BMKG Temukan 84 Titik Panas Baru di Kalimantan Timur, Angka Meningkat dari Sebelumnya

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan menemukan 84 titik panas baru di Provinsi Kalimantan Timur, jumlah ini meningkat dari sebelumnya. Titik panas tersebut tersebar ..."

Tech | 09 April 2024, 05:37

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memberi peringatan soal adanya titik panas di Provinsi Kalimantan Timur. "Sebanyak 84 titik panas ini terpantau sepanjang Sabtu (6 April 2024) kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Ahad 7 April 2024.

Menurut Diyan, 84 titik panas itu tersebar di lima daerah, yakni Kota Bontang (1 titik), Kabupaten Paser (4), Kutai Barat (18), Kutai Timur (38), dan Kabupaten Kutai Kartanegara (23).

Jumlah titik panas ini naik dari sebelumnya, Jumat 5 April 2024 yang terpantau 59 titik dan tersebar pada tiga kabupaten, yakni Kutai Barat (35 titik), Kutai Timur (13), dan Kabupaten Kutai Kartanegara (11)."Mengingat jumlah titik panas mengalami peningkatan, maka semua pihak diharapkan selalu waspada dan saling mengingatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan," tambah Diyan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya