5 Fakta Kendaraan Tercepat di Dunia: Dari Motor Hingga Pesawat Terbang yang Bikin Kamu Terkagum-kagum!

"Si penunggang harus memiliki keberanian dan keberanian untuk mengambil risiko agar dapat mencapai batas maksimal kendaraan."

Life | 17 January 2024, 19:16
5 Fakta Kendaraan Tercepat di Dunia: Dari Motor Hingga Pesawat Terbang yang Bikin Kamu Terkagum-kagum!

Sejak zaman mesin pembakaran pertama kali digunakan untuk menggerakkan kendaraan di era Revolusi Industri, manusia terus berinovasi untuk menciptakan mesin yang bisa melaju lebih cepat, lebih efisien, dan dengan biaya yang lebih terjangkau. Perusahaan-perusahaan otomotif kelas dunia pun berlomba-lomba menciptakan terobosan dalam menciptakan mesin untuk kendaraan tercepat. Tentu saja, kecepatan bukanlah satu-satunya hal yang diutamakan, keselamatan juga menjadi prioritas.

Seperti yang dikatakan oleh mantan pembalap Mario Andretti, "Jika semuanya tampak terkendali, Anda tidak melaju dengan cukup cepat." Kutipan ini benar adanya. Untuk mencapai batas maksimal kendaraan, seseorang harus memiliki keberanian dan berani mengambil risiko. Meskipun kendaraan memiliki batas maksimal, kemampuannya akan ditentukan oleh keberanian pengendara.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa kendaraan tercepat di dunia yang pernah dibuat dan sebagian dari mereka bahkan memecahkan rekor dunia. Ada kendaraan yang dibuat secara khusus dan ada juga yang diproduksi massal sehingga dapat dimiliki oleh siapa saja dengan biaya yang cukup.

Berikut adalah 5 kendaraan tercepat di dunia:

1. Mobil Tercepat di Dunia

Ada banyak kontroversi tentang mobil mana yang sebenarnya dapat disebut sebagai mobil tercepat di dunia. Menurut Guinness World Records, pada tahun 2013, Bugatti Veyron 16.4 Super Sport memegang rekor sebagai mobil tercepat setelah mencapai kecepatan tertinggi 431.072 km/jam. Namun, pada tahun 2014, Hennessey Venom GT mencapai kecepatan 435,31 km/jam yang lebih cepat dari Veyron. Namun, ada perdebatan tentang bagaimana kecepatan tertinggi diukur. Kecepatan Bugatti diukur setelah dua lari dilakukan, sedangkan Venom diukur dengan satu lari dalam satu arah sehingga kurang dapat diandalkan.

2. Sepeda Motor Tercepat di Dunia

Menentukan sepeda motor tercepat di dunia lebih sulit daripada mobil karena sebagian besar sepeda motor memiliki kesepakatan tidak tertulis tentang kecepatan tertinggi. Sebagian besar sepeda motor dibatasi hingga kecepatan 186 mph (299 km/jam), yang sudah sangat cepat. Namun, ada beberapa sepeda motor non-produksi yang mencapai kecepatan yang lebih tinggi. Salah satunya adalah Dodge Tomahawk yang mampu mencapai kecepatan sekitar 400 mph (645 km/jam). Namun, jika kita berbicara tentang sepeda motor produksi, Suzuki Hayabusa dianggap sebagai yang tercepat dengan kecepatan mencapai 248 mph (399 km/jam).

3. Kereta Tercepat di Dunia

Dalam hal kereta api, ada perbedaan yang signifikan antara kereta bertenaga mesin dan konseptual. Kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh kereta api adalah 574,8 km/jam oleh versi modifikasi SNCF Prancis dari TGV yang disebut V150. Namun, jika kita berbicara tentang kereta tercepat di dunia secara umum, pemenangnya adalah Maglev. Kereta magnetik Jepang ini berhasil mencapai kecepatan tertinggi 603 km/jam saat dioperasikan oleh Central Japan Railway di jalur uji coba di Prefektur Yamanashi, barat Tokyo. Maglev menggunakan magnet bermuatan listrik untuk "mengapung" di atas lintasan dan didorong oleh pulsa magnetik.

4. Pesawat Tercepat di Dunia

Meskipun bukan kendaraan produksi, pesawat tercepat yang pernah ada adalah North American Aviation X-15A-2. Pesawat ini mencapai kecepatan 7.270 km/jam pada tanggal 3 Oktober 1967 di atas Gurun Mojave, AS. Rekor ini belum terpecahkan hingga saat ini. Namun, jika kita berbicara tentang pesawat komersial, Boeing 747 adalah yang tercepat dengan kecepatan 92% dari kecepatan suara.

5. Kapal Tercepat di Dunia

Rekor kecepatan air dunia resmi ditetapkan pada tahun 1978 oleh Ken Warby dengan mencapai kecepatan 275,97 knot (511,11 km/jam) di Blowering Dam Lake, New South Wales, Australia menggunakan pesawat hidro bertenaga jet Spirit of Australia. Namun, jika kita berbicara tentang kapal produksi, XSR48 adalah kapal diesel tercepat yang pernah dibuat dengan kecepatan lebih dari 161 km/jam.

Itulah beberapa kendaraan tercepat di dunia yang pernah ada. Kecepatan ini merupakan hasil inovasi manusia dalam menciptakan mesin yang mampu melaju dengan cepat. Meskipun kecepatan adalah hal yang menarik, kita juga harus selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya