6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada HP, Hindari Penyebabnya

"Layar HP yang terlalu terang menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis."

Tech | 27 January 2022, 16:33
6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada HP, Hindari Penyebabnya

Seiring dengan perkembangan teknologi yang maju, maka HP adalah salah satu teknologi yang turut mengikuti arusnya. Oleh karena itu, tak heran memiliki HP dengan kecanggihan tinggi menjadi impian sebagian banyak orang.

Dengan memiliki HP kecanggihan tinggi akan semakin memudahkan seseorang untuk berkomunikasi, bahkan lebih dari itu. Sebagai contoh adalah HP dengan ukuran baterai yang tinggi akan membuat durasi HP lebih lama, sehingga tidak perlu me charge HP terlalu sering.

Bahkan bukan hanya ukuran baterai yang tinggi, durasi me charge yang singkat juga sudah ada saat ini.

Namun bagaimana jika HP yang Anda miliki baterainya menjadi cepat habis. Pasti akan mengurangi produktifitas yang Anda lakukan. Sebelum Anda mengatasinya, lebih baik jika Anda mengetahui penyebab baterai HP cepat habis terlebih dulu.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai HP Anda menjadi cepat habis, biasanya hal ini sering Anda lakukan namun tidak pernah menyadarinya.

Berikut adalah cara mengatasi baterai HP cepat habis, antara lain:

- Cahaya layar ponsel
Cahaya layar HP yang teralu terang adalah salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Cahaya yang lebih cerah dan lebih berwarna akan menghabiskan daya baterai yang lebih banyak.

Untuk mengatasinya Anda bisa mengurangi kecerahan layar, menggunakan kecerahan adaptif, mengurangi kecepatan refresh layar, mengurangi waktu penguncian layar otomatis, dan menggunakan wallpaper hitam.

- Area dengan penerima sinyal buruk
Area dengan penerimaan sinyal yang buruk akan membuat baterai HP menjadi cepat habis. Ponsel terus berkomunikasi dengan menara jaringan terdekat dan mencoba terus terhubung.

Cara mengatasi sinyal untuk mengurangi pengurasan baterai adalah mengganti operator yang sesuai dengan penerimaan sinyal di wilayah terkait, mengaktifkan Mode Pesawat, perluasan jaringan, dan menggunakan penguat sinyal.

- Aplikasi dan layanan latar belakang
Banyak aplikasi yang menghabiskan baterai tanpa penggunaan aktif, atau aktif di latar belakang HP. Aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp serta layanan komunikasi lainnya selalu mengusahakan ponsel terus terhubung dan diperbarui setiap saat.

- Penggunaan GPS dan Bluetooth
Penggunaan GPS dan Bluetooth dapat menjadi penyebab baterai HP cepat habis. Anda harus tahu seberapa sering menggunakan ketiga antena ini.

- Aplikasi Pemakan Baterai
Aplikasi adalah salah satu hal yang cukup memakan baterai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai bisa mencarinya di setting. Jangan ragu untuk melakukan uninstall jika keperluanya penting.

- Terlalu Banyak Widget
Widget sebenarnya memiliki bermanfaat untuk memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi. Namun, jika terlalu banyak widget, ini akan membuat baterai HP akan cepat habis.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis
Saat baterai HP Anda cepat habis, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara. Berikut ini adalah cara mengatasi baterai HP cepat habis.

1. Aktifkan Pengaturan Baterai

Daun.id

istimewa

Cara yang dapatAnda lakukan untuk mengatasi baterai HP cepat habis adalah dengan mengaktifkan pengaturan baterai. Cara ini berfungsi untuk mengetahui presentase atau jumlah daya yang terpakai.

2. Kurangi Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang yang terlalu banyak merupakan salah satu penyebab baterai habis. Oleh karena itu, Anda bisa mulai seleksi kembali aplikasi sesuai kebutuhan. Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting pada HP Anda.

3. Atur Tampilan Layar
HP dengan layar AMOLED memiliki mode gelap pada sistemnya. Anda bisa mengaktifkan mode gelap untuk menghemat daya baterai HP. Pilih setelan manual dan gunakan skala rendah sehingga bisa menghemat baterai dan tidak merusak mata.

4. Aktifkan Mode Hemat Daya

Daun.id

istimewa

Dengan mengaktifkan mode hemat daya atau power saving mode dapat mengatasi baterai HP yang cepat habis. Namun konsekuensinya adalah layar ponsel kemungkinan tidak akan menjadi lebih redup.

Meskipun membuat layar menjadi lebih redup, setelan power saving ini sangat baik untuk kesehatan baterai.

5. Matikan GPS, Wifi, dan Bluetooth

Daun.id

istimewa

Fitur GPS, wifi dan bluetooth yang selalu aktif akan menguras baterai HP menjadi cepat habis. Anda harus lebih bijak saat menggunakannya. Gunakan hanya di saat-saat tertentu saja.

6. Matikan Semua Notifikasi HP

Pastikan Anda tidak mengaktifkan semua notifikasi masuk ke ponsel. Sortir jenis pemberitahuan apa saja yang memang hanya diperlukan. Ini akan menghemat jumlah penggunaan baterai HP. Namun resikonya Anda harus secara rutin mengecek HP untuk melihat pesan masuk.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya