Bacaan Sholat Subuh, Dari Niat Sampai Salam Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa pada sholat Shubuh, dari niat hingga salam lengkap teks Arab, Latin dan artinya."

Life | 07 December 2022, 17:25
Bacaan Sholat Subuh, Dari Niat Sampai Salam Teks Arab, Latin dan Artinya

Sholat subuh merupakan sholat dua rakaat yang dilaksanakan fajar muncul di ufuk timur.Jumlah rakaat sholat subuh adalah 2 rakaat yang akan diakhiri dengan satu salam. Dalam pelaksanaan sholat shubuh memiliki perbedaan dengan sholat lain, yaitu doa qunut. Doa qunut itu dibaca ketika masuk ke gerakan I’tidal.

Sholat Subuh dapat dilaksanakan sendiri maupun berjamaah. Namun sholat sebaiknya dilakukan sholat Subuh dengan berjamaah sebab tentu akan memperoleh keutamaan yang besar. Hal tersebut juga dijelaskan dalam surat Al Isra' ayat 78 yang berbunyi:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya: “Laksanakan lah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh, sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Niat Sholat Shubuh


Niat sholat Subuh sendiri

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhas-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena allah ta’ala.

Niat sholat Subuh menjadi imam

أُصَلِّي فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardhas-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena allah ta’ala.

Niat sholat Subuh sebagai makmum

أُصَلِّي فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardhas-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena allah ta’ala.

Tata cara sholat Subuh


Berikut ini adalah tata cara melaksanakan sholat Subuh, yakni:

  1. Diawali dengan membaca niat sholat subuh.
  2. Lalu, dialnjut dnegan membaca takbiratul ihram dengan mengucapkan Allahu akbar.
  3. Lalu membaca doa iftitah, hukumnya sunnah.
  4. Dialnjutkan dengan memebaca surat Al Fatihah.
  5. Membaca salah satu surat dari Al Quran.
  6. Ruku’ secara tuma’ninah.
  7. I’tidal secara tuma’ninah.
  8. Sujud secara tuma’ninah.
  9. Suduk di antara dua sujud secara tuma’ninah.
  10. Lalu, sujud kedua sambil membaca bacaan sujud.
  11. Setelahnya, berdiri guna mengerjakan rakaat kedua. - Gerakan rakaat kedua sama seperti di rakaat pertama hanya saja terdapat tambahan doa ketika kamu melaksanakan I’tidal.
  12. Di rakaat kedua ketika I’tidal kamu disarankan membaca doa qunut.
  13. Jika telah selesai membaca doa Qunut, lalu dilanjutkan dengan mengucapkan takbir Allahu Akbar tanpa mengangkat kedua tangan.
  14. Lalu sujud.
  15. Duduk tasyahud akhir.
  16. Terakhir, salam.


Doa qunut

Berikut ini bunyi doa qunut, yakni:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:
“ Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya