Sejarah dan Revolusi Pesawat Ulang Alik

"Pesawat ulang alik adalah pesawat luar angkasa yang mengubah cara kita menjelajahi ruang angkasa. Pelajari sejarah dan revolusi pesawat ulang alik di sini."

Tech | 15 April 2024, 06:57
Sejarah dan Revolusi Pesawat Ulang Alik

Pesawat ulang alik adalah pesawat luar angkasa yang dirancang untuk dapat meluncur ke luar angkasa dan kembali lagi ke Bumi. Pesawat ini membawa astronaut dan kargo ke stasiun luar angkasa, melakukan eksperimen ilmiah, dan memperbaiki satelit yang rusak.

Sejarah pesawat ulang alik dimulai pada tahun 1972 ketika NASA mengumumkan program Space Shuttle. Pesawat ulang alik pertama yang berhasil diluncurkan adalah Columbia pada tanggal 12 April 1981.

Revolusi pesawat ulang alik terletak pada kemampuannya untuk dapat digunakan kembali. Sebelumnya, pesawat luar angkasa hanya bisa digunakan sekali dan kemudian dibuang. Dengan adanya pesawat ulang alik, biaya misi luar angkasa dapat dikurangi secara signifikan.

Namun, pesawat ulang alik juga memiliki risiko yang tinggi. Pada tanggal 28 Januari 1986, Challenger mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian semua astronaut di dalamnya. Kejadian ini menyebabkan program Space Shuttle ditangguhkan selama dua tahun.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 21 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya