7 Cara Menghapus Akun Google Yang Tidak Terpakai, Mudah dan Cepat

"Akun google dapat dihapus dengan mudah dan praktis, jika Anda berubah pikiran akun dapat dipulihkan."

Tech | 14 June 2022, 15:51
7 Cara Menghapus Akun Google Yang Tidak Terpakai, Mudah dan Cepat

Kini setiap pengguna google dapat mengakses atau menggunakan dengan lebih dari satu akun. Karena suatu kebutuhan, terkadang Anda menggunakan lebih dari satu akun. Satu Hp Android dapat digunakan lebih dari satu akun dengan menyesuaikan kebutuhan. Namun seiring berjalannya waktu, akun google yang telah digunakan kini tak terpakai lagi.

Sehingga di google Anda banyak akun yang tidak terpakai, sebaiknya dihapus. Pasalnya, terlalu banyak akun google yang terpasang di HP dapat memunculkan banyak notifikasi. Sehingga membuat ruang penyimpanan HP jadi cepat penuh, penyimpanan penuh bisa pengaruhi performa HP. Terkadang juga dapat mempengaruhi kekutan daya baterai yang mudah hapus.

Akun Google yang sudah tidak terpakai, sebenarnya dapat dihapus mudah. Sehingga tidak terlalu memenuhi google, kali ini sahabat daun akan berbagi tentang tips atau langkah menghapus akun google yang tidak terpakai. Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu dampak penghapusan akun google.

Dampak menghapus akun google

Daun.id

sumber; pixabay.com

Melansir dari website bantuan "Google" secara langsung, ada beberapa dampak yang mesti diketahui sebelum menghapus akun. Sehingga perlu dipikir secara teliti sebelum menghapus akun google. Berikut ini langkah-langkahnya :

- Semua data dan konten di akun tersebut, seperti email, file, kalender, dan foto akan hilang dan ikut terhapus.

- Kehilangan akun dan tidak bisa mengakses layanan Google tempat Anda login dengan akun google tersebut, seperti Gmail, Drive, Kalender, atau Play dan lain sebainya.

- Kehilangan akses ke langganan dan setiap konten yang pernah Anda beli dengan menggunakan akun tersebut di YouTube atau Google Play, seperti aplikasi, film, game, musik, dan acara TV.

- Data & konten lain secara keseluruhan akan hilang karena akun telah dihapus. Misalnya kontak telepon, foto di google drive, dokumen dan lain sebaginya.

Jadi, hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan penghapusan akun google. Sehingga tidak menimbulkan kerugian pada diri Anda sendiri. Pastikan akun tidak memiliki data dan layanan penting terlebih dahulu, baru menghapusnya.

Cara menghapus akun google yang tidak terpakai

Jika beberapa data, layanan, dan lainnya sudah Anda pastikan aman dan tak ada sesuatu yang penting. Kini Anda bisa ke tahap selanjutnya dengan menghapus akun google yang tidak terpakai. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Buka Google anda yang sudah terinstal di perangkat. Pastikan telah login dengan akun yang akan dihapus.

2. Tinjau akun terlebih dahulu, jika menemukan data atau layanan penting sebaiknya di download terlebih dahulu.

3. Carilah pada opsi navigasi kiri, lalu "Klik Data & Personalisasi", sehingga muncul daftar pribadi akun tersebut.

4. Selanjutnya, pada menu "Download", Klik "Hapus" lalu buat rencana untuk data akun yang akan dihapus.

5. Setelah itu, pilih "Hapus Layanan atau akun Anda".

6. Menuju pada panel hapus akun Google Anda, silahkan klik "Hapus Akun Anda".

7. Selesai, dan akun Anda dalam proses penghapusan.

Akun Anda akan dihapus, jika sudah lama tidak digunakan dalam melakukan login kurang lebih selama 30 hari. Setelah itu akun google baru terhapus secara permanen.

Cara memulihkan akun google yang baru dihapus

Daun.id

sumber; pixabay.com

Jika Anda berubah pikiran, dan waktu penghapusan akun belum dilakukan dalam jarak waktu yang cukup lama. Maka akun tersebut dapat dipulihkan melalui langkah berikut ini :

1. Lakukan login dengan akun yang baru saja dihapus.

2. Langsung saja, buka halaman pemulihan akun di layanan tersebut.

3. Anda harus menjawab beberapa pertanyaan yang telah tersedia. Jawab sebisa mungkin.

4. Setelah menjawab semuanya, segera pilih "Pulihkan".

5. Anda tinggal menunggu proses pemulihan hingga selesai.

6. Selesai, setelah berhasil melakukan pemulihan akun. Sebaiknya mengganti kata sandi akun tersebut dengan yang lebih kuat.

Itulah seputar informasi tentang mengelola akun Google, mulai dari dampak menghapus akun, cara menghapus akun, hingga pemulihan akun itu sendiri.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya