Raja Hacker Menghancurkan Korut, Sekarang Memberikan Peringatan kepada Joe Biden

"Alejandro Caceres, seorang pengusaha keamanan siber, yang dikenal dengan nama samaran 'P4x', telah menghancurkan internet Korea Utara selama lebih dari sepekan. Sekarang, ia memberikan peringatan kepa..."

Tech | 15 April 2024, 02:13
Raja Hacker Menghancurkan Korut, Sekarang Memberikan Peringatan kepada Joe Biden

Sekitar dua tahun lalu, penjahat siber misterius yang menyebut dirinya 'P4x' melancarkan serangan siber tunggal (one-man cyberwar) ke Korea Utara. Ia membangun program khusus di laptop pribadinya dan mengandalkan beberapa server berbasis cloud untuk melumpuhkan internet Korea Utara selama lebih dari sepekan.

Kini, identitas P4x sudah diungkap, yakni Alejandro Caceres. Pria berusia 38 tahun keturunan Kolombia-Amerika tersebut merupakan pengusaha keamanan siber.

Seperti kebanyakan hacker dan peneliti keamanan asal AS, Caceres juga menjadi sasaran mata-mata Korea Utara. Pemerintahan Kim Jong Un berupaya mencuri tool yang ia gunakan, namun hingga kini tak berhasil.

Caceres juga sudah meminta dukungan perlindungan dari FBI, namun tak ada aksi sama sekali yang dilakukan lembaga tersebut. Alhasil, Caceres melawan rezim Kim Jong Un seorang diri.

Menurut Caceres, pemerintah AS harus lebih agresif dalam melawan serangan siber. Ia mengatakan bahwa NSA dan DOD memiliki banyak hacker bertalenta, namun ketika benar-benar ingin melancarkan operasi siber yang disruptif, negara tersebut hanya bisa ketakutan. Caceres menegaskan bahwa ini harus berubah.

Caceres juga pernah bergabung dengan tim hacker yang dibekingi oleh Pentagon. Ia diundang untuk membeberkan tekniknya di hadapan otoritas pertahanan dan intelijen level tinggi pemerintah AS. Namun, inisiatifnya tidak mendapat lampu hijau.

Menurut Caceres, banyak oknum pelaku ransomware yang berbasis di Rusia telah mencuri miliaran dolar AS dari perusahaan dan lembaga negara sepanjang 2023. Sementara itu, afiliasi hacker Korea Utara telah mencuri lebih dari US$ 1 miliar dalam bentuk mata uang kripto pada tahun lalu untuk kepentingan rezim Kim Jong Un.

Caceres memberikan solusi kepada pemerintah AS untuk menggunakan metodenya yang garang agar negara-negara musuh tidak berani macam-macam.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya