5 Cara Mengatasi Ambeien dengan Aman dan Ampuh, Ketahui Penyebabnya

"Ambeien atau yang biasa juga disebut dengan wasir merupakan msalah pencernaan, pada umumnya seringkali terjadi pada orang dewasa."

Life | 09 February 2022, 06:41
5 Cara Mengatasi Ambeien dengan Aman dan Ampuh, Ketahui Penyebabnya

Ambeien merupakan kondisi terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah vena yang berada di dekat anus. Penyebab terjadinya ambeien pun juga disebabkan oleh berbagai ragam kondisi, salah satunya duduk terlalu lama, kurang serat, dan kehamilan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika buang air besar.

Selain rasa sakit, ambeien juga dapat menimbulkan gejala berdarah pada anus saat buang air besar. Bahkan pembengkakan ambeien dapat berkembang luas hingga keluar anus dan rektum. Ambeien termasuk masalah kesehatan yang cukup umum dan dapat menyerang siapa saja. Meski dapat hilang dengan sendirinya, namun ambeien tetap harus ditangani agar tidak semakin parah.

Ambeien dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai ragam penyebab, untuk meredakan gejala ini biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari. Namun kondisi ini dianggap sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, pasalnya dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa.

Perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi akan terkena penyakit ambeien ini. Sebab perempuan dapat mengalami pelebaran pembuluh darah pada saat menstruasi. Selain itu perempuan juga dapat mengalami perubahan anggota tubuh saat melahirkan, yang disebabkan oleh tekanan pembuluh darah berlebihan pada area panggul.

Mengenal jenis-jenis ambeien

Ambeien jika ditinjau dari lokasi atau letak terjadinya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ambeien dalam dan ambeien luar. Berikut ini ulasan tentang jenis-jenis ambeien :

Daun.id

sumber; pexels

- Ambeien dalam atau internal hemorrhoid

Jenis ambeien ini ditinjau dari segi letaknya, berada di dalam anus sehingga disebut ambeien dalam. Benjolan yang muncul bisa jadi tidak terasa, dan tidak terdeteksi dari luar anus. Sehingga jarang sekali menimbulkan keluhan, ambeien dalam juga termasuk ambeien ringan. Sehingga dapat sembuh dengan sendirinya, gejala yang dapat dikenali ialah keluarnya darah ketika buang air besar.

- Ambeien luar atau external hemorrhoid

Jenis ambeien ini ditinjau dari segi letaknya berada di luar rektrum atau tepat berada di sekitar lubang anus. Ambeien ini jika dirasakan dari gejalanya akan terasa lebih nyeri daripada ambeien dalam. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di bawah kulit sekitar anus. Gejala yang muncul diantaranya; gatal pada anus, BAB berdarah, adanya benjolan di lubang anus, serta rasa perih dan panas di sekitar anus.

Demikian dua jenis ambeien yang dapat dikenali dari letak dan beberapa gejala yang muncul. Tentunya beberapa jenis ambeien di atas membuat para penderitanya terasa sangat tidak nyaman.

Mengenal penyebab ambeien

Ada beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya ambeien. Salah satunya ialah akibat perubahan patologis termasuk pembesaran vena dan trombosis, dan jaringan penyertanya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab terjadinya ambeien :

- Terlalu lama duduk, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya tekanan pembuluh darah yang terdapat di dalam lubang anus. Sehingga hal ini dapat menyebabkan ambeien.

- Tubuh kekurangan serat, serat merupakan nutrisi yang dapat mengencerkan feses. Jika sedang terjadi kekurangan serat, feses akan mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Sehingga menyebabkan mengejang lebih keras pada saat buang air besar.

- Kondisi hamil, hal ini dapat mempengaruhi kondisi hormon sehingga dapat berubah-ubah. Sehingga dapat mempengaruhi sirkulasi peredaran darah dan pembesaran rahim yang dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus.

- Mengejan, jika hal ini terjadi pada saat buang air besar dapat menimbulkan tekanan besar. Sehingga kondisi ini dapat menyumbat aliran darah, dan seringkali dialami oleh para penderita sembelit atau diare kronis.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab terjadinya ambeien. Maka, perhatikanlah beberapa penyebab di atas agar dapat melakukan pencegahan pada ambeien. Mulailah mengonsumsi serat atau menerapkan hidup sehat lainnya, sehingga dapat terhindar dari ambeien.

Cara mengatasi ambeien

Pada umumnya ambeien dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun sakit atau nyeri yang ditimbulkannya sangat luar biasa, sehingga dapat mengganggu segala bentuk aktivitas. Maka, ambeien harus segera diatasi dengan beberapa cara, seperti berikut ini :

1. Gunakan witch hazel

Daun.id

sumber; pexels

Witch hazel termasuk jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal, sakit atau nyeri yang terdapat pada penderita ambeien. Kandungan yang terdapat pada witch hazel ialah tanin dan minyak alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada anus saat ambeien. Jenis obat ini biasanya tersedia dalam kemasan salep atau krim.

2. Mandi dengan air hangat

Mandi dapat membuat diri anda berendam, ketika sedang terjadi ambeien merendam area anus dengan air hangat dapat meredakan keluhan akibat ambeien. Cara ini cukup mudah, sediakan air hangat pada bak mandi. Kemudian rendamlah area anus kurang lebih selama 20 menit. Setelahnya keringkan dengan handuk yang lembut, cara ini dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali.

3. Mengompres dingin

Daun.id

sumber; pexels

Untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat ambeien dapat dilakukan dengan mengompres dingin atau menggunakan es batu. Cara ini juga termasuk sangat mudah, sediakan es batu secukupnya. Kemudian bungkus es batu dengan kain yang lembut dan bersih, lalu tempelkan atau kompres bagian anus yang terasa nyeri.

4. Gunakan essential oil

Salah satunya gunakanlah minyak kelapa, atau minyak vitamin E, dan beberapa minyak esensial lainnya. Beberapa macam minyak tersebut dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan saat terjadi ambeien. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada area anus yang disebabkan oleh ambeien.

5. Gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pexels

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada ambeien. Selain itu juga dapat memulihkan luka akibat ambeien, gel lidah buaya termasuk jenis obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi ambeien. Caranya mudah, bisa menggunakan krim yang mengandung bahan dari gel lidah buaya, kemudian oleskan pada area pembengkakan.

Demikian lima cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ambeien. Lakukan beberapa cara di atas, jika masih kesulitan mengatasi ambeien lakukanlah pemeriksaan ke dokter. Sehingga mendapat resep dan perawatan lebih lanjut dalam mengatasi ambeien.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya