat Menjabat

Ada delapan Presiden Amerika Serikat yang meninggal saat masih menjabat. Beberapa di antaranya meninggal karena penyakit, sementara yang lainnya tewas akibat pembunuhan. Ke-8 Presiden AS tersebut adalah William Henry Harrison, Zachary Taylor, Abraham Lincoln, James Garfield, William McKinley, Warren Harding, Franklin D. Roosevelt, dan John F. Kennedy.

6. Capres Perempuan Pertama

Victoria Woodhull menjadi wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada tahun 1872. Namun, baru pada tahun 2016, Hillary Clinton mencapai pencapaian yang sama dengan mencalonkan diri sebagai presiden dan memenangkan popular vote. Meskipun demikian, ia kalah dalam pemilihan Electoral College dari Donald Trump.

7. Presiden Kulit Hitam Pertama

Barack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang berasal dari kalangan kulit hitam atau Afrika-Amerika. Ia menjabat sebagai Presiden dari tahun 2009 hingga 2017. Sebelumnya, John Mercer Langston menjadi pejabat pemerintahan kulit hitam pertama di Amerika Serikat pada tahun 1855.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Presiden Amerika Serikat. Dari Presiden yang menjabat dua periode tak berturut-turut hingga Presiden tertua dan Presiden kulit hitam pertama, setiap Presiden memiliki peran penting dalam sejarah Amerika Serikat.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya