Perbedaan Starlink di Indonesia dengan di Amerika Serikat, Penjelasan dari Kominfo

"Starlink sudah memiliki izin beroperasi di Indonesia, namun berbeda dengan Starlink milik Elon Musk di Amerika Serikat. Kominfo menjelaskan perbedaan tersebut."

Tech | 09 April 2024, 02:16
Perbedaan Starlink di Indonesia dengan di Amerika Serikat, Penjelasan dari Kominfo

Starlink sudah memiliki izin beroperasi di Indonesia. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan bahwa perusahaan beroperasi di Indonesia berbeda dengan Starlink milik Elon Musk yang berbasis di Texas.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto menegaskan bahwa perusahaan yang mengelola layanan Starlink di Indonesia adalah perusahaan yang berdomisili di Indonesia, berbeda dengan Starlink global.

Starlink Indonesia membeli perangkat stasiun bumi dan akses internet ke Starlink. Kemudian, perangkat dan akses internet tersebut digunakan untuk menyediakan layanan internet kepada pengguna di RI.

Wayan menjelaskan bahwa Starlink mengajukan dua izin operasi, yaitu sebagai penyedia layanan VSAT yaitu stasiun bumi untuk menangkap sinyal satelit dan sebagai penyedia akses internet atau ISP.

Starlink berencana beroperasi secara nasional dan menjual akses internet secara ritel. Namun, bisnis itu baru bisa dijalankan setelah Starlink mendapatkan izin ISP.

Untuk layanan VSAT, perusahaan milik Elon Musk tersebut sudah membangun hub dan infrastruktur lainnya. VSAT Starlink akan digunakan sebagai backhaul, yaitu infrastruktur yang menghubungkan jaringan internet global ke perusahaan penyedia layanan internet di RI.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa jadwal uji coba internet Starlink di IKN masih dibicarakan. Namun, ia memastikan bahwa Starlink bisa langsung menyediakan internet ke konsumen dalam skema B2C.

Ia menegaskan Starlink telah mengikuti semua regulasi yang sama dengan perusahaan internet lainnya sebelum diberikan izin beroperasi.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya