Apple Memberhentikan Karyawan Palestina, Bos Perusahaan Diprotes Demonstran

"Apple menghadapi protes karena memberhentikan karyawan Palestina yang mendukung rakyat Palestina di tengah konflik dengan Israel."

Tech | 10 April 2024, 21:50
Apple Memberhentikan Karyawan Palestina, Bos Perusahaan Diprotes Demonstran

Jakarta - Apple dihadapkan pada tuduhan bahwa mereka mendisiplinkan dan memberhentikan karyawan karena menunjukkan dukungan kepada rakyat Palestina di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas. Lebih dari 300 karyawan korporat dan ritel Apple, yang disebut Apples4Ceasefire, menandatangani surat terbuka mendesak CEO Tim Cook untuk menjelaskan bahwa nyawa warga Palestina penting.

Kelompok pekerja itu juga mengklaim bahwa Apple memecat seorang karyawan Palestina di toko perusahaan di Lincoln Park, Chicago. Mantan karyawannya, Madly Laaibah Espinoza, mengatakan kepada media di Amerika bahwa dia diduga menghadapi pelecehan dari manajer toko karena mengenakan keffiyeh saat bekerja, meskipun pimpinan tim mengatakan hiasan kepalanya sesuai dengan kebijakan Apple.

Setelah Espinoza diberitahu untuk berhenti memakai keffiyeh, dia bertanya apakah dia boleh memakai aksesoris yang berhubungan dengan Palestina, dan manajernya menjawab 'Ya.' Banyak rekan kerja Espinoza di Apple Store kemudian mulai memakai perhiasan yang bertuliskan 'selamatkan Gaza.' Espinoza kemudian dipecat dari pekerjaannya tanpa menerima peringatan tertulis apa pun.

Surat terbuka dari Apples4Ceasefire selanjutnya menyatakan bahwa tindakan perusahaan dalam beberapa bulan terakhir telah menunjukkan pimpinan Apple tidak memiliki niat untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi warga Palestina, dan mereka sama sekali tidak diterima di dalam lingkungan kerja Apple.

Menurut Wired, kelompok tersebut berencana mengadakan protes di luar toko ritel Apple di Lincoln Park Sabtu ini. Sebagian besar penandatangan surat juga bekerja di toko tersebut.

Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya