3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android, Mudah Dilakukan

"Terlalu banyaknya aplikasi yang digunakan pada Android dapat menyebabkan kinerja ponsel menurun, maka perlu menghapus beberapa aplikasi."

Tech | 18 March 2022, 17:12
3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android, Mudah Dilakukan

Pada umumnya, aplikasi bawaan dapat disebut dengan aplikasi bloatware. Aplikasi tersebut merupakan standar yang tersedia dengan berbagai macam fungsi. Misalnya aplikasi musik, aplikasi cuaca, aplikasi kesehatan dan serta berbagai macam aplikasi lainnya. Meski aplikasi bawaan dari pabrik Android, namun hal tersebut juga dapat dihapus atau dinonaktifkan.

Meski dapat difungsikan sebagai aplikasi tertentu, namun terkadang justru dapat memperlambat kinerja Android karena terlalu banyak aplikasi. Nah, kali ini kami akan mencoba membahas seputar cara menghapus aplikasi bawaan Pada Android. Bagi yang belum mengetahui, artikel ini sangat cocok untuk Anda baca dan pahami.

Seperti halnya yang ketahui bahwa Android, pada umumnya hadir sudah dibekali dengan sejumlah aplikasi bawaan, yang biasanya sebagai salah satu cara produsen untuk memasarkan aplikasi buatannya. Jika aplikasi tersebut tidak begitu terpakai sebaiknya aplikasi tersebut dihapus dan diganti dengan beberapa aplikasi lainnya.

Cara menghapus aplikasi bawaan pada Android

Cara menghapus aplikasi bawaan sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya melalui root. Namun dalam hal ini, tidak semua orang mengetahui cara ini. Selain itu, rooting juga terkesan cukup rumit dan dapat mengubah sistem Android. Nah, berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan pada Android :

1. Menghapus aplikasi bawaan melalui CCleaner

Cara menghapus aplikasi bawaan pada jenis HP tertentu dapat menggunakan CCleaner. Namun, menghapus beberapa aplikasi bawaan sistem Android biasanya dapat menyebabkan masalah pada ponsel, dalam hal ini perlu dipertimbangkan kembali. Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan melalui CCleaner :

Daun.id

sumber; pixabay

- Pertama kali yang harus dilakukan ialah mengunduh dan instal aplikasi CCleaner di Google Play Store.

- Bukalah aplikasi CCleaner, kemudian pilih tab 'Aplikasi' tersebut.

- Untuk menghapus aplikasi bawaan, pilihlah 'Sistem'.

- Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, setelah itu klik 'Hapus Instalasi'.

- Jika muncul peringatan abaikan saja dengan klik 'Continue', setelah itu aplikasi bawaan dapat terhapus.

2. Menghapus aplikasi bawaan melalui pengaturan

Selain itu juga bisa menonaktifkan aplikasi yang sudah tidak digunakan melalui pengaturan Android. Sehingga aplikasi tidak akan berjalan di ponsel dan dapat mengurangi sampah atau penggunaan RAM. Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan melalui pengaturan :

Daun.id

sumber; pixabay

- Buka menu pengaturan di ponsel

- Pilih "Aplikasi", kemudian "pengaturan aplikasi"

- Setelah itu pilih nonaktifkan Aplikasi

- Hapus data dan cache aplikasi bawaan.

3. Menghapus aplikasi bawaan melalui Google Play Store

Menghapus pembaruan yang dilakukan pada aplikasi bawaan dapat  membantu untuk melonggarkan memori internal ponsel yang digunakan. Sehingga dapat meningkatkan kinerja ponsel kembali. Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan melalui Google Play Store :

Daun.id

sumber; pixabay

- Buka Google Play Store, kemudian klik pada foto profil pada akun Google Anda.
 
- Klik pada 'Kelola aplikasi & perangkat' yang tersedia.

- Lalu, pilihlah aplikasi yang diinginkan untuk dihapus. Kemudian, buka aplikasi tersebut. 

- Setelahnya, klik tombol 'Uninstall'. Meskipun tertulis demikian, cara ini hanya akan menghapus pembaruan yang pernah dilakukan pada aplikasi bawaan.

Demikian cara menghapus aplikasi bawaan pada android yang dapat dilakukan. Jika Android anda perlu menghapus beberapa aplikasi bawaan, maka lakukan beberapa cara seperti di atas. Jika kesulitan, sebaiknya meminta bantuan tukang service HP terdekat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya