Warganet Kreatif Bagikan Cara Belajar Jarak Jauh Tanpa Internet

"Belajar Jarak Jauh Tanpa Internet? Ada Solusinya! Temukan Cara Efektif Belajar Tanpa Koneksi Internet."

Life | 24 December 2023, 08:34
Warganet Kreatif Bagikan Cara Belajar Jarak Jauh Tanpa Internet

Pandemi Covid-19 telah menjadi tantangan terbesar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pemerintah dan sekolah harus berinovasi untuk melancarkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) demi mencegah penyebaran Covid-19. Sekolah yang berada di zona kuning, orange, dan merah diimbau untuk tetap melaksanakan PJJ guna menjaga kesehatan dan keselamatan semua pihak. Namun, dalam melaksanakan PJJ ini, guru dan siswa menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan kuota dan ponsel pintar. Ponsel pintar dan kuota internet menjadi perangkat utama dalam PJJ.

Untuk mengatasi tantangan ini, seorang warganet membagikan solusi alternatif dalam melaksanakan PJJ di tengah keterbatasan saat ini. Randy Bimantara, seorang pengguna Facebook, membagikan cara belajar jarak jauh menggunakan walkie talkie atau handy talkie (HT). Ia menuliskan, "Kalian terlalu sibuk dengan Zoom dan Internet, sehingga lupa ada alat komunikasi yang murah bahkan gratis. Tidak perlu menggunakan perangkat Motorola yang mahal, cukup menggunakan Firstcom dengan harga 200-300 ribu rupiah, bisa digunakan tanpa kuota. Terima kasih kepada RAPI Sumbawa." Postingan ini diunggah pada Rabu, 23 Juli 2020.

Dalam unggahan tersebut, terlihat seorang guru yang sedang menggunakan HT untuk melaksanakan PJJ, serta beberapa siswa yang belajar dari rumah menggunakan perangkat HT.

Hingga saat ini, postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 11.600 kali. Kreativitas ini mendapatkan apresiasi dari pengguna media sosial.

"Mantap om biar tidak memberatkan orang tua," tulis Anas Azha.

"Ini salah satu solusi, tugas yang dikerjakan dikumpulkan secara koordinir... mantul," tulis Mbak Riend.

"Pak Dee Zul menggarap ini dengan baik untuk kemajuan bangsa," tulis Eko.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya