Perbedaan Wudhu untuk Sholat dan Non-Sholat Menurut Penjelasan Gus Baha, Seperti yang Diperlihatkan oleh Rasulullah

"Gus Baha menjelaskan perbedaan wudhu untuk sholat dan wudhu non-sholat. Rasulullah juga melakukan wudhu yang tidak sesempurna untuk sholat. Artikel ini menjelaskan dalil perintah wudhu dan hal wajib s..."

Life | 15 April 2024, 12:56
Perbedaan Wudhu untuk Sholat dan Non-Sholat Menurut Penjelasan Gus Baha, Seperti yang Diperlihatkan oleh Rasulullah

Ulama kharismatik KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha meminta Muslim untuk membedakan wudhu untuk sholat dan wudhu bukan untuk sholat. Menurut Gus Baha, wudhu untuk sholat harus sempurna, namun untuk wudhu yang lain tidak sesempurna wudhunya orang sholat. Rasulullah juga melakukan wudhu yang tidak sempurna untuk sholat.

Gus Baha juga mencontohkan dirinya juga melakukan wudhu yang tidak sesempurna untuk sholat. Ia menegaskan bahwa Rasulullah juga melakukan wudhu yang tidak sesempurna untuk sholat.

Wudhu adalah cara seorang hamba menyucikan diri dari hadats kecil. Wudhu wajib dilakukan bagi orang yang hendak menunaikan sholat karena termasuk syarat sahnya. Dalil perintah wudhu terdapat dalam Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 6 dan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Wudhu memiliki beberapa hal wajib dan sunah. Hal wajib dalam wudhu antara lain niat wudhu, membasuh wajah, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap sebagian kepala, dan membasuh kedua kaki hingga mata kaki. Selain itu, terdapat pula sunah-sunah dalam wudhu seperti bersiwak, membaca basmalah, berkumur, dan menghirup air ke dalam hidung.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya