9 Contoh Hard Skill dalam CV yang Menarik untuk Dilirik HRD

"Cantumkan hard skill untuk menarik HRD."

Life | 15 February 2023, 20:00
9 Contoh Hard Skill dalam CV yang Menarik untuk Dilirik HRD

Hard skill merupakan kemampuan atau keahlian konkret dan terukur yang didapatkan lewat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan, atau praktik yang spesifik dan yang berhubungan dengan pekerjaan tertentu. Hard skill umumnya bisa diajarkan, dipelajari, dan diukur secara objektif lewat tes, sertifikasi, atau evaluasi kinerja.

Adapun contoh dari hard skill mencakup kemampuan bahasa, analisis data, manajemen proyek, keahlian IT, keahlian teknis pada bidang tertentu, dan lainnya. Hard skill sangat penting pada dunia kerja sebab mampu menunjukkan kualifikasi yang relevan dalam pekerjaan tertentu dan membantu kandidat tampak lebih kompeten dan cocok pada posisi yang dilamar.

Akan tetapi, selain hard skill, soft skill juga sangat penting pada dunia kerja sebab kemampuan interpersonal dan kepribadian seseorang bisa mempengaruhi cara kerja dan kinerja tim secara keseluruhan. Soft skill mencakup kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, fleksibilitas, dan lainnya. Kedua jenis keterampilan ini harus diimbangi dan diperhatikan guna mencari pekerjaan dan melamar pekerjaan.

Contoh hard skill

Adapun beberapa contoh hard skill yang bisa menarik perhatian HRD dalam CV, yakni:

1. Kemampuan bahasa asing
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kemampuan berbahasa asing misalnya bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Spanyol, atau bahasa asing lainnya bisa menjadi nilai tambah yang signifikan dalam CV kamu. Keterampilan ini sangat penting terutama apabila perusahaan kamu mempunyai klien atau partner bisnis dari negara-negara yang berbicara bahasa itu.

2. Analisis data

Kemampuan dalam menganalisis data, mengolah data, dan membuat laporan dapat menjadi kelebihan untuk seorang kandidat, khususnya bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau bisnis. Keterampilan ini juga bisa menunjukkan bahwa kamu mampu membantu perusahaan guna pengambilan keputusan strategis.

3. Kemampuan IT

Kemampuan di bidang teknologi informasi contohnya penggunaan perangkat lunak, hardware, pemrograman, atau jaringan komputer, sangat diperlukan di era digital seperti saat ini. Kemampuan IT ini dapat menunjukkan bahwa kamu mampu membantu perusahaan mengelola teknologi yang dipakai dalam operasional bisnis.

4. Manajemen Proyek

Manajemen proyek meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyelesaian proyek dengan tujuan mencapai hasil yang diharapkan. Ini merupakan keterampilan penting untuk perusahaan yang bekerja dengan proyek-proyek besar yang melibatkan banyak orang dan sumber daya.

Selain hard skill diatas, berikut ini beberapa contoh lainnya sebagai berikut:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

- Desain grafis dan pengembangan web.
- Keahlian teknis di bidang teknik seperti halnya desain mekanik atau teknik sipil.
- Keahlian administratif misalnya pengaturan jadwal, manajemen waktu, dan koordinasi.
- Keahlian teknis pada bidang ilmu pengetahuan contohnya biologi, kimia, atau fisika.
- Keterampilan pada bidang pemasaran, termasuk riset pasar, branding, dan strategi pemasaran.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya