Doa Masuk Makam Serta Adab saat Ziarah Kubur

"Adapun doanya serta adabnya sebagai berikut:"

Life | 26 August 2022, 15:26
Doa Masuk Makam Serta Adab saat Ziarah Kubur

Jika menyebut istilah makam pastilah tidak asing. Yaitu tempat pembaringan orang yang telah meninggal. Hampir di setiap desa atau wilayah selalu ada makam, bahkan bisa lebih dari satu. Mulai tempatnya yang terpisah, ada pula yang berhadap-hadapan.

Rupanya saat akan memasuki makam juga ada doanya. Yang menunjukkan bahwa orang-orang yang telah meninggal sekalipun juga masih dapat mendengar orang yang hidup. Karena orang meninggal juga mengharapkan kiriman doa dari orang yang masih hidup. Bahkan saat ada yang mengucapkan salam memasuki makam, mereka yang telah meninggal sangat senang.

Seperti apa doanya, ialah sebagai berikut:
Daun.id

sumber: pixabay.com

Inilah doa masuk kuburan sesuai sunnah Rasulullah SAW:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ

Assalamu 'alaikum daaro qoumin mu'miniina.

"Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian, wahai (penduduk) kampung kaum yang beriman."

Sementara itu, berikut bacaan doa masuk kuburan dalam versi panjang:

سَلَامٌ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ، يَرْحَمُ اللَّهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، نَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Salaamun 'alaikum ahladdiyaari minal mukminin wa innaa insyaallahu bikum laahiquuna, yarhamullahulmustaqdimiina minna wa mingkum wal musta'khiriina, nasalullaha lanaa walakumul'aafiyah.

Artinya:"Keselamatan semoga terlimpahkan kepada kalian, wahai ahli kubur dari kalangan orang-orang mukmin. Dan sesungguhnya kami, insya Allah, akan menyusul kalian. Semoga Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dan yang terkemudian di antara kami dan kalian. Kami memohon kepada Allah buat kami dan kalian akan keselamatan."

Di kalangan masyarakat Indonesia sendiri memiliki waktu-waktu tersendiri saat melakukan ziarah. Bagi yang laki-laki sering melakukannya setelah sholat jumat. Selebihnya saat akan hari raya, puasa ramadan dan waktu-waktu lainnya.

Sedangkan setelah memasuki makam, ada juga adab ketika berziarah. Agar selalu terjaga tata krama dan tingkah laku ketika masuk atau berziarah kepada orang yang meninggal. Ialah sebagai berikut tata krama atau adab saat berziarah kubur:
Daun.id

sumber: pixabay.com


1. Melakukan Wudhu

Ketika hendak melakukan ziarah, sebaiknya melakukan wudhu terlebih dahulu.

2. Salam pada Ahli Kubur

Usai sampai ke pemakaman, peziarah sebaiknya mengucapkan salam. Nabi Muhammad SAW mengajarkan, ada salam yang perlu dibacakan ketika hendak masuk ke area pemakaman.

3. Tidak Melakukan Hal Berlebihan

Ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika melakukan ziarah kubur. Salah satu bentuk berlebihan dalam konteks ini adalah menjadikan makam seperti masjid. Tak hanya itu, ketika melakukan ziarah, hendaknya tidak mencium batu nisan atau menangis sembari menatap makam. Seperti yang sudah diketahui, bersikap berlebihan dalam agama Islam sifatnya dilarang. Hal ini termasuk ketika melaksanakan ziarah kubur.

4. Dilarang Duduk atau Menginjak Bagian Atas Kuburan

Hadits riwayat HR. Muslim menuliskan untuk tidak duduk di kuburan.
"Janganlah kalian (berdoa) kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya."

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya