7 Cara Mengatasi Kaki Kram, Hindari Olahraga Terlalu Berat

"Kaki kram merupakan kondisi yang sudah umum terjadi, dan hampir dialami oleh sebagian besar orang"

Life | 15 January 2022, 14:13
7 Cara Mengatasi Kaki Kram, Hindari Olahraga Terlalu Berat

Kondisi kaki kram bisa terjadi saat orang sedang dalam kondisi tidur ataupun dalam keadaan santai. Kaki kram dapat berlangsung dengan waktu yang singkat, bahkan juga bisa dalam waktu yang panjang. Hal ini tergantung penyebabnya.

Kaki kram dapat menimbulkan sensasi nyeri yang sangat luar biasa, bahkan terjadi selama berjam-jam hingga berhari-hari. Kaki kram merupakan pertanda sedang terjadi kontraksi atau menegangnya otot pada bagian kaki. Biasanya seringkali terjadi pada malam hari.

Pada umumnya kondisi ini dianggap sesuatu yang tidak berbahaya, meski demikian kondisi ini dapat mengganggu. Terlebih ketika terjadi kaki kram pada saat tengah beraktivitas. Pasalnya kaki kram dapat membuat kaki sangat susah untuk digerakkan.

Sensasi kaki kram dapat menjalar ke otot-otot kaki yang lainnya. Misalnya pada betis, paha yang tiba-tiba dapat terasa kaku ketika sedang terjadi kaki kram. Kedatangannya dapat mengganggu, maka harus segera dicari penyebabnya untuk mengetahui cara mengatasinya.

Penyebab terjadinya kaki kram

Ada beberapa kemungkinan dan kondisi yang menjadi penyebab kaki kram. Ketika sedang tidur, sebagian orang tanpa sengaja menekuk kakinya dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga memperpendek otot betis dan dapat menyebabkan kaki kram.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab kaki kram :

- Kehamilan, kemungkinan besar seorang ibu hamil dapat mengalami kaki kram yang lebih sering. Kondisi ini dapat terjadi karena kekurangan kalium dan magnesium.

- Tendon mengalami pemendekan, tendon merupakan suatu penghubung otot dan tulang. Tendon sewaktu-waktu dapat memendek secara alami, kondisi ini dapat menyebabkan kram. Jika kondisi ini terjadi pada kaki dapat menyebabkan kaki kram.

- Olahraga terlalu berat, olahraga terlalu berat bisa memicu kram otot pada bagian tubuh tertentu. Kemungkinan hal ini juga dapat menyebabkan kram pada otot kaki, sehingga dapat menyebabkan kaki kram.

- Berdiri dengan waktu yang cukup lama, terkadang sebagian orang memiliki pekerjaan yang mengharuskannya untuk berdiri dengan waktu yang cukup panjang. Kondisi ini dapat menjadi penyebab terjadinya kaki kram.

- Penembakan saraf abnormal, ketika terjadi peningkatan aktivitas pada saraf abnormal pada kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan kaki kram.

- Dehidrasi, selain dapat membuat tubuh tampak kering, dehidrasi juga dapat menyebabkan terjadinya kaki kram. Kurangnya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menjadi penyebab kaki kram.

- Posisi duduk yang kurang benar, duduk dalam jangka waktu yang panjang. Terlebih saat duduk dengan menyilangkan kaki atau bersila, ternyata dapat membuat otot betis memendek dan menyebabkan kaki kram.

Daun.id

sumber; pexels

- Malas bergerak, seseorang yang sedikit bergerak dapat memicu terjadinya kaki kram. Jarang gerak atau diam dalam kondisi yang sama dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu kaki kram.

- Peredaran darah kurang lancar, ketika terjadi peredaran darah kurang lancar pada kaki dapat menyebabkan kaki kram.

- Kekurangan vitamin B dan E, juga dapat menyebabkan munculnya kram pada tangan maupun kaki. Kedua jenis vitamin tersebut, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi guna menunjang fungsi saraf. Ketika tubuh kekurangan nutrisi dari kedua vitamin tersebut dapat mengalami kram pada anggota tubuh, termasuk kaki kram.

Itulah beberapa kondisi yang menjadi penyebab kaki kram, kenalilah beberapa penyebabnya untuk memudahkan mencari cara mengatasi kaki kram. Cara mengatasi kaki kram juga beragam cara sesuai dengan penyebabnya.

Cara Mengatasi kaki kram

Ketika terjadi kaki kram, kaki dapat terasa kejang dan sulit untuk digerakkan, bahkan terasa nyeri. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki kram.

Berikut ini cara mengatasi kaki kram ;

1. Minum obat pereda

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kaki kram juga dapat direda dengan menggunakan obat pereda nyeri, sakit, peradangan dan sebagainya. Ketika kram kaki terjadi dalam jangka waktu yang agak lebih panjang, minum obat pereda dapat mengatasi kaki kram.

2. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pexels

Salah satu penyebab terjadinya kaki kram ialah dehidrasi, atau kondisi tubuh kekurangan banyak cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara mengatasi kram kaki pada kondisi seperti ini dapat dilakukan dengan minum lebih banyak air putih.

3. Memijat kaki kram

Ketika terjadi kram kaki, kaki dapat terasa tegang dan terasa sakit ketika digerakkan atau tersentuh. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memijat kaki yang terasa kejang secara pelan-pelan, hingga kejang sedikit demi sedikit menghilang dan mengatasi kaki kram.

4. Istirahat dengan cukup

Daun.id

sumber; pexels

Ketika seseorang sedang beristirahat, tubuh akan melakukan perbaikan saraf secara alami, termasuk saraf kaki. Sehingga dapat menyembuhkan beberapa saraf, dan dapat mengatasi ketegangan saraf yang menyebabkan kram. Istirahat dengan cukup dapat mengatasi kaki kram.

5. Mengompres hangat kaki

Otot kaki dapat mengalami ketegangan ketika sedang terjadi kaki kram, ketegangan otot yang terjadi dapat disembuhkan dengan mengompres hangat area kaki. Tentunya cara ini bisa digunakan dengan berbagai versi, mulai dengan mandi air hangat, kompres dengan handuk, dan lain sebagainya sehingga dapat mengatasi kaki kram.

6. Meregangkan kaki kram

Daun.id

sumber; pexels

Kram kaki juga dapat merambat ke bagian betis, coba luruskan kaki untuk mengatasi kondisi kram seperti ini. Lenturkanlah kaki kram, atau angkatlah beberapa bagian kaki sehingga dapat kembali lentur. Cara ini dapat mengatasi kaki kram.

7. Gunakan tumit berjalan

Ketika terjadi kaki kram, kondisi ini dapat membuat seseorang kesulitan untuk berjalan. Biasanya, akan berjalan dengan menggunakan tumit untuk menghindari sentuhan yang menyebabkan kaki sensitif. Secara tidak langsung, ternyata cara ini juga dapat membuat kaki terasa rileks sehingga dapat mengatasi kaki kram.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki kram, cobalah beberapa cara di atas. Jika kaki kram masih belum bisa diatasi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Gejala kaki kram

Daun.id

sumber; pexels

Ketika seseorang mengalami kaki kram dapat menimbulkan beberapa gejala. Mulai dari rasa sakit yang ringan, hingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Selain itu kaki kram, juga menimbulkan gejala otot kaki terasa tegang, dan kaki dapat berdenyut hebat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya