5 Matematikawan Hebat yang Membuat Terobosan di Dunia Modern

"Dulu, ahli matematika telah mengubah dunia dengan pemikiran dan penemuan mereka. Mereka telah menciptakan banyak hal yang kita nikmati saat ini, seperti ponsel, satelit, hula hoop, dan mobil. Sejarah ..."

Life | 14 January 2024, 04:34
5 Matematikawan Hebat yang Membuat Terobosan di Dunia Modern

Kebanyakan orang nggak suka Matematika. Mungkin karena waktu ujian Matematika, kita nggak siap dengan baik, jadi jadi mimpi buruk buat kita kalau harus ulang. Padahal, Matematika itu ilmu yang mempelajari hal-hal abstrak, jadi butuh guru yang baik buat bimbing kita.

Tapi, sebenarnya gampang aja kalau kita anggap diri kita sebagai penggemar Matematika. Matematika itu penting banget dalam perkembangan masyarakat. Sejarah membuktikan bahwa ahli Matematika telah memajukan pemahaman kolektif dan mendorong banyak hal. Pikiran dan penemuan terus berkembang sepanjang waktu, dari ponsel, satelit, hula hoop, sampai mobil.

Dari ide-ide brilian para ahli Matematika, dunia terus berkembang. Nah, ini dia lima ahli Matematika yang karyanya terus membantu dunia modern.

1. Isaac Newton

![Isaac Newton](https://www.tamanpendidikan.com/storage/84UrzXuo11oMXCsSjuvpi0ncpavWNKbPINfl8EZ0.jpeg)

Sir Isaac Newton adalah seorang ahli Matematika asal Inggris. Dia dianggap sebagai ilmuwan terhebat sepanjang masa dan juga disebut sebagai bapak fisika klasik. Newton adalah penemu kalkulus dan mengembangkannya menjadi kalkulus diferensial dan integral. Dia juga membangun teleskop refleksi pertama dan berkontribusi dalam bidang mekanika klasik melalui karyanya yang berjudul 'Philosophiae Naturalis Principia Mathematica' yang diterbitkan pada tahun 1689. Newton juga berhasil menjelaskan teori binomial, mengembangkan 'Metode Newton' untuk pendekatan nilai nol suatu fungsi, dan memberikan kontribusi dalam kajian deret pangkat. Karyanya masih sangat berpengaruh di kalangan ilmuwan sebagai kontribusi terbesar dalam bidang sains.

2. Carl Gauss

![Carl Gauss](https://www.tamanpendidikan.com/storage/i8v9N4EkWV7KpVdOHNaDvPxoqtS4Rw1z1FY3XKTA.jpeg)

Isaac Newton memang ilmuwan terhebat sepanjang masa, tapi kalau ada ilmuwan kedua yang juga bisa disebut sebagai ilmuwan terhebat, itu adalah Carl Gauss. Carl Gauss, atau nama lengkapnya Carl Friedrich Gauss, lahir dari keluarga miskin di Jerman pada tahun 1777. Dalam waktu singkat, Gauss berhasil menunjukkan bakatnya sebagai ahli Matematika dengan ide-ide briliannya. Salah satu buktinya adalah ketika dia membuat gurunya terkagum-kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung jumlah deret matematika seperti 1+2+3+...+100. Dalam bukunya yang berjudul 'Arithmetical Investigations', Gauss membahas prinsip-prinsip teori bilangan, yang merupakan studi tentang bilangan bulat. Kontribusinya dalam teori bilangan sangat penting dalam pengembangan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah yang membutuhkan teori bilangan.

3. John von Neumann

![John von Neumann](https://www.tamanpendidikan.com/storage/1kfzAK87ke9iyFfNqMRoe9UYB2aAqlYUZnim4x9A.jpeg)

John von Neumann adalah seorang ahli Matematika yang berasal dari Hungaria-Jerman. Dia memiliki kontribusi penting dalam bidang teori himpunan, ilmu komputer, dan bidang lain yang berkaitan dengan Matematika. Keberadaannya sangat membantu dalam merancang arsitektur komputer yang menjadi dasar hampir semua komputer yang ada saat ini. Von Neumann mengintegrasikan ilmu murni dan terapan. Selain mendapatkan gelar Ph.D. dalam Matematika pada usia 22 tahun, dia juga mendapatkan gelar di bidang teknik kimia untuk memenuhi keinginan ayahnya. Von Neumann dianggap sebagai ahli Matematika terakhir yang hebat. Dia bekerja di Universitas Princeton dengan Einstein di Institut Studi Lanjutan. Sebelum meninggal pada tahun 1957, von Neumann membuat penemuan penting dalam teori himpunan, geometri, mekanika kuantum, teori permainan, statistika, ilmu komputer, dan juga menjadi salah satu anggota penting dalam Proyek Manhattan.

4. Alan Turing

![Alan Turing](https://www.tamanpendidikan.com/storage/HAHUGZuFMs1rcB4pB1emdlNT3quIPlGQuXeRQ84G.jpeg)

Alan Turing sangat berpengaruh dalam pengembangan ilmu teoritis. Dia dijuluki sebagai bapak ilmu komputer dan merupakan seorang ahli Matematika asal Inggris dengan kecerdasan yang luar biasa. Selama Perang Dunia II, Turing berhasil membongkar kode mesin Enigma yang digunakan oleh Nazi. Kemampuannya dalam memecahkan kode ini memberikan keuntungan besar bagi Sekutu dalam memenangkan perang. Kontribusinya dalam bidang ilmu komputer masih sangat berarti hingga saat ini. Rancangan 'mesin Turing' yang dia ciptakan masih menjadi dasar operasi komputer. Sayangnya, pada tanggal 8 Juni 1954, Turing ditemukan tewas karena bunuh diri. Sebelumnya, dia ditangkap dan diadili karena orientasinya seksual. Dia dianggap bersalah dan dihukum menjalani terapi hormon untuk mengurangi libido, bahkan kehilangan izin keamanannya. Namun, fakta-fakta yang dihiasi dengan namanya merupakan penghargaan tertinggi atas kontribusinya dalam bidang Matematika.

5. Benoit Mandelbrot

![Benoit Mandelbrot](https://www.tamanpendidikan.com/storage/LTo7XTw0HyYkV77bdJzaetwFxw9WpNP14eUSwfJ4.jpeg)

Benoit Mandelbrot adalah seorang ahli Matematika yang lahir di Polandia. Dia dikenal karena penemuannya yang hebat, yaitu geometri fraktal. Kontribusinya dalam bidang geogebra fraktal dan pengembangan teori 'kekasaran dan kesamaan diri' dalam alam sangat diakui. Keberadaan fraktal telah membawa perubahan dalam bidang gambar yang dihasilkan oleh komputer. Formula fraktal juga digunakan dalam merancang antena ponsel dan chip komputer yang memanfaatkan sifat alami fraktal untuk meminimalkan ruang yang terbuang. Pada tahun 1936, Mandelbrot harus melarikan diri ke Prancis bersama keluarganya untuk menghindari penganiayaan Nazi. Saat bekerja di IBM, dia dapat menerapkan kemampuan komputer dalam bidang Matematika. Pada tahun 1979, Mandelbrot menemukan himpunan angka yang sekarang dikenal sebagai himpunan Mandelbrot. Penemuan ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling indah dan menakjubkan dalam sejarah Matematika. Pada tahun 2010, Mandelbrot meninggal dunia akibat kanker pankreas.

Itulah lima ahli Matematika yang karyanya terus membantu dunia modern. Mereka adalah Isaac Newton, Carl Gauss, John von Neumann, Alan Turing, dan Benoit Mandelbrot. Kontribusi mereka dalam bidang Matematika sangat besar dan masih berpengaruh hingga saat ini.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya