Tips Memilih Sampo untuk Rambut Rontok agar Lebat dan Lembut: 5 Cara yang Harus Anda Ketahui

"Mempunyai rambut indah dan sehat adalah dambaan bagi semua orang. Artikel ini memberikan tips memilih sampo yang tepat untuk mengatasi rambut rontok dan membuatnya lebat dan lembut. Temukan lima cara ..."

Life | 09 April 2024, 22:58
Tips Memilih Sampo untuk Rambut Rontok agar Lebat dan Lembut: 5 Cara yang Harus Anda Ketahui

Mempunyai rambut indah dan sehat adalah dambaan bagi semua orang. Tak hanya wanita saja, pria juga menginginkan kondisi rambutnya tampak lembut dan tumbuh sehat. Berbagai cara mereka lakukan untuk mendapatkan keindahan rambut yang diinginkan. Walaupun perawatan sudah dilakukan secara maksimal. Masalah seperti rambut rontok menjadi momok utama yang paling ditakuti sejumlah orang.

Proses terjadinya rambut rontok melibatkan siklus pertumbuhan rambut yang kompleks, yang terdiri dari tiga fase utama. Fase pertumbuhan aktif di mana rambut terus tumbuh selama beberapa tahun. Sekitar 85-90% rambut berada dalam fase ini pada satu waktu tertentu.

Masuk ke fase transisi singkat di mana pertumbuhan rambut berhenti. Fase ini berlangsung selama beberapa minggu. Lalu barulah beralih ke fase istirahat di mana rambut tua tetap di folikel rambut tanpa pertumbuhan baru. Pada akhir fase rambut tua rontok dan digantikan oleh rambut baru. Sekitar 10-15% rambut berada dalam fase istirahat.

Kondisi di atas dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu genetik, stres, ketidakseimbangan hormon, pola makan, dan penggunaan produk yang tidak sesuai. Beberapa produk rambut mengandung bahan kimia yang keras yang dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan.

Memilih sampo yang tepat adalah langkah penting dalam mengatasi rambut rontok. Nah, berikut ini ada lima cara memilih sampo untuk rambut rontok, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/4).

1. Pahami jenis rambut kamu.

Hal pertama yang cukup penting adalah ketahui jenis rambut dan kulit kepala kamu. Kamu bisa menggunakan sampo yang diformulasikan untuk kulit kepala kering yang juga dipakai pada rambut berminyak.

2. Lakukan riset sebelum membeli sampo.

Dilansir dari skinkraft.com, Minggu (7/4) jangan terlalu terpaku pada label sampo anti rambut rontok. Sebelum membeli lakukan riset terlebih dahulu untuk memilihnya. Tidak semua sampo dapat membantu mengatasi rambut rontok. Pastikan terlebih dahulu jenis rambut, masalah, bahan-bahan, dan tingkat pH sampo yang efektif untuk mengatasi kerontokkan.

3. Gunakan sampo dengan kandungan bahan alami.

Bagi kamu pemilik rambut rontok disarankan untuk menghindari kandungan bahan kimia. Kamu bisa menggunakan sampo yang mengandung bahan aktif alami. Usahakan menghindari sampo mengandung sodium lauryl sulfates, ammonium lauryl sulfate, myreth sulfate, siloxanes, turunan lauryl alcohol, propylene glycil, dan olefin sulfonate.

Sebagai gantinya, gunakan kandungan thuja occidentalis. Selain itu, kamu juga bisa gunakan kandungan seng, biotin, kolagen, campuran gluko-omega, keratin, minyak biji labu, rosemary, dan ekstrak teh hijau.

4. Tingkat pH sampo yang tepat.

Cara lainnya yaitu ketahui pH sampo yang tepat. Idealnya sampo untuk rambut rontok memiliki pH mendekati 6,5. Hal tersebut dikarenakan pH optimal kulit kepala. Sehingga tidak membuat kulit kepala dan rambut jadi kering dan menjaganya tetap lembap. Bahkan bisa membuat rambut berkilau.

5. Gunakan sampo dengan busa sedikit.

Perlu kamu ketahui jumlah busa pada sampo tidak menentukan apakah produk tersebut berfungsi atau tidak. Semakin sedikit busa, sebenarnya lebih baik. Hal ini dikarenakan molekul-molekul sampo menyerap lebih banyak kotoran dan minyak.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya