Peringatan BMKG: Ancaman Baru Selama Libur Lebaran 2024, Periksa Lokasinya

"BMKG memprediksi cuaca ekstrem selama libur Lebaran 2024 di beberapa provinsi di Indonesia. Peringatan dini dikeluarkan untuk menghindari bencana."

Tech | 15 April 2024, 11:37
Peringatan BMKG: Ancaman Baru Selama Libur Lebaran 2024, Periksa Lokasinya

Jakarta, - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca ekstrem akan terus menerus mengganggu sejumlah provinsi di Indonesia hingga akhir periode liburan Lebaran.

Menurut laporan dari Prospek Cuaca Seminggu ke Depan dikuti dari CNN Indonesia, cuaca ekstrem ini terutama berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diprediksi terjadi di wilayah-wilayah seperti Sumatra bagian utara hingga tengah, sebagian besar Jawa, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah hingga selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Peringatan dini dikeluarkan oleh BMKG agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana seperti puting beliung, hujan lebat yang disertai petir/kilat, hujan es, dan bahaya lainnya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, serta jalanan licin.

Adapun rincian daerah yang berpotensi terkena dampak cuaca ekstrem adalah:

9-10 April

Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

13-15 April

Aceh, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga mengungkapkan beberapa fenomena atmosfer yang akan mempengaruhi kondisi cuaca di masa depan, antara lain aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di sejumlah wilayah Indonesia, seperti Sumatra bagian utara-tengah, Kalimantan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua dalam waktu satu minggu ke depan.

Selain itu, gelombang atmosfer Kelvin juga diprakirakan aktif di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan dalam waktu seminggu ke depan.

Fenomena siklon tropis OLGA yang terpantau di Samudra Hindia selatan NTB juga turut diperhitungkan. Siklon ini dapat menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dari Australia bagian utara hingga Samudra Hindia selatan NTB, serta di sekitarnya, yang berpotensi mempengaruhi cuaca di wilayah terdekatnya.

Selain itu, BMKG juga mencatat daerah konvergensi dan konfluensi angin di sejumlah perairan Indonesia yang juga berpotensi mempengaruhi kondisi cuaca setempat.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya