7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah, Ketahui Pencegahannya

"Saat hidung tersumbat dapat menyebabkan tubuh kurang sehat"

Life | 02 February 2022, 17:07
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah, Ketahui Pencegahannya

Hidung tersumbat dapat terjadi hanya satu bagian saja atau hidung tersumbat sebelah. Kondisi ini dapat terjadi akibat pembengkakan, dan beberapa penyebab lainnya. Hidung tersumbat sebelah merupakan kondisi yang sudah umum terjadi, pernahkah anda mencari tahu mengapa bisa terjadi hidung tersmbat sebelah?.

Meski hanya sebelah saja, hal ini dapat membuat seseorang kesulitan bernapas. Ketika sedang terjadi hidung tersumbat sebelah, jangan burur-buru atau panik terlebih dahulu. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, namun sebaiknya kenalilah secara mendalam hidung tersumbat sebelah. Sehingga dapat memudahkan untuk mengatasinya.

Hidung tersumbat sebelah merupakan kondisi hidung yang terasa tersumbat hanya sebelah, baik itu bagian kiri maupun bagian kanan. Tentunya kondisi ini sangat membuat seseorang menderita, karena kesulitan bernapas. Selain itu hidung tersumbat sebelah juga menyebabkan demam, dan beberapa gejala lainnya.

Pada umumnya hidung tersumbat disebabkan oleh peradangan pada pembuluhn darah sinus. Sebagian orang seringkali salah paham setiapkali hidung tersumbat dikira karena flu atau pilek. Bisa jadi benar, akan tetapi hal ini bukan saja disebabkan oleh pilek. Hidung tersumbat termasuk suatu gejala penyakit, maka perlu diketahui agar tidak salah mengira.

Tentunya cara mengatasi hidung tersumbat juga berbeda dengan beberapa penanganan pada hidung tersumbat biasa atau hidung tersumbat kedua-duanya. Beberapa penyebab kondisi hidung tersumbat sebelah lainnya ialah polip hidung, alergi, septum menyimpang, gangguan kelenjar tiroid, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Penyebab hidung tersumbat sebelah

Salah satu penyebab hidung tersumbat sebelah ialah karena terjadi pembengkakkan pada pembuluh darah hidung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya cairan yang keluar dari dalam hidung, berikut ini penyebab hidung tersumbat sebelah;

Daun.id

sumber; pexels

- Gangguan tidur, hal ini juga dapat menyebabkan risiko hidung tersumbat sebelah. Selain itu juga menyebabkan berhenti bernapas berulang kali, tapi tidak ada hubungannya dengan pilek.

- Asma akibat kerja, hal ini terjadi karena menghirup asap kimiawi, gas, debu, dan jenis gas yang lainnya. Selain itu juga bisa menimbulkan beberapa gejala lainnya, seperti sesak napas, dan lain-lain.

- Kelainan pada saluran hidung, kelainan ini bisa terjadi ketika jaringan yang melapisi hidung membengkak. Kondisi ini menyebabkan hidung tersumbat sebelah dan susah bernapas.

- Kehamilan, hidung tersumbat sebelah juga bisa terjadi pada perempuan yang sedang hamil. Gejala ini disebut sebagai rhinitis kehamilan, yang biasanya muncul selama trimester pertama.

- Alergi, hidung tersumbat sebelah tidak saja disebabkan oleh pilek. Akan tetapi juga dipengaruhi oleh alergi yang menyebabkan hidung berair dan tersumbat. Hindarilah beberapa benda yang dapat menyebabkan alergi.

- Benda asing di hidung, kondisi ini seringkali terjadi pada anak-anak saat bermain. Saat bermain tanpa sengaja memasukkan benda ke dalam hidung, sehingga menyebabkan hidung tersumbat sebelah.

Beberapa hal di atas dapat menyebabkan hidung tersumbat, selain itu juga dapat menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Hindarilah beberapa hal di atas, agar tidak terserang hidung tersumbat sebelah.

Cara mencegah hidung tersumbat sebelah

Hidung tersumbat sebelah dapat dicegah dengan melalui beberapa cara. Salah satunya dengan menghindari beberapa hal yang menjadi penyebab hidung tersumbat sebelah. Berikut ini cara mencegah hidung tersumbat sebelah;

Daun.id

sumber; pexels

- Menjaga kebersihan dan merawat kesehatan saluran pernapasan dari berbagai virus secara rutin dan teratur.

- Menghindari merokok atau menghindari asap rokok dan beberapa asap lainnya yang menyebabkan hidung tersumbat sebelah.

- Mencukupi waktu istirahat atau kebutuhan tidur, serta meningkatkan kualitas tidur.

- Hindari benda atau sesuatu yang dapat menimbulkan alergi dan menyebabkan hidung tersumbat sebelah.

- Hindari sentuhan tangan ke hidung secara langsung saat sedang beraktivitas secara padat.

Itulah beberapa cara di atas yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hidung tersumbat sebelah. Lakukanlah pencegahan dengan cepat dan tepat agar terhindar dari hidung tersumbat sebelah.

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah

Hidung tersumbat sebelah dapat membuat beberapa orang hampir prustasi karena membuat tidak nyaman aktivitas sehari-hari. Selain itu juga membuat tubuh kurang sehat, tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah.

Berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat sebelah;

1. Melakukan kompres hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah ialah dengan menggunakan kompres air hangat. Sehingga dapat meringankan saluran hidung dari luar. Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah, rendam kain ke dalam air hangat. Kemudian peras kainnya, dan lipatlah, serta letakan hasil lipatan di atas hidung dan dahi.

2. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pexels

Air putih seringkali digunakan untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, kondisi dehidrasi dapat menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan. Selain itu air putih juga dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah. Cukupilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

3. Menggunakan mesin pelembab udara ruangan

Daun.id

sumber: pexels

Menggunakan mesin pelembab udara di dalam ruangan dapat meningkatkan kelembaban suhu ruangan. Sehingga kelembapan udara dapat terjaga pada ruangan yang ditempati. Suhu udara yang lembab dapat membantu meredakan hidung tersumbat sebelah. Sehingga dapat membantu lendir yang ada di hidung mengalir keluar, serta dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah.

4. Bersihkan lendir di dalam hidung

Daun.id

sumber; pexels

Lendir dapat menyebabkan hidung tersumbat sebelah, dan tentunya membersihkan lendir di hidung bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Namun membersihkan lendir di hidung secara rutin dan teratur dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah.

5. Semprot dengan cairan garam

Sebaiknya sebelum menggunakan alat ini, terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Menggunakan semprotan cairan garam pada hidung dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah. Beberapa obat tersebut diantaranya; dekongestan.

6. Mandi dengan air hangat

Daun.id

sumber; pexels

Mandi dengan air hangat dapat membuat pernapasan kembali lega atau normal kembali. Uap dari air hangat dapat mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan pada hidung. Selain itu juga dapat menghirup uap air hangat yang dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah.

7. Konsumsi obat pereda hidung tersumbat

Telah tersedia banyak jenis obat-obatan yang dapat meredakan hidung tersumbat. Anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat atau bisa secara langsung konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obatnya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah. Lakukanlah beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah hidung tersumbat sebelah. Jika hidung tersumbat sebelah masih membandel atau belum teratasi, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapat resep dan penanganan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 21 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya