Obat Nyeri Sakit Gigi Paling Ampuh, Herbal dan Medis

"Berikut ini adalah daftar obat-obatan herbal dan medis yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi."

Life | 04 January 2023, 14:56
Obat Nyeri Sakit Gigi Paling Ampuh, Herbal dan Medis

Sakit gigi adalah kondisi yang terjadi ketika gigi kamu terasa nyeri dan berdenyut-denyut. Sakit gigi terjadi akibat saraf pada akar gigi atau di sekitar gigi teriritasi. Penyebab umum dari sakit gigi yang kamu alami bisa jadi berasal dari infeksi gigi, pembusukan, cidera atau gigi copot.

Sakit gigi juga dapat terjadi setelah ekstraksi atau bedah minor yang dilakukan untuk mengeluarkan gigi. Rasa nyeri juga berasal dari daerah lain dan memancar ke rahang sehingga seperti sakit gigi. Bagian lain yang umum terjadi termasuk sendi rahang, sakit telinga, sinus, hingga masalah jantung.

Untuk mengobati sakit gigi, terdapat beberapa bahan herbal dan obat-obatan medis yang bisa kamu gunakan. Berikut ini adalah cara mengobati nyeri sakit gigi paling ampuh baik dengan cara herbal atau pun medis. Namun sebelumnya kamu juga perlu mengetahui sebab-sebab sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab. Berikut ini adalah penyebab sakit gigi:

  • Kerusakan gigi

Kerusakan gigi terjadi karena pengikisan dan pembentukan lubang pada enamel atau lapisan terluar gigi. Saat bakteri dan sisa makanan menumpuk, keduanya akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan timbulnya lubang pada gigi (karies).

  • Gigi sensitif

Gigi sensitif ditkamui dengan nyeri dan ngilu akibat tereksposnya dentin gigi ke lingkungan luar. Dentin merupakan saluran di dalam gigi yang dipenuhi serabut saraf. Paparan suhu dingin atau panas pada saluran inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu dan tidak nyaman.

  • Radang gusi (gingivitis)

Masalah pada gusi dan area yang berdekatan dengan gigi juga dapat menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada gigi Kamu. Salah satu gangguan gusi yang umum terjadi yaitu radang gusi (gingivitis). Infeksi bakteri menyebabkan gusi bengkak dan meradang.

  • Infeksi gusi (periodontitis)

Jika tidak segera ditangani, gingivitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi gusi (periodontitis). Infeksi serius bisa merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi. Tanpa pengobatan, periodontitis bisa membuat gigi tanggal. Bahkan, penyakit ini mungkin bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung dan stroke.

  • Abses gigi

Abses gigi terjadi ketika ada kantong berisi nanah di area gigi dan gusi. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam lubang gigi yang tidak ditangani. Gejala yang bisa Kamu rasakan yakni nyeri yang berdenyut dan terasa menyakitkan. Selain itu, rasa sakit bisa muncul tiba-tiba dan menjadi lebih intens selama beberapa jam.

  • Impaksi gigi bungsu

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga bukanlah masalah bila tumbuh dengan normal. Namun, akan jadi masalah bila gigi ini tumbuh dengan posisi miring alias mengalami impaksi. Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring bisa merusak gigi sebelahnya, merusak saraf, serta menyebabkan kerusakan pada tulang rahang.

  • Gigi retak dan patah

Beberapa penyebab sakit gigi juga bisa berkaitan dengan cedera maupun trauma, seperti terjatuh ataupun menggigit sesuatu yang keras yang membuat gigi retak. Dalam kondisi cedera yang parah, Kamu juga mungkin mengalami gigi patah.

Kedua kondisi ini berpotensi menyebabkan penipisan atau terbukanya struktur gigi terluar. Akibatnya, bagian dentin gigi yang sangat sensitif terekspos ke lingkungan luar.

Obat Nyeri Sakit Gigi Herbal

Terdapat beberapa obat alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi, yaitu:

1. Lemon
Daun.id

pexels.com

Keasaman lemon dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon mengandung antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit gigi sederhana. Peras lemon dan teteskan pada gigi yang terasa sakit. Kamu bisa mencampurkan dengan perasan buah lemon dengan sedikit air menggunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.

2. Berkumur Air Garam
Berkumur dengan garam cukup efektif untuk mengobati sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan air garam cukup simpel. Pertama, larutkan satu sendok teh garam di air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut. Jangan sampai airnya tertelan. Berkumur air garam mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan.

3. Cuka Apel
Cuka apel juga bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit gigi. Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Caranya juga mudah, gunakan cuka apel dan berkumurlah setidaknya selama 30 detik.

4. Daun Jambu
Daun.id

unplash.com

Daun jambu bersifat analgesik, anti radang sekaligus sebagai antimikroba. Cara menggunakannya kunyahlah daun jambu merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Selain itu, kamu bisa juga dengan merebus lima lembar daun jambu. Setelah mendidih, diamkan rebusan tadi sampai suhunya menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, pakai rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Minyak Cengkeh
Cengkeh sendiri banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India sejak berabad-abad lamanya. Cengkeh atau minyak cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Minyak cengkeh ini mengandung eugenol yang bertindak, seperti anestesi alami untuk mematikan saraf.

Hal yang perlu diingat, hati-hatilah ketika menggunakan minyak cengkeh. Sebab, ketika tetesan minyak ini mengenai lidah atau gusi yang sensitif, maka bisa menimbulkan rasa nyeri. Alternatifnya, gunakanlah kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan olesi pada gigi yang sakit.

6. Kompres dengan Es
Daun.id

pexels.com

Caranya cukup simpel. Masukan es ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Kemudian, tempelkan es yang sudah terbungkus pada area gigi yang terasa sakit. Sensasi dingin dari es ini bisa “mematikan” saraf gigi yang terasa sakit. Selain menempelkan es, kita juga bisa sembari memijat daerah gigi yang terasa sakit dengan jari.

7. Teh Peppertmint
Teh peppermint juga bisa membantu untuk meredakan sakit gigi. Cobalah rebus daun teh ini hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air ini. Air kumur tersebut boleh ditelan atau dibuang. Teh peppermint mengandung zat tanin yang membantu untuk meredam rasa sakit gigi dan mengurangi pembengkakan.

Hal yang perlu digarisbawahi, beberapa bahan alami di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaatnya untuk kesehatan gigi.

Obat Nyeri Sakit Gigi Medis

Selain obat herbal, kamu juga dapat mengatasi rasa nyeri sakit gigi dengan menggunakan obat-obatan medis. Berikut ini adalah daftar obatnya:

1. Proris Ibuprofen
Daun.id

pexels.com

Obat yang pertama untuk atasi sakit gigi adalah proris Ibuprofen. Obat ini sering digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang akibat sakit gigi, demam, nyeri otot hingga nyeri rematik.

Sebaiknya konsumsi Proris Ibuprofen sesudah makan agar tidak melukai lambung. Ikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau yang dianjurkan oleh dokter.

2. Bufect Forte
Selanjutnya Bufect Forte. Obat sediaan sirup ini juga memiliki kandungan ibuprofen yang terkenal efektif meringankan rasa sakit.

Obat ini bisa dikonsumsi 3-4 kali dalam sehari sesudah makan. Ibu hamil, menyusui, dan anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini.

3. Sumagesic Strip
Selain Proris dan Bufect Ibuprofen, obat Sumagesic juga dapat Kamu jadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi.

Obat sakit gigi ini dikemas dalam bentuk sediaan tablet dengan kandungan bahan aktif paracetamol yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri akibat sakit gigi yang sudah tidak tertahan.

Aturan pakai obat sumagesic disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak cukup berikan 1/4-1/2 tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

4. Cap Kaka Tua
Daun.id

istimewa

Obat sakit gigi semi herbal Cap Kaka Tua dilengkapi dengan kandungan senyawa glycerin, creosote, etanol, dan caryophylli. Cap Kaka Tua umumnya juga digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dan membersihkan sela-sela gigi dari kuman yang menempel. Cara pakainya terbilang mudah. Bisa ditempelkan langsung pada gigi atau dengan cara dikumur.

5. Cooling 5 Orange
Cooling 5 orange termasuk obat semprot antiseptik yang dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Meski umumnya Cooling 5 digunakan untuk menghilangkan bakteri penyebab sariawan, nyatanya obat ini juga memiliki kandungan Phenol dan Benzocaine yang mampu meringankan rasa sakit.

Obat ini tidak untuk digunakan dalam jangka waktu yang sehingga jika kondisi sakit gigi tidak kunjung membaik sebaiknya segera periksakan ke dokter. Pada beberapa kondisi dokter mungkin akan meresepkan obat dengan kandungan zat aktif seperti asam mefenamat.

6. OAINS
Kamu juga bisa menggunakan obat dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) untuk meredakan sakit gigi, termasuk Ibuprofen dan Naproxen. Obat dalam golongan pereda nyeri (analgesik dan antipiretik) seperti Paracetamol atau Acetaminophen juga biasa diresepkan untuk mengatasi sakit gigi gejala ringan atau sedang.

Penggunaan obat pereda nyeri harus dengan resep dokter. Jangan menggunakan golongan obat dot merah sembarangan untuk mencegah risiko efek samping.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya