Kultum Ramadhan: Islam, Agama yang Peduli Lingkungan

"Islam mengatur bagaimana umatnya menjaga dan merawat lingkungan di sekitarnya. Artikel ini menjelaskan anjuran Islam dalam merawat lingkungan dan larangan merusak lingkungan."

Life | 01 April 2024, 15:58
Kultum Ramadhan: Islam, Agama yang Peduli Lingkungan

Sebagai agama paripurna, Islam memiliki aturan yang meliputi kehidupan manusia. Islam mengatur bagaimana umatnya untuk menjaga dan merawat lingkungan di sekitarnya. Salah satu anjuran Islam dalam merawat lingkungan adalah dengan menanam pohon. Nabi Muhammad saw bersabda bahwa menanam pohon memiliki nilai sedekah. Selain itu, Islam juga melarang perbuatan merusak lingkungan. Dalam Al-Qur'an, Allah dengan tegas melarang berbuat kerusakan terhadap lingkungan. Terdapat lima larangan dalam berbuat kerusakan di muka bumi, yaitu melakukan kerusakan pada badan, harta, agama, keturunan, dan akal. Menjaga dan merawat lingkungan termasuk dalam lima bagian tersebut. Dengan menjaga lingkungan, kita juga menjaga badan, harta, agama, keturunan, dan akal kita. Merawat dan menjaga lingkungan sama pentingnya dengan menjaga keamanan dan kenyamanan dalam beribadah kepada Allah. Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan di sekitar kita dengan niat menjalankan perintah agama. Wallahu a'lam.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya