Bos Apple Mendadak Sebut Indonesia di Hadapan Investor

"Apple membela diri dengan menyebut prospek besar di Indonesia meskipun pendapatan perusahaan anjlok di China."

Tech | 09 May 2024, 10:15
Bos Apple Mendadak Sebut Indonesia di Hadapan Investor

Apple sedang dalam tekanan karena anjloknya pendapatan perusahaan di China. Namun, produsen iPhone tersebut membela diri dengan menyebut prospek besar di Indonesia.

Pendapatan Apple di China jatuh 8 persen pada kuartal II/2024 berdasarkan tahun fiskal. Pasar China adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan penjualan iPhone anjlok 10 persen dari US$ 45,96 miliar menjadi US$ 51,33 miliar.

Dalam pertemuan dengan investor, CFO Apple Luca Maestri meminta agar mereka tidak terlalu fokus terhadap kinerja di China. Ia berkilah angka penjualan di pasar berkembang lainnya yang tumbuh dengan kuat.

Maestri berargumen wilayah tersebut, termasuk Indonesia, adalah pasar dengan populasi yang sangat besar dan terus tumbuh.

Namun, laporan keuangan Apple menunjukkan bahwa kinerja Apple di negara-negara itu juga tidak terlalu baik. Penjualan di Brasil dan Meksiko dimasukkan ke wilayah Amerika. Di wilayah tersebut, penjualan Apple merosot dari US$ 37,8 miliar menjadi US$ 37,3 miliar.

Indonesia, India, dan Vietnam dimasukkan ke dalam "negara Asia Pasifik lainnya". Penjualan Apple di wilayah ini merosot 17 persen.

Maestri menyatakan Apple kini mulai memperkenalkan beberapa solusi pembiayaan dan program trade-in untuk membuat iPhone lebih terjangkau, terutama untuk mendorong penjualan produk paling premium seperti iPhone 15 Pro.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya