Apakah Puasa Syawal Boleh Dilakukan Tidak Berurutan? Penjelasan dari Buya Yahya

"Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan mulai hari kedua. Apakah harus berurutan? Buya Yahya memberikan penjelasan mengenai hal ini."

Life | 15 April 2024, 06:57
Apakah Puasa Syawal Boleh Dilakukan Tidak Berurutan? Penjelasan dari Buya Yahya

Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya menjelaskan, puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan mulai hari kedua. Puasa Syawal dikerjakan sebanyak enam hari.

Menurut Mazhab Imam Syaf’ii, enam itu tidak harus berurutan. Bahkan, sebagian ulama memakruhkan kalau langsung, Syawal takut dianggap wajib,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Jumat (12/4/2024).

Sebagian ulama berpendapat, puasa Syawal lebih baik dilakukan di pertengah atau menuju akhir. Itu karena ada kekhawatiran puasa tersebut wajib dilakukan sehingga memberatkan. Akan tetapi, jumhur ulama berpendapat dilakukan langsung setelah Idul Fitri juga tidak masalah dan tidak harus berurutan.

“Akan tetapi kalau ada yang berurutan ini adalah memang lebih baik karena kebaikan itu memang hendaknya segera dilaksanakan. Sebab, kalau menunda, nanti-nanti, eh Syawal hilang (berakhir). Kan begitu bisa jadi,” tutur Buya Yahya.

Buya Yahya menyimpulkan, amalan itu utamanya segera diselesaikan, karena menunda amal baik takutnya tidak ada kesempatan lagi. Selagi sehat dan bisa, maka puasa Syawal secara berurutan agar cepat selesai dan meraih keutamaannya.

Namun, jika tidak berurutan pun tidak masalah. Kalau tidak berurutan, sebaiknya dilakukan di hari-hari sunnah berpuasa agar mendapat pahalanya dobel.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya