2 Cara Menghapus Penyimpanan Internal Cepat Penuh, Ketahui Penyebabnya

"Pengguna Android kerap kali kebingungan ketika menghadapi penyimpanan internal cepat penuh"

Tech | 29 April 2022, 12:08
2 Cara Menghapus Penyimpanan Internal Cepat Penuh, Ketahui Penyebabnya

Penyimpanan internal kerap kali menjadi masalah bagi para pengguna smartphone Android. Akan tetapi hal ini tak perlu dikhawatirkan, pasalnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghapus penyimpanan internal ketika penuh. Biasanya para pengguna Android seringkali mendapat notifikasi ketika penyimpanan internal Android hampir penuh dan pemberitahuan tersebut tidak hilang sebelum penyimpanan lega.

Kondisi ini dapat membuat pengguna terasa kurang nyaman, ketika sering mendapat notifikasi dari Android. Terlebih ketika penyimpanan sudah benar-benar penuh, semua jaringan akan mati secara otomatis. Baik itu jaringan yang tersedia dari wifi maupun jaringan internet yang tersedia dari paket data. Sehingga pengguna Android yang mengalaminya tidak bisa mengakses jaringan internet dari manapun.

Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menghapus beberapa file atau lebih tepatnya membuat penyimpanan internet menjadi lebih lega. Nah terkadang pengguna Android juga mengalami kebingungan, hingga merasa kok tiba-tiba sudah penuh lagi. Penting bagi para pengguna Android untuk mengetahui penyebab penyimpanan internal penuh, simak kutipan di bawah ini.

Penyebab penyimpanan internal cepat penuh

Sebagian pengguna Android mengalami kebingungan dengan kondisi penyimpanan internal yang cepat penuh. Padahal para pengguna merasa tidak banyak mendownload file pada penyimpanan internal. Nah, kali ini sahabat daun akan mengulasnya, mengapa penyimpanan internal mudah penuh. Berikut ini penyebabnya :

Daun.id

sumber; pexels.com

- Banyaknya file foto dan video yang dibiarkan menumpuk, kondisi ini dapat membuat penyimpanan internal cepat penuh.
- Menumpuknya aplikasi bawaan yang terpasang di perangkat Android Anda.
- Sisa data dari aplikasi dahulu yang dibiarkan menumpuk meskipun sudah dihapus, maka Anda harus mengelola dengan baik.
- Terjadinya penumpukan file yang bertipe cache, cadangan, dan thumbnail. Kondisi ini dapat membuat penyimpanan internal penuh, dan file ini terkadang tidak nampak di ruang penyimpanan.
- Memasang aplikasi ukuran besar dengan jumlah yang banyak, tanpa memperhatikan kapasitas penyimpanan internal pada Android.

Dari beberapa hal di atas, kita dapat mengetahui penyebab terjadinya penyimpanan internal cepat penuh. Hindari beberapa penyebab di atas agar penyimpanan internal tidak cepat penuh.

Cara menghapus penyimpanan internal cepat penuh

Penyimpanan internal yang cepat penuh tentu dapat diatasi melalui beberapa langkah. Kali ini sahabat daun akan menyajikan cara menghapus penyimpanan internal cepat penuh. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Menonaktifkan aplikasi bawaan

Daun.id

sumber; pexels.com

Guna menghapus penyimpanan internal cepat penuh, anda dapat menonaktifkan aplikasi bawaan yang kurang dibutuhkan. Berikut ini caranya :

- Pergi ke menu, lalu buka menu setting.
- Masuk pada bagian pengelolaan Aplikasi.
- Pilih aplikasi bawaan yang kurang dibutuhkan atau akan dinonaktifkan.
- Selanjutnya, klik aplikasi tersebut lalu pilih opsi Disable.
- Selesai secara otomatis aplikasi bawaan akan nonaktif.

2. Menghapus data aplikasi WhatsApp

Daun.id

sumber; pexels.com

Aplikasi WhatsApp, membutuhkan penyimpanan yang besar. Hapuslah beberapa data yang sudah tidak terpakai, berikut ini langkahnya :

- Bukalah pada File Manager di HP Anda.
- Pilihlah pada opsi Memori Internal.
- Selanjutnya, buka folder WhatsApp.
- Pilihlah beberapa folder, kecuali media.
- Klik pada setiap folder kecuali media, setelah itu hapus.
- Selesai, secara otomatis penyimpanan internal akan lega kembali.

Demikian beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghapus penyimpanan internal. Jika perangkat anda mengalami masalah seperti di atas, langsung saja lakukan beberapa langkah seperti di atas.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya