Penerima Transplantasi Jantung Dari Babi Akhirnya Meninggal, Ini Kisahnya

"Operasi ini memang berisiko tinggi."

News | 11 March 2022, 15:59
Penerima Transplantasi Jantung Dari Babi Akhirnya Meninggal, Ini Kisahnya

Beberapa waktu lalu dunia dikejutkan dengan operasi transplantasi jantung babi ke manusia yang sukses. David Bennett Sr mendapatkan jantung babi ini pada Januari kemarin. Ia menderita komplikasi penyakit jantung yang membutuhkan transplantasi.

Dilansir dari The New York Times, pria berusia 57 tahun ini akhirnya meninggal. Tim dokter sendiri sampai sekarang masih meneliti penyebab kematiannya. Masih dibutuhkan pengembangan untuk melihat penyebab pastinya.

Seperti apa faktanya?

1. Peneliti sendiri sudah mewanti-wanti bahwa kesuksesan transplantasi tak menjamin David bisa hidup normal.
2. Tubuh bisa menolak organ transplantasi karena berbagai faktor.
3. Peneliti mengatakan bahwa bidang transplantasi yang melibatkan hewan ini masih membutuhkan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. 

Sebelumnya, pasien transplantasi organ hewan juga sempat sukses. Organ ginjal dan jantung berasal dari Revivicor. Mereka mengubah DNA organ tersebut sehingga tidak ditolak oleh tubuh manusia.

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya