7 Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah Secara Alami

"Munculnya bintik merah pada kulit bisa menjadi salah satu gejala terjadinya alergi pada kulit, dan gangguan kesehatan."

Life | 13 February 2022, 19:24
7 Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah Secara Alami

Dalam istilah dunia medis, munculnya bintik merah dapat disebut dengan plak kulit. Untuk mengetahui penyakit apa saja yang memiliki gejala berupa bintik merah pada kulit beserta pengobatannya. Pada umumnya kondisi ini dapat disebabkan terjadinya alergi kulit. Kondisi ini tidak biasa diacuhkan begitu saja.

Selain itu kondisi ini juga dapat mengganggu penampilan hingga mengurangi rasa percaya diri pada penderita alergi kulit. Terutama ketika bintik merah terjadi pada bagian tubuh yang tampak, misalnya pada wajah, tangan, kaki, dan lain sebagainya. Pasalnya, bintik merah yang muncul juga tampak kasar.

Alergi pada kulit yang terjadi dapat menyebabkan timbulnya bintik merah pada kulit. Setiap orang, mungkin pernah mengalami kejadian ini yaitu kejadian alergi kulit bintik merah. Selain bintik merah, terkadang kondisi alergi kulit juga dapat menyebabkan gatal-gatal. Selain itu juga dapat diikuti keluhan lain, dan tentunya sangat mengganggu.

Untuk mengatasi masalah ini, dapat mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga dapat memudahkan untuk mencari tahu cara mengatasi alergi kulit bintik merah. Simaklah beberapa uraian artikel di bawah ini.

Mengenal penyebab alergi kulit bintik merah

Berikut ini penyebab terjadinya alergi kulit bintik merah :

Daun.id

sumber; pexels

- Dermatitis kontak, reaksi yang muncul ketika kulit bersentuhan dengan zat yang iritatif atau bahan yang dapat memicu alergi, seperti sabun, sampo, deterjen, perhiasan logam, debu, lateks, maupun produk kosmetik. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya alergi kulit bintik merah.

- Dermatitis atopik, Ini merupakan salah satu penyebab alergi kulit bintik merah yang umum terjadi. Penyakit ini berkaitan dengan asma pada umumnya berkaitan dengan genetik orang tua ke anak. Dermatitis atopik atau eksim muncul di leher, tubuh bagian atas, tangan, lipatan siku, pergelangan kaki, dan tungkai.

- Biduran, Bercak merah pada kulit akibat urtikaria atau biduran biasanya disertai bentol-bentol yang terasa gatal, perih, dan menyengat. Bercak bisa timbul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti wajah, bibir, lidah, leher, dan telinga.

- Pityriasis rosea, ditandai dengan bintik merah di kulit yang berbentuk oval, bersisik, dan sangat gatal, di bagian dada, punggung, perut, leher, lengan atas, atau paha. Di sekitar bercak oval tersebut juga akan muncul ruam-ruam kemerahan. Hingga saat ini, penyebab pityriasis rosea belum diketahui dengan pasti. Namun, penyakit ini diduga berkaitan dengan infeksi virus.

- Kurap, bintik merah pada kulit juga bisa menjadi gejala kurap. Dalam kasus ini, bercak merah dapat meluas dan melingkar seperti cincin. Biasanya, bercak merah ini disertai dengan rasa gatal pada kulit, bersisik, dan kadang melepuh. Bercak pada kurap terlihat lebih merah di bagian tepi. Kondisi ini dapat menyebabkan alergi kulit bintik merah.

Beberapa keluhanalergi kulit bintik merah pada kulit mungkin memiliki ciri dan gejala yang mirip. Namun, penyebab dan diagnosis penyakitnya bisa berbeda. Saat mengalami alergi kulit bintik merah di kulit, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara mengatasi alergi kulit bintik merah

Alergi kulit bintik merah yang terjadi dapat diatasi melalui cara. Salah satunya menghindari memencet bintik merah karena dapat menyebabkan alergi bintik merah menjadi semakin parah. Berikut ini cara mengatasi kulit alergi merah :

1. Semprot dengan air mawar

Daun.id

sumber; pexels

Menyemprotkan air mawar pada area kulit alergi bintik merah di wajah telah dikenal sebagai salah satu cara mengatasi alergi kulit bintik merah secara alami. Air mawar diketahui mengandung minyak mawar yang berfungsi sebagai antiradang.

Saat melakukan penyemprotan, hindarilah area semprotan pada area mata, karena dapat dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi. Cara ini bisa dilakukan dalam sehari sebanyak 2 kali dengan menyemprotkan pada area bintik merah.

2. Hindari memencet bintik merah di kulit

Menggesek atau memencet kulit pada area bintik merah sangatlah beresiko. Sebab kuman dapat berkembang biak dan terjadi infeksi pada kulit. Cara ini juga termasuk cara yang aman dan ampuh, sebab memencet pada area bintik merah dapat meninggalkan bekas, dan juga mengeluarkan darah, bahkan dapat menyebabkan alergi.

3. Mengoleskan masker madu

Daun.id

sumber; pexels

Madu diketahui memiliki kandungan antimikroba yang dapat mengurangi peradangan. Meski milia tidak disebabkan oleh bakteri, masker madu juga dapat dikatakan sebagai cara mengatasi alergi kulit bintik merah secara aman dan alami pada area kulit. Oleskan madu pada kulit alergi bintik merah.

4. Kunyit

Kandungan senyawa aktif kurkumin pada kunyit dapat membantu mengatasi peradangan dan gatal-gatal pada kulit serta alergi kulit bintik merah. Kurkumin pada kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Selain itu juga dapat membantu perbaikan pada kulit, dan baik untuk kulit.

5. Gunakan minyak kelapa

Daun.id

sumber; pexels

Minyak kelapa memiliki fungsi yang dapat menstabilkan radikal bebas dan peradangan yang menyebabkan kulit alergi bintik merah. Hal ini karena minyak kelapa dapat meningkatkan kadar antioksidan, sehingga mengoleskan minyak kelapa pada kulit gatal dapat mengatasi kulit alergi bintik merah.

6. Daun Peppermint

Daun Peppermint disebut juga dengan daun mint. Daun ini bisa dijadikan sebagai cara mengobati bintik merah pada kulit. Terutama  yang disebabkan oleh gatal akibat alergi. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang menyejukkan. Gunakan daun pepperminyt dapat mengatasi kulit alergi bintik merah pada kulit.

7. Tea Tree Oil

Daun.id

sumber; pexels

Tea tree oil disebut juga sebagai minyak daun teh. Minyak ini bisa diandalkan sebagai cara mengobati bintik merah pada kulit. Daun teh dapat mengatasi bintik merah akibat elergi, hal ini karena. Minyak ini bisa sekaligus menyembuhkan infeksi yang dapat menyebabkan kulit gatal dan bintik merah hingga ruam.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit alergi bintik merah. Jika mengalami kesulitan akibat hal in, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit untuk memudahkan mengatasi kulit alergi bintik merah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya