Bocoran iPhone SE 4: Deretan Fitur Baru yang Tak Ada di Generasi Sebelumnya

"Apple akan merilis ponsel terbaru, iPhone SE 4, dengan fitur-fitur baru yang menarik. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!"

Tech | 08 May 2024, 13:43
Bocoran iPhone SE 4: Deretan Fitur Baru yang Tak Ada di Generasi Sebelumnya

Apple berencana akan merilis ponsel terbaru, iPhone SE 4. Ponsel ini menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan iPhone dengan harga terjangkau.

Perusahaan belum menyebutkan apakah mereka berencana merilis model iPhone SE baru ke depannya karena mereka jarang membicarakan tentang produk yang akan dirilis.

Meski belum mengumumkan bakal merilis iPhone SE 4, Apple dirumorkan menghadirkan beberapa fitur terbaru di iPhone SE mereka agar tidak kalah dengan kompetitor lain.

Contohnya, Google dan Samsung memiliki lini ponsel terjangkau mereka, seperti Pixel 7A dan Galaxy A55 5G yang menawarkan desain premium dengan kemampuan kamera mumpuni.

Agar tak kalah dengan pesaing, Apple dirumorkan bakal menghadirkan beberapa fitur terbaru ke iPhone SE 4 agar dapat menarik pengguna untuk mencoba iPhone atau beralih ke ekosistem Apple.

Berikut beberapa rumor yang beredar mengenai spesifikasi dan fitur terbaru dari iPhone SE 4.

Desain Mirip iPhone XR

Saat ini, iPhone SE 2022 memiliki layar 4,7 inci dengan pinggiran tebal di bagian atas dan dagu, mirip dengan iPhone 8. Namun, iPhone SE 4 mendatang akan memiliki perubahan desain yang signifikan dari pendahulunya.

Menurut beberapa bocoran dari analis ternama, sebagaimana dikutip dari CNET, Rabu (8/5/2024), iPhone SE berikutnya akan memiliki layar yang lebih besar dan desain yang menyerupai iPhone XR.

Selain itu, menurut MacRumors, iPhone SE 4 akan memiliki desain yang mirip dengan iPhone 14 dengan sedikit modifikasi.

Lebih lanjut, terdapat laporan yang menunjukkan bahwa iPhone SE mungkin memiliki desain yang lebih baru agar terlihat senada perangkat terbaru Apple lainnya.

Teknologi yang dipakai oleh iPhone SE mendatang juga tak main-main. Menurut analis layar Ming-Chi Kuo, iPhone SE 4 kemungkinan bakal mengusung layar OLED yang menawarkan warna yang lebih cemerlang dengan warna hitam yang lebih pekat.

Baterai iPhone SE 4 yang Lebih Besar

iPhone SE 4 bakal memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Menurut MacRumors, penggunaan baterai yang lebih besar disebabkan oleh penggunaan layar yang lebih luas dari generasi sebelumnya.

Apple tidak mengungkapkan kapasitas baterai di ponsel mereka, tetapi dikabarkan bahwa iPhone SE 4 akan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dari lini iPhone SE sebelumnya.

Penggunaan Face ID

Terdapat rumor yang mengatakan bahwa iPhone SE 4 bakal menggunakan sistem keamanan Face ID, ketimbang Touch ID yang digunakan di iPhone SE sebelumnya.

Menurut laporan MacRumors, penggunaan Face ID di iPhone SE 4 menyesuaikan bahasa desain ponsel itu dengan iPhone 14 yang juga memiliki Face ID.

Kendati demikian, analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone SE 4 bakal menggunakan Touch ID yang terletak di tombol power, alih-alih menggunakan Face ID.

Penggunaan Touch ID di tombol power mirip dengan beberapa produk Apple lain seperti iPad Gen 10, iPad Air Gen 5, dan iPad Mini Gen 6 yang sama-sama menggunakan sistem keamanan tersebut.

Bakal Pakai Kamera iPhone 15, USB-C, dan Action Button

iPhone ramah kantong ini kemungkinan bakal menerapkan teknologi yang sama dengan iPhone 15. Sejak perpindahan dari port lightning ke USB-C di lini iPhone 15, nampaknya iPhone SE 4 bakal menggunakan port yang sama dengan iPhone 15, yakni USB-C.

Terdapat rumor lain yang tak kalah penting, menurut laporan dari MacRumors, iPhone SE 4 bakal menerapkan tombol Action Button yang sama dengan lini iPhone 15 Pro. Action Button sendiri merupakan tombol khusus yang dapat digunakan untuk beberapa perintah, seperti membuka kamera dan perintah lainnya.

MacRumors juga menyebutkan kalau iPhone SE 4 bakal menggunakan sensor kamera 48MP, sama seperti iPhone 15. Kendati demikian, iPhone SE 4 hanya akan menggunakan konfigurasi satu kamera, layaknya seri SE sebelumnya.

Usung Prosesor Baru dengan Modem 5G dari Apple

Biasanya, iPhone SE bakal menggunakan prosesor yang sama dengan lini flagship iPhone. Contohnya, iPhone SE 2022 menggunakan SoC yang sama dengan lini iPhone 13, yang rilis September 2021 lalu.

Analis Ming-Chi Kuo dan laporan dari MacRumors menyebutkan bahwa iPhone SE 4 bakal menggunakan chip 5G buatan Apple sendiri.

Sebagai informasi, Apple telah mengakuisisi bisnis modem milik Intel di tahun 2019, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa Apple pada akhirnya akan membangun modem 5G sendiri daripada bergantung pada Qualcomm sebagai pemasok chip 5G.

Penggunaan chip 5G buatan sendiri memungkinkan Apple untuk memegang kendali lebih besar atas jadwal peluncuran dan fitur produk mereka. Hal tersebut merupakan sebuah pendekatan yang telah menjadi bagian penting dari strategi perusahaan di seluruh lini produk utamanya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya