Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Tanpa Menggunakan Santan dengan 1 Bahan Makanan

"Memiliki rambut panjang yang indah adalah impian banyak wanita. Namun, rambut panjang rentan rontok. Artikel ini akan memberikan solusi untuk mengatasi rambut rontok berlebihan dengan menggunakan buah..."

Life | 04 April 2024, 18:50
Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Tanpa Menggunakan Santan dengan 1 Bahan Makanan

Memiliki mahkota rambut yang indah dan sehat adalah idaman bagi banyak wanita. Terlebih lagi jika rambut yang dimiliki terurai panjang dan lembut. Namun memiliki rambut panjang menjadi tantangan bagi sebagian wanita. Hal ini dikarenakan rambut panjang mudah rontok.

Tak hanya rontok satu atau dua helai saja, terkadang ada yang mengalami kerontokkan dengan jumlah yang cukup banyak. Kondisi tersebut jika tidak diatasi segera bisa menyebabkan kebotakan di kulit kepala.

Penyebab kerontokan berlebihan pada rambut panjang ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada selama masa pubertas, kehamilan, dan menopause. Kondisi tersebut menyebabkan rambut menjadi rapuh, mudah rontok, dan memengaruhi siklus pertumbuhan rambut.

Faktor kedua yaitu kurangnya nutrisi pada rambut. Kurangnya asupan nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin, dan mineral dapat menyebabkan rambut menjadi lemah dan rontok. Faktor berikutnya adalah penggunaan produk kimia seperti cat rambut juga bisa merusak struktur rambut, sehingga menyebabkan kerontokan berlebih.

Solusinya untuk atasi kondisi di atas adalah memenuhi nutrisi rambut dengan menggunakan treatment topikal. Seperti yang dilakukan pengguna YouTube @SceliesChannel, ia memakai buah alpukat, lidah buaya, dan mayones yang tak dicampur santan.

Dilansir dari healthline.com, Selasa (2/4) alpukat mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B kompleks, serta mineral seperti kalium dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut yang kuat. Kandungan lemak sehat dalam alpukat membantu menguatkan rambut dari akar hingga ujung, mengurangi kerapuhan dan kerontokan.

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan peradangan pada kulit kepala. Peradangan dapat menjadi penyebab rambut rontok. Oleh karena itu, mengurangi peradangan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Tak hanya itu, lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu melembapkan kulit kepala. Sehingga bisa menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kepala. Adanya enzim proteolitik dalam lidah buaya membantu membersihkan pori-pori kulit kepala dari sisa-sisa kotoran dan minyak, mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.

Sedangkan mayones mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Kemudian adanya kandungan asam lemak, terutama omega-3 dan omega-6 membantu menjaga kelembapan rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut ini trik yang bisa kamu dapatkan, sebagaimana rangkum dari kanal YouTube @SceliesChannel, Selasa (2/4).

Bahan:

- 1 buah alpukat
- 1 buah lidah buaya.
- 2 sendok makan mayones.

Cara membuat:

1. Bersihkan lidah buaya dari kulitnya
2. Iris lidah buaya dengan bentuk dadu
3. Ambil gel lidah buaya dan masukkan ke dalam wadah
4. Ambil daging buah alpukat
5. Tambahkan mayones
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Tuangkan ke dalam wadah, sembari disaring
8. Peras hingga keluar air
9. Barulah masker dari bahan alami siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

1. Belah rambut menjadi beberapa bagian
2. Oleskan masker secara merata pada rambut
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit dan tutup menggunakan shower cap
4. Bilas masker menggunakan sampo dan air biasa
5. Gunakan masker rambut ini secara rutin agar rambut tumbuh dengan sehat.

Rambut bersih tanpa ketombe pakai alpukat.

Buah alpukat tidak hanya untuk dikonsumsi dan jadi bahan campuran makanan atau minuman saja. Buah ini ternyata mempunyai kandungan asam lemak sehat yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Sehingga kulit jadi lebih lembap dan terhindar dari ketombe kering.

Alpukat kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin E, vitamin C, dan vitamin K. Semua kandungan tersebut diklaim bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan meredakan peradangan yang terkait dengan ketombe. Sementara itu, mineral seperti magnesium dan kalium membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dipercaya ampuh mengurangi ketombe.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 19 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:23 ZUHUR 11:56
ASHAR 15:18 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:04  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya