13 Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare, Bisa Pakai Lidah Buaya

"Usir masalah tidak cocok dengan skincare dengan mudah."

Life | 08 February 2022, 18:25
13 Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare, Bisa Pakai Lidah Buaya

Mengutip wellandgood.com, jerawat muncul diakibatkan karena berbagai faktor berbeda, seperti produksi minyak berlebihan, pengaruh hormonal, tumbuhnya bakteri yang berlebih, dan pori-pori tersumbat dari sel kulit mati atau agen topikal. Untuk kondisi jerawat yang terjadi sebab suatu produk, pori-pori tersumbat mungkin menjadi faktor penyebab utamanya.

Pori-pori yang tersumbat membuat modus guna menumpuk minyak dan bakteri, yang lantas mengirimkan sel-sel inflamasi menuju situs yanng mengakibatkan lesi jerawat yang lebih kistik dan meradang. Pori-pori yang tersumbat namakan komedo, maka kamu harus memilih produk yang non-comedogenic, sebab ini kadang adalah indikator bahwa produk itu cenderung tidak menimbulkan jerawat di kulit.

Dikutip dari Medical News Today, ini merupakan tanda-tanda yang harus diwaspadai ketika tidak cocok dengan skincare, yakni:

- Biduran atau bentol diikuti gatal. Reaksi tersebut ialah salah satu tanda kamu terkena alergi kosmetik. Biduran ini biasanya ditandai dengan rasa panas atau perih pada kulit wajah, sensasi kesemutan, sampai kulit yang rasanya gatal dan bengkak. Gejala umumnya timbul beberapa menit sesudah kamu terkena alergen. Kondisi dapat cepat menghilang sesudah 24 jam. Apabila gejala tidak lekas hilang, lakukan pemeriksaan ke rumah sakit guna memperoleh perawatan dari dokter kulit.

- Jerawat dan komedo. Dalam beberapa kasus, kulit yang tidak cocok skincare ditandai dengan terjadinya jerawat dan komedo di wajah. Hal ini adalah reaksi yang diperlihatkan kulit sebagai tanda terjadi paparan alergen. Tidak hanya itu, perubahan warna kulit juga dapat menjadi pertanda tidak cocok dengan skincare.

- Ruam. Ketika terjadi alergi, maka kondisi kemerahan di bagian kulit atau ruam juga mampu terjadi. Tak hanya merah, kulit juga terasa gatal dan mudah mengelupas. Ruam ini juga sering muncul di kulit area mata.

- Bengkak. Alergi dapat menimbulkan mata dan bibir terjadi pembengkakan. Di sisi lain, alergi bisa ditandai dengan timbulnya rasa gatal, kulit terasa kering, sampai luka yang kadang muncul.

Berikut ini sejumlah ciri-ciri yang kemungkinan terjadi ketika memakai produk skincare yang tidak cocok dengan kulit, yakni:

- Gatal-gatal.

- Timbul ruam di kulit.

- Kulit jadi lebih gelap.

- Kulit kering dan mengelupas.

- Kulit rasanya panas atau tersengat.

Selanjutnya, kamu dapat mencoba cara mengatasi kulit yang tidak cocok skincare berikut ini:

1. Aplikasikan lidah buaya

Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Lidah buaya adalah salah satu bahan yang diyakini mempunyai manfaat dalam mengobati berbagai jenis luka, terlebih luka karena peradangan. Kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas dan menenangkan kulit iritasi.

Kamu hanya cukup mengambil sebatang lidah buaya dan belah menjadi dua. Lalu, cuci bersih dan ambil gel yang ada di dalamnya, kemudian tempelkan di bagian kulit yang meradang. Apabila tidak ingin repot, kamu juga dapat menggunakan aloe vera gel yang telah banyak dijual di pasaran.

2. Kompres memakai air dingin

Salah satu pertanda yang kadang terjadi saat kamu mulai terkena peradangan ialah muncul rasa gatal dan ruam kemerahan di kulit. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya kamu lekas mengompres daerah kulit yang meradang menggunakan air dingin atau es batu.

Di samping memberi sensasi sejuk, air dingin atau es batu dipercaya dapat membantu menenangkan kulit yang meradang. Kamu cukup membasahi kain atau handuk bersih menggunakan air dingin, kemudian kompres pada area kulit yang meradang sekitar 5-10 menit.

3. Minum obat yang mengandung antihistamin

Obat golongan antihistamin adalah jenis obat yang sering diresepkan oleh para dermatologist guna mengatasi gejala alergi, misalnya kulit gatal, merah, dan bengkak. Di samping itu, obat ini juga kadang digunakan dalam mengobati peradangan yang terjadi di kulit.

Namun, pemakaian obat jenis antihistamin ini serupa dengan krim atau salep hidrokortison, yaitu memerlukan petunjuk dari dokter. Ini dilakukan agar menghindari terjadinya efek samping yang berbahaya.

4. Pakai sabun cuci muka bebas aroma

Saat kamu alergi akibat salah menggunakan skincare, perhatikan juga facial foam yang dipakai. Cuci muka dengan sabun muka yang bebas aroma dan air guna menghilangkan sisa produk yang masih ada pada wajah.

5. Pakai masker oatmeal

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Oatmeal adalah salah satu bahan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi dan zat anti radang yang dapat mengatasi gatal dan iritasi di kulit. Di samping itu, oatmeal juga kadang dipakai dalam mengatasi cacar, kulit terbakar, alergi, sampai peradangan kulit.

Campurkan oatmeal memakai air hangat, lalu aduk dan langsung aplikasikan di permukaan kulit yang iritasi. Diamkan 10 sampai 15 menit, kemudian bersihkan menggunakan air dingin.

6. Pakai krim atau salep hidrokortison

Hidrokortison adalah jenis senyawa yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti alergi di kulit. Sehingga, jenis krim atau salep yang memiliki kandung senyawa ini, sangat cocok dalam mengobati inflamasi, kemerahan, eksim, dan gatal-gatal di kulit. Namun, agar bisa memakai obat jenis ini, kamu memerlukan petunjuk dari dokter. Ini supaya dosis yang dipakai sesuai dengan masalah yang dialami.

7. Pakai sunscreen

Terkena sinar matahari tidak hanya berbahaya untuk kulit normal dan sensitif saja. Alasannya, kulit yang sedang meradang, mempunyai risiko lebih tinggi terjadi kerusakan karena sinar matahari.

Maka dari itu, dalam mencegah peradangan kulit menjadi lebih parah, misalnya infeksi dan sebagainya, kamu harus memakai sunscreen guna melindungi kulit dari sinar UV.

8. Cari tahu produk yang memicu alergi

Jika alergi skincare, biasanya kamu akan merasa gatal, timbul kemerahan, sampai bintik-bintik jerawat, yang sering dikenal dengan breakout. Kamu dapat mengetahuinya dengan mudah alergi itu jika hanya menggunakan satu produk baru. Ini akan berbeda jika Bunda memakai lebih dari satu produk skincare pada satu waktu. Jika kamu telah menemukan produk skincare yang menimbulkan alergi, lekas hentikan penggunaannya dan lakukan pengobatan selanjutnya.

9. Jangan memencet jerawat yang muncul

Cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare selanjutnya ialah jangan menyentuh, terlebih memencet jerawat yang muncul. Solusi jangka panjangnya, jangan pernah memakai produk yang dapat menimbulkan kulitmu berjerawat kembali.

Hentikan agen penyumbatan pori guna mencegah pembentukan lesi jerawat baru. Dalam mengobati jerawat aktif, pakai pembersih benzoyl peroxide, sebab kandungan ini bermanfaat menghilangkan sel-sel kulit mati pada pori-pori.

Apabila kamu telah berjuang melawan jerawat dengan jangka waktu lama, kamu dapat mencoba retinoid. Butuh waktu 6 minggu untuk retinoid bekerja, inilah yang menyebabkan perawatan ini paling disarankan bagi mereka yang mempunyai jenis jerawat kronis.

10. Aplikasikan moisturizer

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Selain bermanfaat sebagai pelembap, moisturizer juga diyakini bisa membantu mengembalikan tekstur alami kulit sebab munculnya peradangan dan iritasi. Tak hanya itu, moisturizer juga bisa mengatasi kulit kering dan bersisik.

Dalam pemakaiannya, sebaiknya jangan memili pelembap yang terdapat pemutih, parfum, dan zat iritan lain. Kandungan itu malah bisa memperparah masalah peradangan kulit.

11. Tahan diri supaya tidak menggaruk kulit

Kamu tentu hendak menggaruk kulit yang terasa gatal akibat mengalami alergi. Akan tetapi, coba supaya menahannya. Alasannya kian digaruk, alergi malah dapat semakin memburuk. Sebaiknya, usap saja bagian yang terasa gatal dengan perlahan-lahan. Upayakan sebelum mengusap wajah, tangan dengan keadaan bersih supaya tidak ada perpindahan bakteri.

12. Jangan makanan berlemak dan pedas

Ketika alergi, jangan konsumsi makanan berminyak contohnya kulit ayam, otak, kikil, dan makanan olahan lain yang memakai minyak. Hindari juga makanan pedas sebab dapat menyebabkan timbulnya minyak pada kulit, yang dapat menghambat penyembuhan alergi.

13. Berkonsultasi dengan dokter kulit

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare terakhir, kamu dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis jika masalah ini kian bertambah buruk. Dokter kadang akan memberikan solusi yang dipikit tepat dengan keluhan dan juga masalah kulit yang dirasakan. 

Tak hanya itu, dokter kulit juga dapat memberikan obat radang  yang paling tepat supaya mengurangi inflamasi di kulit sebagai cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare. 

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya