12 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka secara Tepat

"RAM penuh juga dapat menjadi penyebabnya."

Tech | 21 February 2022, 12:40
12 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka secara Tepat

Play Store kali pertama diluncurkan pada tahun 2008 bernama Android Market. Aplikasi ini lahir bersamaan dengan diluncurkannya sistem operasi smartphone baru waktu itu. Sistem operasi itu disebut android. Play Store di smartphone android diibaratkan seperti sebuah toko aplikasi yang menyediakan beberapa jenis aplikasi sebagai sistem operasi android yang bisa kamu download atau unduh dengan gratis ataupun berbayar.

Play Store merupakan aplikasi berlisensi resmi dari Google dan bisa dipakai pada semua smartphone android. Dalam memakai Play Store ini, kamu wajib mempunyai akun Google dan login menuju aplikasi Play Store. Sehingga, Play Store telah mempunyai lisensi resmi dari Google, kamu tidak perlu khawatir aplikasi yang kamu download dari Play Store mengandung virus. Google memastikan semua aplikasi di Play Store telah aman dari ancaman virus.

Untuk itu, simak beberapa penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka berikut ini.

- RAM android penuh.
- Ponsel sudah dilakukan root.
- Koneksi internet yang lemah.
- Tanggal dan waktu tidak sesuai.
- File aplikasi ada yang terhapus.
- Menumpuknya file cache dan history.

Adapun cara mengatasi play store tidak bisa dibuka seperti berikut:

1. Sesuaikan waktu dan tanggal

Daun.id

Sumber: Pengaturan

Cara mengatasi Play Store yang tidak dapat dibuka pertama yang mampu kamu lakukan ialah dengan menyesuaikan waktu dan tanggal di hp android kamu. Perlu kamu pahami bahwa handphone android kamu adalah perangkat yang didesain serba tersinkronisasi, baik aplikasi bawaan hp, aplikasi yang kamu download hingga tanggal dan waktu. Sehingga, jika kamu tidak dapat membuka aplikasi Play Store, hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah cek waktu dan tanggal caranya dengan:

- Buka pengaturan setelan di hp kamu (Setting).
- Kemudian pilih pengaturan “Tanggal & Waktu” atau “Date and Time”.
- Hidupkan settingan tanggal dan waktu otomatis.
- Upayakan juga setingan “Time Zone” tersetting otomatis.

2. Update Google Play Store dan Google Play Service

Sekarang mungkin kamu tengah mencari cara bagaimana mengatasi Play Store tidak dapat download. Berikut cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi hal itu, yakni dengan cara update Google Play Store dan Google Play Service, seperti:

- Buka aplikasi “Play Store” di perangkatmu.
- Pilih ikon menu strip tiga yang berada pada pojok kiri atas.
- Pilih “Setting” atau “Pengaturan”.
- Kemudian geser ke bawah dan cari “Versi Play Store” atau “Play Store Version”.
- Klik opsi itu, jika terdapat pembaruan maka Play Store dapat memperbarui otomatis. Akan tetapi, apabila Play Store kamu telah terupdate dalam versi terbaru maka akan terdapat keterangan “Google Play Store is up to date”.

3. Uninstall pembaruan Play Store

Jika Play Store kamu tidak dapat login atau tidak bisa dibuka, coba cek apakah Play Store pada hp android kamu baru saja terjadi pembaruan atau update otomatis dari Google? Apabila iya, kamu bisa melakukan langkah-langkah uninstall pembaruan Play Store berikut supaya google Play Store kamu bisa dibuka dan dipakai dalam mendownload kembali.

- Buka pengaturan setelan di hp kamu (Setting).
- Tekan menu ‘’Aplikasi” atau “Aplikasi dan Notifikasi”.
- Cari Aplikasi “Google Play Store”.
- Kemudian uninstall pembaruan Play Store dengan “Paksa Berhenti” (Force Stop) atau “Copot Pembaruan” (Uninstall updates)
- Coba buka lagi Google Play Store kamu.

4. Merestart HP

Bagi kamu yang hendak menginstal aplikasi pada smartphone android kamu, tetapi Play Store tidak dapat dibuka? Atau kamu pernah mengalami keadaan tidak dapat instal aplikasi di Play Store dan Play Store tidak bekerja? Apabila iya, kamu dapat mencoba dalam me-restart hp atau perangkat android kamu terlebih dulu caranya dengan:

- Klik dan tahan tombol daya di perangkat android.
- Kemudian akan muncul Pop Up Menu.
- Pilih Menu “Restart” atau Menu “ Mulai ulang”.
- Perangkat android akan memulai proses restart pada beberapa menit.
- Kamu dapat menunggu proses restart hp sampai selesai.
- Sesudah hp berhasil di restart, coba buka lagi aplikasi “Google Play Store” kamu.

5. Bersihkan cache dan data pada Google Play Service

Daun.id

Sumber: Pengaturan

Salah satu faktor penyebab Play Store tidak dapat dibuka dan tidak bisa mendownload ialah sebab penuhnya cache pada Google Play Service. Google Play Service sendiri adalah aplikasi paket API (Application Programming Interface) yang mensinkronisasi aplikasi-aplikasi yang memakai akun google misalnya Gmaps, Play Store, Gmail, dan lainnya. Sehingga, jika terjadi masalah di Google Play Service juga mampu berdampak terhadap Google Play Store kamu. Kamu dapat melakukan cara di bawah ini supaya Google Play Store kamu bisa dibuka:

- Buka pengaturan setelan di hp kamu (Setting).
- Pilih Menu “Apps” atau “Apps Management”.
- Tekan aplikasi “Google Play Service”.
- Apabila kamu tidak bisa menemukannya, pilihlah opsi “Show All Apps” atau “Show System Process”
- Apabila kamu telah menemukan “Google Play Service”, pilih “storage”.
- Lalu pilih “Clear Cache” dan “Clear Data”.
- Sesudah itu restart hp android kamu, lalu coba buka kembali Google Play Store kamu.

6. Reset Google Accounts

Cara mengatasi google play store dengan cara mereset Google Accounts atau menghapus google akun yang kamu pakai log in pada aplikasi google Play Store kamu. Adapun cara mereset akun google kamu:

- Buka pengaturan setelan di hp kamu atau “Setting”
- Lantas, pilih akun “Google” maka dapat muncul email yang terdaftar di akun google kamu.
- Masuk pada akun Google kamu yang hendak dihapus.
- Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan “hapus” atau “delete”.
- Seusai kamu menghapus akun Google kamu, kamu bisa mencoba agar login kembali ke akun Google di android.
- Lalu cobalah agar login kembali pada akun google Play Store.

7. Matikan koneksi VPN

Cara mengatasi Play Store yang tidak dapat dibuka berikutnya ialah dengan cara mematikan koneksi VPN. Mungkin tanpa kamu sengaja saat kamu buka aplikasi Google Play Store, kamu sedang memakai atau mengaktifkan VPN di perangkat android, maka kamu tidak dapat login maupun membuka Google Play Store. Kamu bisa melakukan cara berikut agar mematikan koneksi VPN pada smartphone dengan cara, yakni:

- Buka “Wireless and Networks”.
- Tekan More.
- Kemudian, Cari “VPN”.
- Lalu “Putuskan Koneksi” yang tengah tersambung.
- Klik Ok. Sehingga koneksi VPN akan terputus.
- Coba buka lagi Google Play Store, apakah dapat dibuka atau tidak.

8. Lakukan Reset Host (Root)

Cara mengatasi Play Store yang tidak dapat dibuka dengan cara melakukan reset host (root). Adapun cara yang dapat dilakukan, seperti:

- Kamu dapat melakukan root dulu HP kamu.
- Instal aplikasi “Root Explorer” lalu buka aplikasi itu.
- Setting opsi pilihan Mount as R/W (Read/Write).
- Masuk pada direktori “System Etc”.
- Buka file host yang ada didalamnya, kemudian pilih “Open in a text editor”.
- Pada file host itu terdapat banyak sekali alamat host, hapus semua dan sisakan satu saja file host dengan alamat “127.0.0.1 localhost”.
- Simpan file host yang sudah di edit tersebut lalu keluar.
- Sesudah cara di atas kamu lakukan, lalu restart HP kamu.
- Tunggu proses restart HP hingga selesai. Sesudah itu coba buka lagi Google Play Store.

9. Re-Sync Akun Google Agar Play Store Bisa Dibuka

Cara mengatasi Play Store yang tidak dapat dibuka selanjutnya ialah dengan cara resync atau mensinkronkan lagi akun Google kamu, supaya Play Store kamu bisa dibuka kembali. Resync ini dapat kamu lakukan dengan cara menghapus akun Google kamu yang terdapat di HP lalu setelah itu download ulang dan sambungkan kembali.

10. Hentikan semua mode yang berjalan di perangkat

Daun.id

Sumber: Pengaturan

Google Play Store yang tidak bisa dibuka sangat erat hubungannya dengan mode atau sambungan internet yang dipakai. Sehingga jika hendak memakai Play Store, kamu harus terkoneksi dengan internet. Ikuti langkah-langkah berikut ini guna menghentikan semua mode yang tengah berjalan pada perangkatmu:

- Google Play Store: Buka Settings > Manage Apps > All > Google Play Store > Klik Menu ‘Force Stop’. Seusai menghentikan Play Store, kamu dapat melanjutkan dengan menghapus data dan cache di Play Store. Pilih ‘Clear Data’ dan ‘Clear Cache’ dalam menghapus tumpukan data dan cache di Play Store.
- Wi-Fi: Apabila kamu memakai koneksi Wi-Fi dalam membuka Play Store, maka matikan Wi-Fi kamu terlebih dulu, tunggu beberapa saat baru selanjutnya dinyalakan lagi.
- Aiplane Mode: Mengaktifkan mode pesawat terbang ini nyatanya dapat memperbaiki kinerja Play Store. Caranya sama seperti di atas, aktifkan airplane mode, tunggu beberapa saat, kemudian matikan lagi.
- Perangkat kamu: Sesudah melakukan ketiga cara tersebut, sekarang kamu bisa mematikan atau merestart perangkatmu. Matikan perangkat dalam 5 menit, lalu nyalakan lagi dan coba Play Store kamu.

11. Usahakan RAM HP masih memiliki ruang

Penuhnya memori di RAM ini dikarenakan oleh junk dari file-file besar atau terhadap aplikasi-aplikasi yang dijalankan di perangkat android kamu. Hal ini tentu saja bisa berdampak terhadap kinerja aplikasi lain terlebih pada aplikasi Google Play Store. Maka dari itu, aplikasi Google Play Store kamu mampu berjalan seperti biasanya, kamu perlu membersihkan dan memastikan bahwa RAM kamu mempunyai cukup ruang caranya dengan:

- Buka pengaturan setelan di hp kamu atau “Setting”.
- Pilih Menu “Manage Apps”.
- Tekan All.
- Buka semua aplikasi satu persatu dan bersihkan semua cache di setiap aplikasi dengan cara pilih menu “Clear Data”.
- Selain itu kamu dapat membersihkan RAM kamu dengan memakai aplikasi pihak ketiga yang biasa dikenal dengan aplikasi “Clean Master”. Terdapat banyak sekali aplikasi “Clean Master” yang tersedia di aplikasi Google Play. Kamu hanya perlu mengklik aplikasi “Clean Master” guna memulai proses pemindaian cache terhadap semua aplikasi dan sistem yang ada pada perangkat android kamu. Seusai itu bersihkan semua Cache supaya Google Play Store kamu bisa dibuka dan bekerja seperti sebelumnya lagi.

12. Lakukan factory reset HP

Cara mengatasi  Google Play Store yang tidak bisa dibuka berikutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan cara melakukan factory reset hp atau format ulang hp android kamu kembali ke settingan pabrik. Akan tetapi, kamu perlu mengetaui bahwa risiko dari factory reset ini bisa menghapus semua data kamu yang terdapat pada perangkat android. Dengan begitu, jika kamu tidak ingin kehilangan data maupun memori-memori penting pada perangkat kamu, kamu perlu melakukan back-up data terlebih dulu. 

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya