7 Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa, Hindari Alkohol dan Rokok

"Cegukan merupakan kondisi gangguan yang terjadi pada diafragma"

Life | 26 January 2022, 16:05
7 Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa, Hindari Alkohol dan Rokok

Terjadinya kejang pada diafragma dapat menyebabkan terjadi cegukan, kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Proses terjadinya cegukan diakibatkan oleh udara yang masuk ke paru-paru secara mendadak karena kejang diafragma.

Tanpa disengaja cegukan dapat menimbulkan suara "hik" yang berulang-ulang secara menerus. Kondisi ini dapat terjadi selama beberapa menit, bahkan terjadi selama berjam-jam, hingga berhari-hari. Meski tidak berbahaya, tetapi jangan diacuhkan.

Diafragma merupakan membran otot yang memisahkan antara rongga dada dan rongga perut. Ketika sedang mengalami kontraksi dapat menyebabkan pita suara menutup secara tiba-tiba dan dapat mengeluarkan bunyi "hik".

Selain disebabkan oleh beberapa hal atau kondisi di atas, cegukan juga dapat terjadi karena beberapa kebiasaan sehari-hari. Misalnya, mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang sangat tinggi.

Mengenal penyebab cegukan pada orang dewasa dan anak-anak

Cegukan dapat terjadi dalam waktu yang singkat, bahkan juga dapat terjadi dalam jangka waktu yang sangat panjang. Tentunya untuk mengatasi cegukan, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab cegukan pada orang dewasa juga berbeda dengan cegukan pada anak-anak.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab cegukan pada orang dewasa;

- Kebiasaan merokok dapat menyebabkan cegukan pada orang dewasa.
- Minuman beralkohol dan jenis minuman yang bersoda dapat menyebabkan cegukan pada orang dewasa.
- Terburu-buru dan tergesa-gesa dapat menyebabkan terjadinya cegukan pada orang dewasa.
- Terlalu gembira atau terlalu sedih dapat menyebabkan cegukan pada orang dewasa.
- Terjadi kembung pada perut dapat menyebabkan cegukan pada orang dewasa.
- Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas sehingga menyebabkan cegukan pada orang dewasa.
- Minuman dengan suhu tinggi atau minuman panas juga dapat menjadi pemicu cegukan pada orang dewasa.

Selain beberapa penyebab di atas, pada kasus yang lain cegukan bisa berlangsung lebih dari dua hari. Cegukan yang berlangsung lama tidak bisa disepelekan, sebab bisa jadi ada kaitannya dengan beberapa masalah kesehatan.

Ada beragam kondisi yang dapat menyebabkan cegukan pada anak. Berikut ini penyebab cegukan pada anak :

- Minuman bersoda dapat menyebabkan cegukan pada anak.
- Perubahan suhu lingkungan yang ekstrim atau secara tiba-tiba dapat menyebabkan cegukan pada anak.
- Terlalu banyak makan yang menyebabkan perut penuh, juga dapat memicu cegukan pada anak-anak.
- Rasa emosional yang kurang terkontrol dengan baik dapat menyebabkan terjadinya cegukan pada anak-anak.
- Terlalu banyak minum air dapat menyebabkan cegukan pada anak-anak.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya cegukan pada anak-anak. Kenalilah beberapa tersebut, agar dapat mengatasi cegukan pada anak dengan tepat dan benar.

Cara mencegah cegukan pada orang dewasa

Sebelum datangnya cegukan dapat dilakukan pencegahan agar cegukan tidak terjadi. Ada berbagai macam yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya cegukan pada orang dewasa. Berikut ini cara mencegah terjadinya cegukan pada orang dewasa;

Daun.id

sumber; pexels

- Kurangi konsumsi makanan pedas dan suhu yang panas
- Kurangi konsumsi minuman dengan suhu yang sangat panas
- Kurangi konsumsi minuman bersoda dan hindari minum alkohol secara berlebihan
- Ketika makan jangan tergesa-gesa atau terlalu cepat
- Hindari kebiasaan merokok
- Kelola stres dengan baik atau mengarahkannya ke hal-hal yang positif

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cegukan pada orang dewasa, melakukan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati.

Cara mengatasi cegukan pada orang dewasa

Tenang jangan cemas, cegukan pada orang dewasa dapat diatasi dengan beberapa cara. Tentunya ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa. Salah satunya dengan minum air putih lebih banyak daripada sebelumnya.

Berikut ini cara mengatasi cegukan pada orang dewasa :

1. Mencoba bernapas dengan menggunakan kantong kertas

Daun.id

sumber; pexels

Bernapas menggunakan kantong kertas juga dapat mengatasi cegukan pada orang dewasa, prosesnya siapkanlah kantong kertas yang kuat. Gunakan untuk menutup mulut dan hidung kemudian gunakanlah bernapas di dalam kantong tersebut. Ambil napas pelan-pelan, lama kelamaan cegukan akan menghilang dan teratasi.

2. Mengambil napas sambil mencubit hidung

Lakukanlah cara tersebut, sambil menutup mulut secara berulang-ulang dan perlahan. Hingga tanpa disadari, dengan sendirinya dapat mengatasi cegukan pada orang dewasa. Cara ini merupakan cara yang lumrah untuk digunakan mengatasi cegukan pada orang dewasa.

3. Berbaring dengan rileks

Daun.id

sumber; pexels

Berbaringlah dengan rileks untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Kejang pada diafragma barangkali disebabkan oleh beberapa otot yang tegang, maka beristirahatlah sejenak. Agar tubuh dapat terasa segar kembali dan dapat mengatasi cegukan pada orang dewasa.

4. Melatih pernapasan secara sederhana

Mengatasi cegukan pada orang dewasa bisa dilakukan dengan melakukan pelatihan pernapasan secara sederhana. Latihlah pernapasan secara rutin, misalnya dengan menahan nafas 10 detik kemudian hembuskan juga selama 10 detik. Lakukanlah dengan rileks dan tenang.

5. Minum air putih lebih banyak

Daun.id

sumber; pexels

Minumlah air putih dingin secara perlahan, selain itu juga bisa dengan air putih yang hangat. Air putih juga sangat dikenal memiliki banyak kelebihan untuk tubuh, khususnya kesehatan dan pemenuhan kebutuhan cairan tubuh. Selain itu dapat digunakan untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa.

6. Memeluk lutut dalam keadaan duduk

Duduklah lalu tekuk lutut dan posisikan lutut di depan dada, peluklah lutut dan condongkan badan selama kurang lebih 2 menit. Secara tidak langsung posisi ini bisa memberi tekanan pada diafragma yang kejang, sehingga dapat mengatasi cegukan pada orang dewasa.

7. Rilekskan diafragma

Cara mengatasi cegukan berikutnya yaitu dengan menekan diafragma sehingga menjadikannya rileks. Saat menekannya jangan terlalu kencang, sebab bisa berdampak fatal jika ditekan terlalu kencang. Merilekskan diafragma dapat mengatasi cegukan pada orang dewasa.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa. Jika cegukan masih belum teratasi dengan beberapa cara di atas. Maka, jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter guna mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya