Doa Ulang Tahun Anak dan Hukum Perayaannya, Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya

"Bacakan doa ini saat sedang merayakan ulang tahun anak."

Life | 18 August 2022, 19:00
Doa Ulang Tahun Anak dan Hukum Perayaannya, Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya

Perayaan ulang tahun merupakan suatu tradisi yang digelar oleh masyarakat dalam menyambut hari lahirnya seseorang. Fenomena ini telah menjadi tradisi di tengah-tengah masyarakat, perayaan yang digelar sebagai ungkapan rasa syukur karena masih diberi nikmat hidup. Karena bagian dari tradisi, maka perayaan ulang tahun bukan bagian dari ibadah. Merayakan ulang tahun tidak saja digelar untuk orang tua, kadang-kadang juga untuk anak.

Dalam Islam, terjadi dua perbedaan pendapat dalam menyikapi perayaan ulang tahun. Pendapat pertama, sebagian mengatakan perayaan ulang tahun diperbolehkan, asal tidak mengandung sesuatu yang mengharamkan. Pendapat kedua, sebagian ulama juga berpendapat dengan tegas perayaan ulang tahun diharamkan. Alasan dibolehkannya merayakan ulang tahun ialah ulang tahun merupakan salah satu cara mengingat nikmat kelahiran.

Hal ini juga didasari ayat Al-Qur'an sebagai berikut ini :

وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

Artinya: “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali” (QS Maryam: 33).

Selain itu ulama yang nemperbolehkan perayaan ulang tahun juga berpedoman pada hadits ini ;

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ: «ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ».

Artinya: Dari Abi Qatadah al-Anshari radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari Senin. Beliau bersabda: “Itu adalah hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus sebagai Rasul atau diturunkan wahyu kepadaku.

Demikianlah Al-Qur'an dan hadits yang digunakan sebagian ulama' membolehkan perayaan ulang tahun.

Doa ulang tahun anak

Daun.id

sumber; pexels.com

Jika ingin menggelar perayaan ulang tahun anak, maka ikuti pendapat yang pertama. Boleh merayakan, asal tidak mengandung sesuatu dan perbuatan yang mengharamkan. Pada saat merayakan ulang tahun anak jangan meninggalkan doa, agar tetap mendapat mendapat keberkahan. Berikut ini doanya :

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

Artinya; "Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya."

Jika anak masih belum bisa berdoa, maka orang tuanya yang membaca ini. Selain itu, orang tua juga dapat membimbing anak membaca doa ini secara perlahan.

Selain itu, orang tua juga dapat menambah beberapa doa lainnya pada saat perayaan ulang tahun anak. Berikut doa-doanya :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.

Doa ini dibaca agar selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT. Selain itu juga dapat disambung dengan doa memohon rizki kepada Allah SWT. Berikut ini lafalnya :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Demikianlah doa-doa yang dapat dipanjatkan pada saat merayakan ulang tahun anak. Dan yang paling terpenting sebelum merayakannya, ketahui dahulu perbedaan hukumnya menurut para ulama.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya