2 Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya, Simpel dan Cepat

"Ketahui caranya agar tidak bingung"

Tech | 15 September 2022, 07:50
2 Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya, Simpel dan Cepat

Pekerjaan kini semua mulai mudah dengan adanya teknologi yang kian memudahkan dalam pengerjaan tersebut. Salah satu di antaranya saat akan mengirimkan data atau sebuah file yang penting kepada sesama pekerja, teman sekolah atau kuliah, dosen, guru, atasan atau klien dalam membangun rencana bisnis bersama. Yaitu melalui email. Yang langsung mudah kepada orang yang dituju tanpa ribet.

Email merupakan aplikasi paling banyak digunakan dan paling mudah dioperasikan. Juga kini lebih mudah dan bisa di salah satu paltform Google yakni Gmail, terutama untuk para pengguna Android. Gmail bisa kamu dapatkan gratis dan mudah, cukup memasukkan nama dan data diri lainnya maka akun Gmail sudah bisa dipakai.

1. Melalui Gmail

Berikut ini adalah tutorial cara buat email baru Gmail di HP yang sudah ada email-nya, adalah klik avatar atau foto profil. Kemudian, tekan tulisan "Tambahkan Akun Lainnya". Lalu, bisa pilih Gmail, Outlook, hingga Yahoo.
Daun.id

sumber: fotopribadi

- Buka Aplikasi Gmail dan Klik Avatar
Buka aplikasi Gmail yang ada di smartphone. Kemudian, klik avatar atau foto profil dan tekan tulisan 'Tambahkan akun lainnya'. Selanjutnya, bisa memilih Gmail, Outlook, Yahoo, atau lainnya untuk email baru yang akan dibuat.

- Klik Tulisan Buat Akun Berwarna Biru
Karena akan membuat akun baru, maka klik tulisan 'Buat akun' yang berwarna biru. Pilih kepentingan kenapa membuat email baru, yaitu: 'Untuk diri sendiri' atau 'Untuk mengelola bisnis saya'. Setelah itu, saatnya proses pembuatan email baru. Isi semua data diri yang diminta, meliputi nama depan dan belakang serta tanggal lahir dan gender.
Daun.id

sumber: fotopribadi

- Masukkan Kata Sandi Sesuai Ketentuan
Jika sudah, Google akan memberikan beberapa rekomendasi alamat email untuk kamu sesuai dengan nama depan dan belakang yang akan diisi. Namun, juga bisa membuat sesuai keinginan dengan cara klik 'Buat alamat Gmail Anda sendiri' dan tulis alamat email-nya. Bila belum ada yang menggunakan alamat tersebut, Google akan menyetujui permintaanmu.

Masukkan kata sandi sesuai dengan ketentuan, yaitu mengandung kombinasi huruf, angka, dan simbol. Lebih baik jika terdapat kombinasi huruf besar dan kecil. Ikuti beberapa petunjuk yang muncul, seperti persetujuan persyaratan. Bisa juga menambahkan nomor telepon demi meningkatkan keamanan email baru tersebut. Setelah itu, akun email sudah bisa dipakai dengan cara memasukkan alamat email yang dipilih dan kata sandi yang dibuat.

2. Melalui Menu Google
Cara yang pertama adalah melalui Menu Google yang ada pada pengaturan Hp Android. Di sana dapat menambahkan Email yang sudah ada atau-pun bisa juga membuat yang baru secara langsung. Berikut caranya:
Daun.id

sumber: fotopribadi


- Buka Pengaturan (Settings) Pada Ponsel
- Cari dan Pilih Menu Google
- Tekan Tanda Panah Ke Bawah
- Setelah halaman akun terbuka, tekan tanda panah ke bawah seperti yang ditunjukan pada gambar diatas.
- Selanjutnya Tekan Tambah Akun Lain
- Pada gambar diatas, saya telah membuat beberapa Email. Jika ingin membuat lagi silahkan tekan Tambahkan akun lain.
- Scan Sidik Jari Atau Masukan PIN
- Untuk selanjutnya akan di suruh melakukan scan sidik jari atau memasukkan PIN yang biasa digunakan untuk masuk ke Hp kalian.
- Pada Halaman Login Gmail, Pilih Buat Akun
- Karena akan membuat akun baru, maka dapat memilih Buat Akun pada halaman Login Gmail.
- Pilih Jenis Email
Akan ada Dua Opsi pilihan jenis Email, Untuk Diri Sendiri dan Untuk Mengelola Bisnis Saya.
Daun.id

sumber: fotopribadi

- Setelah Itu Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang Kalian
- Masukkan Informasi Dasar yang berupa Tanggal lahir dan Gender
- Buat Alamat Email
Biasanya akan di berikan dua buah alamat Email yang sudah dibuatkan oleh pihak Google. Alamat tersebut dibuatkan berdasarkan nama yang telah masukkan tadi. Namun jika ingin membuat alamat sendiri, silakan pilih Buat Alamat Gmail Sendiri, lalu masukkan alamat Email yang ingin dibuat.
Daun.id

sumber: fotopribadi

- Buat Sandi (Password)
- Masukkan Nomer Telephone

Masukkan nomor telephone yang nantinya digunakan untuk Verifikasi Reset Sandi apabila lupa Password. Namun jika tidak ingin menambahkan nomer telephone, langsung scroll ke bawah dan pilih Lewati.

- Lalu tekan Berikutnya
Pada halaman Tinjauan info akun. Silakan cek apakah alamat Email sudah benar sesuai yang kita buat tadi. Jika sudah langsung saja tekan Berikutnya.

- Akan masuk ke halaman Privasi dan Persyaratan, Scroll ke bawah dan tekan Saya Setuju
- Selesai
Secara otomatis pada Menu Akun Ponsel, akan terlihat alamat Email yang dibuat tadi. Email akan tertaut ke dalam hp Android. jika ingin mengeluarkan dari Ponsel tinggal Hapus Salah Satu Akun Gmail.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya