10 Cara Mengatasi Mata Rabun Jauh yang Baik Diketahui

"Hindari mata rabun jauh dengan cara ini."

Life | 19 February 2022, 17:24
10 Cara Mengatasi Mata Rabun Jauh yang Baik Diketahui

Rabun jauh atau miopi muncul saat cahaya yang diteruskan dari kornea jatuh menuju retina. Meskipun dalam memperoleh gambaran yang jelas pada otak, cahaya seharusnya jatuh tepat pada retina. Sehingga, orang yang mempunyai mata minus tidak mampu melihat objek dari jarak jauh dengan jelas.

Bentuk bola mata yang lebih memanjang atau bentuk korena (bagian depan mata) yang mengakibatkan jarak dengan retina (bagian belakang mata) jadi cukup jauh bisa menjadi faktor penyebab rabun jauh.

Rabun jauh dikarenakan sebab kelainan refraksi terhadap mata. Keadaan ini menimbulkan cahaya masuk lewat mata dan fokus cahaya jatuh di depan retina. Rabun jauh bisa diakibatkan oleh dua faktor, yakni:

- Faktor keturunan, misalnya anak dari orang tua yang terkena penyakit rabun jauh.
- Faktor pengaruh lingkungan, contohnya cukup sering membaca terlalu dekat, begitu sering berkegiatan pada ruangan, radiasi layar monitor komputer atau gadget, dan juga begadang. Hal-hal ini dapat menimbulkan rabun jauh, sebab mata dapat menjadi lelah.

Rabun jauh dapat dialami siapapun, dan tak ada kaitannya dengan umur. Biasanya, gejala yang muncul karena rabun jauh saat penderita masih anak-anak. Hal ini adalah gejala rabun jauh, yakni:

- Mengedipkan mata secara berlebihan;
- Sering menggosok-gosok mata;
- Pandangan kabut ketika memandang objek jauh; dan
- Terkena sakit kepala akibat mata bekerja berlebihan.

Rabun jauh ditentukan menurut dioptri–unit pengukuran yang dipakai dokter ahli guna mengukuran tingkat rabun jauh, terhadap masing-masing penderita dengan memiliki 3 tingkat keparahan, yakni:

- Rabun jauh ringan. Tingkat ringan, biasanya memerlukan kacamata saat menjalankan kegiatan tertentu.
- Rabun jauh menengah. Untuk tingkat menengah, disarankan agar senantiasa menggunakan kacamata atau lensa kontak.
- Rabun jauh berat. Bagi rabun jauh yang telah berat, penderita sangat membutuhkan kacamata atau lensa kontak. Alasannya, apabila tak menggunakan alat bantu penglihatan itu, penderita hanya mampu melihat suatu objek apabila objek itu sangat dekat dengan penderita.

Adapun hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi mata rabun jauh, yakni:

1. Melakukan relaksasi mata

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Melakukan relaksasi mata dapat menjadi satu dari banyak cara dalam mengurangi mata minus dengan alami. Kamu dapat menggosokan kedua telapak tangan, kemudian posisikan langsung di mata supaya mata jadi lebih rileks.

2. Konsumsi makanan bervitamin dan berserat tinggi

Mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi vitamin A merupakan salah satu cara mengatasi mata minus atau rabun jauh dengan alami. Kamu dapat memperolehnya dari wortel, ubi jalar, ikan salmon, tomat, minyak hati ikan kod, dan hati sapi.

Akan tetapi, nyatanya masih terdapat beberapa vitamin dan mineral lainnya yang bisa menjaga kesehatan mata. Dikutip dari Harvard Health Publishing, ada 6 jenis nutrisi yang baik untuk mata. Nutrisi itu merupakan Lutein, vitamin A, vitamin C, Vitamin E, omega 3, dan juga Zinc.

Kamu dapat mengonsumsi sarden, bayam, pepaya, jagung, mangga, minyak biji gandum, kaviar, melon, dan kacang almond sebagai usaha dalam mengatasi mata minus dengan alami.

3. Mengecek keadaan kesehatan mata dengan berkala

Berdasarkan National Eye Institute, memeriksa mata bisa mengurangi atau membantu seseorang tahu bagaimana keadaan ataupun kelainan mata yang diderita. Jika mata mulai sensitif dengan cahaya dan pandangan tidak fokus, lekas konsultasi pada dokter. Dengan demikian, tindakan medis dapat dilakukan secara akurat.

4. Optimalkan cahaya pada ruangan

Cara mengatasi mata rabun jauh adalah dengan berkegiatan pada ruangan, upayakan kamu mempunyai sistem penerangan yang memadai. Jangan biarkan pencahayaanmu menciptakan pantulan dan bayangan gelap yang menyebabkan mata bekerja lebih keras ketika melihat.

5. Jangan terlalu lama menatap layar

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Terlalu lama berada di depan layar monitor bisa meningkatkan miopi, maka salah satu cara paling efektif dalam mengurangi mata minus ialah dengan mengistirahatkan mata.

Pakai aturan 20-20-20, yaitu alihkan pandangan terhadap suatu objek dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter dari posisi mata) dalam 20 detik dan dilakasanakan setiap 20 menit sekali.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat menjadi salah satu cara alami dalam mengatasi mata minus. Dikutip dari Sleepeducation.org, bahwa kekurangan tidur berdampak negatif terhadap kesehatan mata. Sehingga, dengan tidur 8 jam sehari dan tidak memaksakan menatap layar cukup lama adalah cara yang tepat supaya mata tetap sehat.

Untukmu dengan keadaan mata minus atau sering terkena dengan sinar dari layar, mampu mencoba Program 12 Hari Bright Sight yang diformulasikan dengan khusus guna membantu menjaga mata supaya tetap fit sepanjang hari.

7. Lakukan senam mata dalam mengatasi mata minus

Dalam menstimulasi otot mata, kamu dapat melakukan senam mata. Cara paling simple dalam melakukan senam mata ialah mengedipkan dengan cepat, yakni:

- Cari tempat duduk yang nyaman.
- Kedipkan mata 10 kali secara cepat.
- Kemudian, tutup mata sekitar 20 detik.
- Ulangi 5 hingga 10 kali setiap kali merasa mata telah lelah.

8. Menghabiskan lebih banyak waktu di luar

Aktivitas luar ruangan dapat mengatasi rabun jauh sebab banyaknya cahaya yang tersedia dalam membantumu menangkap bentuk objek secara jelas. Sinar UV dari matahari juga dikenal mampu mengubah struktur molekular sari sklera dan kornea maka bisa menjaga bentuk normal mata. Akan tetapi, ketika melakukan kegiatan di luar dan terpapar matahari lama, pakailah kacamata hitam dalam melindungi matamu.

9. Konsumsi vitamin

Vitamin A, B, C, D, dan E kadang diyakini sebagai nutrisi yang menyehatkan mata. Maka dari itu, para ahli sering menyarankan cara mengatasi rabun jauh dengan alami tersebut.

Berbagai sumber alami vitamin A, B, C, D, dan E adalah wortel, tomat, apel, paprika, ikan, kacang, hingga sayuran hijau. Konsumsilah berbagai makanan sehat ini demi mencegah kerusakan pada mata yang lebih parah.

10. Tempelkan mentimun pada area mata

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Murad menyatakan bahwa mentimun mempunyai kemampuan menyegarkan dan relaksasi. Apabila dikonsumsi, buah ini mempunyai 95% kandungan air. Sedangkan, bagi mata dapat memberi efek menenangkan dan dipakai sebagai terapi mata. Dalam pemakaiannya sebagai terapi, cukup potongan timun kecil-kecil dan letakkankan langsung pada mata sekitar 5-10 menit.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya