Doa Sujud Tilawah, Rukun, dan Tata Caranya

"Baca doa sudut tilawah saat mendengar ayat sajdah."

Life | 25 July 2022, 19:23
Doa Sujud Tilawah, Rukun, dan Tata Caranya

Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan saat membaca atau mendengar ayat-ayat tertentu dari kitab suci Al-Qur’an. Adapun ayat-ayat itu biasanya dikenal dengan ayat sajdah.

Seperti dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ , اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي , يَقُولُ: يَا وَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ، وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِيَ النَّارُ

Artinya: “Ketika anak adam membaca ayat As-Sajdah kemudian ia bersujud maka setan menyendiri dan menangis. Ia berkata, “celaka, anak adam diperintah untuk bersujud dan ia pun bersujud maka baginya surga. Dan aku telah diperintah untuk bersujud namun aku menolak maka bagiku neraka.”

Doa sujud tilawah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun doa sujud tilawah berbunyi sebagai berikut ini, yakni:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

"Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam'ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin."

Artinya: "Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta," (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi, dan Nsa'i)

Tata cara sujud tilawah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Ketika seseorang membaca atau mendengar ayat sajdah di luar sholat, kemudian ia hendak menjalankan sujud tilawah sehingga hal yang perlu dilakukan ialah memastikan dirinya tidak berhadas dan tidak bernajis dengan cara berwudlu dan mensucikan diri dari najis. Selanjutnya, menghadapkan diri ke arah kiblat agar selanjutnya bertakbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan. Seusai telah berhenti sejenak dan bertakbir lagi agar turun bersujud tanpa mengangkat kedua tangan. Seusai sujud satu kali dan bangun agar dapat duduk sejenak tanpa membaca tahiyat dan mengakhirinya dengan membaca salam.

Para ulama Syafi’iyah memiliki pendapat yang berbeda dalam hal ini. Syekh Abu Muhammad, Qadli Husain dan lainnya lebih menyukai sujud tilawah dilaksanakan dengan cara dimulai dari berdiri dan berniat lebih dulu. Akan tetapi, pendapat ini diingkari oleh Imam Haramain dengan menuturkan, “Saya tidak melihat untuk masalah ini adanya penuturan dan dasar.” Pendapat dari Imam Haromain tersebut dipandang oleh Imam Nawawi sebagai pendapat yang lebih benar ialah tidak berdiri untuk sujud tilawah (lihat Yahya bin Syaraf Al-Nawawi, Raudlatut Thâlibîn wa ‘Umdatul Muftîn, (Beirut: Al-Maktab Al-Islamy, 1991), jil. I, hal. 321 – 322).

Selain itu, disunahkan membaca doa:

اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي، كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

"Allâhummaktub lî bihâ ‘indaka ajraa, waj’alhâ lî ‘indaka dzukhran, wa dla’ ‘annî bihâ wizran, waqbalhâ minnî kamâ qabiltahâ min ‘abdika dâwuda ‘alaihissalâm.”

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya