Cara Menghapus ID Apple yang Lupa Password, Mudah dan Simpel

"Berikut ini adalah cara mudah menghapus ID Apple yang lupa password, tidak sulit."

Tech | 03 May 2022, 14:28
Cara Menghapus ID Apple yang Lupa Password, Mudah dan Simpel

ID Apple merupakan metode otentikasi yang digunakan Apple untuk iPhone, iPad, Mac, dan perangkat Apple lainnya. ID Apple berisi informasi dan pengaturan pribadi pengguna. Saat ID Apple digunakan untuk masuk ke perangkat Apple, perangkat akan secara otomatis menggunakan pengaturan yang terkait dengan ID Apple.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh akses ID Apple yang lupa password. Jika Anda lupa kata sandi ID Apple, atau mengalami masalah dengan kata sandi ID Apple, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh kembali akses ke akun Anda. Yaitu:
- Menggunakan perangkat Anda sendiri untuk mengatur ulang kata sandi
- Menggunakan perangkat orang lain untuk mengatur ulang kata sandi
- Gunakan langkah-langkah ini untuk mengatur ulang kata sandi Anda dari iPhone, iPad, iPod touch, Apple Watch, atau Mac yang tepercaya.
- Jika masih tidak bisa, Anda perlu menghapus ID Apple Anda.

Menghapus ID Apple yang Lupa Password
Pada pembahasan kali ini, fokus pembahasan hanya pada poin terkahir. Yaitu bagaimana cara menghapus ID Apple yang lupa password. Cara yang dapat digunakan menghapus ID Apple yang lupa password, yaitu dengan reset total. Baru setelah itu Anda dapat memasukan ID Apple baru di perangkat Anda.

Namun proses reset total untuk menghapus ID Apple ini tidak dilakukan langsung dari perangkat, namun perlu menggunakan bantuan komputer. Sebab Anda akan memasuki proses restore menggunkanan mode recovery.

Perlu Anda ketahui, sebelum melanjutkan cara ini, Anda harus mengetahui password yang digunakan untuk mengunci perangkat Anda (jika menggunakan password). Kemudian pastikan Anda sudah membackup data-data penting di perangkat. Terakhir adalah, siapkan komputer/laptop, kabel data dan akses internet.

1. Pastikan anda sudah menginstall aplikasi Itunes pada laptop atau komputer yang akan anda gunakan, khusus untuk Mac tidakperlu menginstall tetapi menggunakan Finder.

2. Setelah itu sambungkan iphone anda pada komputer atau laptop yang akan digunakan menggunakan kabel data, selanjutnya buka aplikasi ITunes.

3. Pastikan Iphone anda telah sudah terdeteksi oleh aplikasi Itunes, kemudian masukkan Iphone ke dalam Mode Recovery, berikut ini merupakan caranya : 

- khusus iPhone 8 atau plus, X, XR, XS, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro, dan lebih baru (perlu diingat ketika melakukan perpindahan antar tombol usahakan melakukan dengan tempo yang cepat)

a) Tekan tombol Volume Atas beberapa detik kemudian lepaskan
b) Tekan tombol Volume Bawah beberapa detik kenudian lepaskan
c) Tekan serta Tahan terus tombol Power atau Lock  sampai  iPhone anda memunculkan tampilan menu Recovery.

- Khusus iPhone 7 dan 7 Plus:

a) Tekan serta Tahan tombol Volume Atas bersamaan dengan tombol Power atau Lock sampai iPhone menampilkan menu Recovery. (biasanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk menekan dan menahan tombol keduanya)

- Khusus iPhone 6S atau Plus, iPhone SE 2016, iPhone 6, iPhone 5S, atau lebih lama:

a) Tekan serta Tahan terus tombol Volume Atas bersamaan dengan tombol Home sampai iPhone anda menampilkan menu Recovery.

Berikut contoh gambar iPhone yang berhasil masuk Mode Revovery

4. Tanda sudah berhasil, pada iTunes biasanya akan langsung mendeteksi iPhone anda telah masuk ke dalan Mode Recovery dan akan muncul tulisan bahwa iPhone anda perlu dipulikan, diperbaiki atau restore.

5. Klik menu Pulihkan atau Restore pada aplikasi ITunes.

6. Jika sudah, setelahnya aplikasi iTunes akan mulai mendownload file IOS yang akan digunakan untuk mereset perangkat Anda. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.

7. Apabila sudah, iTunes akan melakukan proses Restore secara otomotis. Namun jika tidak, silahkan klik menu pulihkan/restore.

8. Pada tahap ini iTunes akan mulai mereset dan menginstal file iOS ke perangkat Anda. Tunggu dan ikuti proses pemulihan atau restore selesai. Perlu diperhatikan: saat proses pemulihan berlangsung, jangan sampai kabel tecabut.

9. Setelah itu, iTunes akan menampilkan Activation Lock, kalian bisa mengabaikanya.

10. Kemudian, perangkat Anda dapat kalian buka. Lanjutkan dengan pilih bahasa dan region seperti biasa.

11. Ketika sudah masuk ke tampilan Activation Lock (Kunci Aktivasi), silahkan pilih menu Buka Kode dengan Sandi (Unlock with Passcode), lalu pilih Gunakan Kode Sandi Perangkat (Use Device Passcode).

12. Selanjutnya masukan password yang sebelumnya digunakan untuk mengunci perangkat, setelahnya menu aktivasi akan menghilang.

13. Sekarang silahkan lanjutkan dengan mangatur kembali perangkat Anda seperti menggunakan perangkat iPhone baru.

14. Selesai.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya