10 Fakta Seru Tentang Twitter: Dari Si Burung Biru Sampai Barack Obama!

"Bahkan pengguna Twitter aktif pun mungkin tidak tahu nama burung biru itu. Temukan lebih lanjut di sini! #Twitter #burungbiru"

Life | 16 January 2024, 15:59
10 Fakta Seru Tentang Twitter: Dari Si Burung Biru Sampai Barack Obama!

Twitter adalah platform media sosial yang sangat populer. Saat ini, lebih dari 300 juta pengguna aktif mengunjungi platform ini setidaknya sekali sebulan. Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan di New York City, Boston, dan San Antonio. Hingga Mei 2015, Twitter memiliki lebih dari 500 juta pengguna, dengan 302 juta di antaranya adalah pengguna aktif.

Meskipun banyak pengguna tahu tentang batasan 280 karakter untuk tweet, masih ada banyak fakta menarik tentang Twitter yang belum diketahui oleh sebagian orang. Inilah 10 fakta menarik tentang Twitter yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

1. Sekitar 350.000 Tweet Diposting Setiap Menit

Setiap menit, rata-rata 350.000 tweet baru diposting di Twitter. Ini berarti ada lebih dari 500 juta tweet yang diposting setiap hari. Meskipun angka ini terlihat besar, dibandingkan dengan Facebook yang memiliki rata-rata 3 juta kiriman baru per menit, Twitter masih kalah jumlahnya.

2. Ide Awalnya Bernama FriendStalker

Pada awalnya, Twitter hampir saja diberi nama FriendStalker. Salah satu pendiri Twitter, Evan Williams, mengusulkan nama ini. Namun, pendiri lainnya, Noah Glass, menemukan kata "Twitter" dalam kamus dan memutuskan untuk menggantinya. Dan begitulah Twitter lahir.

3. Menurut Vatikan, Anda Menjadi Orang yang Lebih Baik Jika Mengikuti Paus di Twitter

Vatikan dan Gereja Katolik percaya bahwa mengikuti Paus di Twitter dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. Mereka menganggap bahwa dengan mengikuti Paus dan mengikuti acara Katolik lainnya di Twitter, seseorang dapat mengurangi waktu yang dihabiskan di hal-hal yang tidak bermanfaat dan fokus pada hal-hal yang lebih positif.

4. Hashtag Pertama Diperkenalkan Tahun 2007

Chris Messina adalah orang yang pertama kali memperkenalkan hashtag ke dunia digital. Hashtag dirancang untuk membantu pengguna terhubung dengan tema atau topik tertentu. Pada awalnya, banyak yang meragukan apakah hashtag akan populer, tetapi sekarang hashtag telah menyebar ke berbagai platform media sosial seperti Facebook, Snapchat, dan Instagram.

5. Perpustakaan Kongres Amerika Dulu Mengarsipkan Semua Tweetnya

Pada tahun 2010, Perpustakaan Kongres Amerika mulai mengarsipkan semua tweet yang diposting di Twitter. Namun, pada tahun 2017, mereka memutuskan untuk lebih selektif dalam mengarsipkan tweet. Keputusan ini diambil karena peningkatan jumlah tweet yang diposting setiap hari.

6. Ini Nama Si Burung Biru Twitter

Si burung biru yang menjadi ikon Twitter memiliki nama Larry. Nama ini tidak dikonfirmasi hingga awal tahun 2012. Sebelumnya, banyak spekulasi tentang nama burung tersebut, dan salah satu manajer Twitter, Ryan Sarver, mengungkapkan bahwa nama burung itu adalah Larry.

7. Siapa Pengikut Twitter Terbanyak?

Pada tahun 2019, Barack Obama memiliki jumlah pengikut terbanyak di Twitter dengan 125 juta pengikut. Sebelumnya, Katy Perry adalah orang yang memiliki pengikut terbanyak, tetapi sebagian besar pengikut selebriti seringkali merupakan akun palsu.

8. Tweet Pertama Diposting pada 21 Maret 2006

Jack Dorsey, salah satu pendiri Twitter, adalah orang pertama yang memposting tweet di platform ini. Pada 21 Maret 2006, Jack Dorsey memposting tweet pertama yang berbunyi, "Baru saja menyiapkan twttr saya."

9. Hari-hari Awal Twitter Bukannya Tanpa Masalah

Pada tahun 2007, Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat. Namun, server Twitter tidak dapat menangani jumlah tweet yang diposting, sehingga sering terjadi kelebihan beban. Ketika server Twitter mengalami masalah, halaman dengan gambar "Fail Whale" akan ditampilkan.

10. Tweet yang Paling Banyak di-retweet Sepanjang Masa

Pada Maret 2014, Ellen DeGeneres mengambil foto selfie yang menjadi tweet paling banyak di-retweet sepanjang masa. Foto tersebut menampilkan Ellen dan beberapa selebriti lainnya seperti Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, dan Meryl Streep. Tweet ini berhasil mendapatkan lebih dari tiga juta retweet dan menjadi salah satu tweet yang paling populer.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya