Cara Efektif Merapatkan Pori-Pori Besar Akibat Komedo Tanpa Menggunakan Masker Charcoal dengan 3 Bahan Dapur

"Cara merapatkan pori-pori besar akibat komedo dengan menggunakan 3 bahan dapur secara efektif. Gunakan susu cair, tepung terigu, dan perasan lemon untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat."

Life | 28 April 2024, 15:50
Cara Efektif Merapatkan Pori-Pori Besar Akibat Komedo Tanpa Menggunakan Masker Charcoal dengan 3 Bahan Dapur

Ada berbagai masalah kulit wajah yang dapat membuat kebanyakan orang jadi kurang percaya diri. Salah satunya adalah pori-pori besar. Sebetulnya pori-pori adalah komponen penting yang berperan sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit, yang akan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Meski memiliki fungsi penting, terkadang pori-pori wajah juga bisa tersumbat oleh kotoran dan menyebabkan ukurannya menjadi lebih besar dari ukuran semestinya. Beberapa kotoran yang menyumbat pori-pori di antaranya adalah sel kulit mati, debu, polusi, sisa makeup, hingga radikal bebas lainnya. Kotoran tersebut akan bercampur dengan sebum dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi penyebab pori-pori jadi tampak besar.

Kotoran yang menyumbat pori-pori juga disebut dengan komedo. Komedo akan membuat wajah tampak kusam, bertekstur, dan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat yang meradang jika bercampur dengan bakteri. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan wajah sebagai upaya untuk merapatkan pori-pori besar sekaligus mencegah munculnya komedo. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya masalah kulit wajah yang lain.

Banyak orang yang memanfaatkan masker charcoal untuk membersihkan komedo di kulit wajah penyebab pori-pori besar. Skincare ini memang efektif untuk mengangkat berbagai kotoran dan minyak berlebih di wajah, namun penggunaan yang terlalu sering dapat membuat wajah jadi terasa kering. Solusi lainnya, kamu bisa menggunakan bahan alami lain, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @uss.healthy.

Melalui video unggahannya, pemilik akun menggunakan 3 bahan dapur untuk mengatasi pori-pori besar di wajah. Bahan dapur yang dimaksud adalah susu cair, tepung terigu, dan perasan lemon.

Manfaat susu untuk mengatasi tampilan pori-pori besar di wajah.

Susu kerap menjadi salah satu bahan tambahan dalam banyak produk perawatan kulit. Pasalnya, susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat.

Berbagai kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu hempas sel kulit mati dan juga melembutkan kulit. Kamu yang memiliki masalah kulit seperti pori-pori besar dan komedo, juga bisa menggunakan susu untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Bukan tanpa alasan, kemampuan tersebut didapatkan berkat kandungan asam laktat di dalam susu.

Ternyata tepung terigu bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Tepung terigu ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi pori-pori tersumbat dan komedo lho. Karena tepung terigu dapat bertindak sebagai eksfoliator alami yang bisa membantu mengangkat kotoran di pori wajah. Tepung terigu juga kaya akan komponen protein bernama gluten yang dapat mengecilkan ukuran pori-pori kulit dan membuatnya lebih bersih.

Kandungan lemon untuk mengatasi komedo penyebab pori-pori besar.

Lemon ternyata bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi pori-pori besar yang disebabkan oleh komedo. Melansir dari Healthline, kandungan asam sitrat pada lemon yang cukup tinggi dapat bertindak sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori. Secara umum, asam sitrat berperan penting sebagai astringent alami yang dapat membantu memperkecil pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit.

Hanya dengan tiga bahan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang efektif untuk mengatasi komedo penyebab pori-pori besar. Penggunaan yang rutin juga akan membuat kulit wajah jadi lebih halus, bersih, dan bebas komedo. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @uss.healthy, Jumat (26/4).

Bahan:
- 3 sendok makan susu cair
- 2 sendok makan tepung terigu
- 1 sendok teh perasan lemon

Cara membuat dan menggunakan:
1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Basahi wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori
5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
6. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat kemudian lanjutkan dengan air dingin
7. Lembapkan wajah menggunakan almond oil
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya