3 Metode Aman untuk Mengunduh dan Menginstal Windows 11 di Komputer atau Laptop: Pilihan Utama

"Pelajari tiga metode aman untuk mengunduh dan menginstal Windows 11 di komputer atau laptop Anda. Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk menginstal Windows 11 melalui pembaruan Windows, asisten i..."

Tech | 10 April 2024, 02:38
3 Metode Aman untuk Mengunduh dan Menginstal Windows 11 di Komputer atau Laptop: Pilihan Utama

Windows 11 adalah versi terbaru dari OS Microsoft yang populer, dan dikemas dengan beberapa fitur yang sangat menakjubkan. Windows 11 secara otomatis disertakan pada PC desktop dan laptop Windows baru. Tetapi bagaimana jika Anda sudah memiliki komputer namun masih menggunakan OS Windows yang lebih lama?

Untungnya, Anda juga dapat mengunduh dan menginstal Windows 11. Ini bukan proses yang sulit, tetapi akan memakan waktu dan kesabaran. Saat ini ada beberapa cara untuk mengunduh dan menginstal Windows 11.

Cara terbaik adalah menunggu untuk mendapatkannya secara gratis melalui Pembaruan Windows di PC. Cara selanjutnya adalah dengan mengunduhnya melalui Asisten Penginstalan. Kemudian, Anda juga dapat melibatkan penggunaan Program Windows Insider. Ketiga cara ini tidak membuat Anda kehilangan file atau data.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan Windows 11, Anda harus memenuhi persyaratan sistem. Jika tidak, ada beberapa cara untuk mengubah penginstalan agar berfungsi, tetapi melakukannya dapat berarti PC Anda tidak akan mendapatkan pembaruan dari Microsoft.

Disarankan untuk memeriksa aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC untuk mengonfirmasi bahwa sistem Anda berfungsi dengan Windows 11 sebelum melanjutkan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menjalankan Windows 11 di komputer Anda.

Cara menginstal dari pembaruan Windows

Cara paling sederhana untuk mendapatkan Windows 11 adalah melalui Pembaruan Windows. Anda akan tahu bahwa itu sudah siap untuk PC karena Anda akan melihat pesan di Pembaruan Windows. Ikuti petunjuk ini untuk melanjutkan penginstalan. Anda tidak akan kehilangan data atau file apa pun di PC dengan opsi ini.

  1. Buka Pengaturan > Pembaruan & keamanan. Dari sana, klik Periksa pembaruan.
  2. Anda akan melihat prompt untuk Memutakhirkan ke Windows 11 sudah siap, dan gratis. Klik tombol Unduh dan instal berwarna biru dan setujui persyaratan dengan tombol Terima dan instal.
  3. Anda kemudian akan melihat Peningkatan ke Windows 11 muncul di bawah Pembaruan Windows, dengan persentase dan status unduhan. Tunggu hingga selesai.
  4. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan prompt untuk me-restart PC. Ini akan muncul di kotak biru. Pilih opsi Mulai ulang sekarang. PC Anda akan melanjutkan penginstalan Windows 11 dan akan memulai ulang beberapa kali. Setelah selesai, Anda akan dibawa ke desktop Windows 11.

Cara menginstal melalui Asisten Instalasi

Jika tidak melihat Windows 11 di Pembaruan Windows, Anda dapat menggunakan Asisten Penginstalan Windows 11 sebagai gantinya. Ini secara manual akan memutakhirkan perangkat dari Windows 10 ke OS baru. Sekali lagi, dengan menggunakan metode ini, Anda harus memastikan PC memenuhi spesifikasi minimum Microsoft. Anda juga tidak akan kehilangan file apa pun. Begini caranya.

  1. Kunjungi situs web unduhan Microsoft Windows 11. Lihat bagian atas untuk opsi Asisten Penginstalan Windows 11 dan klik tombol Unduh sekarang berwarna biru.
  2. Tunggu hingga alat diunduh. Setelah selesai, luncurkan. Klik Ya saat diminta.
  3. Di kotak pop-up, Anda harus memilih Terima dan instal. Mulai sekarang, ini akan menjadi proses tiga langkah. Tunggu hingga Windows 11 diunduh sebagai bagian dari langkah pertama. Ini bisa memakan waktu cukup lama tergantung pada kecepatan koneksi. Anda mungkin diminta untuk menyetujui persyaratan dan layanan Microsoft.
  4. Pada langkah kedua, Windows 11 akan memverifikasi integritas unduhan. Ini akan memakan waktu beberapa detik.
  5. Pada langkah ketiga, Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang penginstalan Windows 11 di latar belakang. Biarkan terpasang dan tunggu. Tergantung pada kecepatan PC Anda, mungkin perlu beberapa saat, biasanya 30 menit.
  6. Setelah fase ketiga selesai, klik tombol Mulai Ulang sekarang. Anda akan diminta bahwa Anda akan segera keluar. Tunggu sementara PC Anda restart dan menginstal Windows 11. Ini bisa memakan waktu hingga 30 menit atau satu jam berdasarkan kecepatan dan usia PC dan CPU Anda.
  7. Saat Windows 11 diinstal, Anda akan melihat pesan mengerjakan pembaruan di layar. Persentase akan menunjukkan kemajuan. PC Anda akan restart beberapa kali, jadi bersabarlah. Setelah selesai, Anda akan dibawa ke halaman masuk, lalu desktop Windows 11.

Cara menginstal melalui Program Windows Insider

Jika dua metode di atas tidak berhasil, maka Anda dapat menginstal Windows 11 melalui Program Windows Insider. Ini adalah upaya terakhir, karena Program Windows Insider akan menginstal unstable, masih dalam versi pratinjau Windows 11 di PC Anda.

  1. Buka Pengaturan > Pembaruan & keamanan > Program Windows Insider. Kemudian, tautkan Akun Microsoft Anda. Jika ini adalah pengalaman pertama dengan Program Windows Insider, Anda akan melihat bahwa ada beberapa saluran, Dev, beta, dan release preview. Saat ini, Windows 11 sedang diuji di Saluran Beta dan Dev. Pilih salah satu yang tepat untuk Anda.
  2. Saluran beta adalah salah satu pengalaman paling stabil untuk menguji Windows 11. Jika Anda memilih untuk bergabung dengan saluran ini, Anda tidak akan mengalami banyak bug dan masalah. Namun, perlu diingat bahwa rilis saluran beta hanya terjadi setiap beberapa minggu. Jika Anda menginginkan versi Windows 11 terbaru dan terhebat dari Microsoft, Anda harus bergabung dengan saluran dev, yang memiliki rilis mingguan dan semua fitur baru. Pratinjau Rilis, sementara itu, adalah tempat Anda dapat melihat pratinjau pembaruan Windows 11 yang akan datang.
  3. Setelah memilih saluran yang diinginkan, konfirmasikan pilihan Anda. Maka Anda akan diminta untuk masuk dengan Akun Microsoft, jika belum melakukannya. Setelah itu PC Anda akan restart.
  4. Setelah PC restart, buka Pengaturan > Pembaruan & keamanan. Dari sana, periksa lagi untuk pembaruan. Anda akan melihat Windows 11 terdaftar. Pilih Unduh dan instal dan tunggu sementara OS terpasang di perangkat Anda.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 21 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya