Cara Mencegah Tumbuhnya Uban Prematur dengan Menggunakan Produk Bayi untuk Merawat Mobil Hitam Tanpa Perlu Biaya Semir Mahal

"Cara mencegah tumbuhnya uban prematur dengan memanfaatkan produk bayi seperti baby oil, telur, dan lemon. Artikel ini memberikan informasi tentang faktor penyebab tumbuhnya uban prematur dan cara alam..."

Life | 04 May 2024, 09:09
Cara Mencegah Tumbuhnya Uban Prematur dengan Menggunakan Produk Bayi untuk Merawat Mobil Hitam Tanpa Perlu Biaya Semir Mahal

Banyak orang melakukan semir rambut untuk menutupi uban di kepalanya. Ada yang memiliki semir rambut menggunakan henna hingga pewarna kimia di pasaran atau semir di salon. Padahal, mewarnai rambut terlalu sering dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut. Rambut jadi mudah rusak, sehingga rentan mengalami rontok, kusut, dan kasar.

Uban sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika muncul helaian rambut yang memiliki warna putih keabu-abuan. Ini biasanya terjadi saat seseorang mulai menua, atau sekitar usia 30 tahun. Pasalnya zat melanin yang menjadi pigmen alami rambut juga akan menurun, sehingga rambut tumbuh tanpa pigmen.

Selain faktor usia, uban juga bisa muncul lebih cepat lho. Artinya, uban juga bisa terjadi pada seseorang yang masih muda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti genetik, hormon, gaya hidup, stres, dan penyakit tertentu. Uban yang tumbuh lebih cepat disebut dengan uban prematur.

Adanya uban memang cukup mengganggu penampilan, apalagi jika uban tumbuh lebih cepat. Kondisi ini akan membuat penampilan jadi tampak lebih tua dari usia semestinya.

Jika kamu salah satu yang mengalaminya tak perlu risau, karena kamu bisa mencegah tumbuhnya uban prematur dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan dari akun TikTok @healthni pada 26 Oktober 2023, yang membagikan tentang cara cegah tumbuhnya uban prematur pakai 1 produk bayi, yakni baby oil. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu telur dan lemon.

Baby oil adalah produk bayi yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan kulit bayi agar tak mudah iritasi. Namun ternyata, bahan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi uban dan rambut kering lho. Kandungan mineral alami pada baby oil diklaim mampu mencegah tumbuhnya uban dan membantu pertumbuhan rambut lebih cepat.

Manfaat lain baby oil juga dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan tak mudah rontok. Dilansir stylecraze, menjaga kelembapan rambut juga bisa dilakukan dengan penggunaan baby oil, lantaran dipercaya dapat menjaga kelembapan dan melumasi kulit kepala agar tidak kering.

Sementara telur memiliki kandungan protein yang dinilai mampu mencegah uban tumbuh kembali, sekaligus memperkuat folikel rambut dan membuatnya lebih subur. Telur juga akan memberikan nutrisi untuk rambut dan kulit kepala agar sehat dan bebas dari berbagai permasalahan rambut.

Begitupun dengan lemon yang juga bisa mengatasi rambut beruban agar tak muncul kembali. Kandungan yang kaya akan vitamin B, C, serta mineral fosfor ini sangat penting untuk memelihara sel-sel pigmen pada folikel rambut dan membantu menghilangkan uban prematur.

Vitamin C dan antioksidan dalam lemon juga ampuh bikin kulit kepala lebih sehat, sehingga bisa menjaga kesehatan folikel rambut. Oleh karena itu, lemon bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa menutrisi rambut dan dapat mencegah dari masalah rambut rontok, uban, serta ketombe.

Dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat masker rambut yang dipercaya dapat mencegah tumbuhnya uban prematur. Bahkan kamu tak perlu melakukan semir rambut untuk mendapatkan rambut yang hitam alami. Berikut cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 1/2 buah perasan lemon
  • 2 sendok makan baby oil
  • Kapas kecantikan secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Pecahkan telur pada wadah dan tambahkan perasan lemon
  2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
  3. Setelah merata, tambahkan baby oil kemudian aduk kembali
  4. Celupkan kapas pada masker kemudian aplikasikan pada bagian akar rambut dan kulit kepala yang mengalami uban prematur
  5. Gosok-gosok dengan lembut selama 2 menit
  6. Gulung rambut dan tutup menggunakan shower cap selama 60 menit
  7. Bilas rambut menggunakan sampo serta kondisioner
  8. Gunakan masker rambut ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam alami tanpa semir.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya