11 Cara Mengatasi Sulit Hamil agar Cepat Hamil

"Mengetahui masa subur dapat dilakukan dalam mengatasi sulit hamil."

Life | 16 February 2022, 20:47
11 Cara Mengatasi Sulit Hamil agar Cepat Hamil

Cara membuat anak pertama yang dipikir efektif adalah dengan mengenali masa subur pasangan. Cara ini sangat mudah dipraktikkan sebagai cara mengetahui kapan masa subur wanita dari jadwal haidnya.

Melakukan hubungan seks pada masa subur dapat memberi kesempatan besar agar cepat hamil. Masa subur wanita berada pada 2 sampai 5 hari sebelum terjadi ovuasi. Adapun waktu terbaik ialah 2 hari sebelum ovulasi dan 12 sampai 16 hari sebelum haid.

Sperma yang masuk pada tubuh wanita dapat hidup sampai 5 hari di dalam lendir serviks, kemudian sel telur dapat bertahan sekitar 24 jam sesudah ovulasi.

Kesalahan-kesalahan umum tersebut yang sering menjadi faktor penyebab susah hamil dan memperoleh anak, yakni:

1. Berhubungan seks pada waktu perkiraan masa subur saja

Ovulasi merupakan hal yang sangat unik. Walaupun siklus haidmu sangat normal dan sangat teratur, yakni 28 hari, tetap terdapat kemungkinan masa subur dapat lebih cepat sehari atau lebih lama sehari. Tidak pernah ada yang tahu hal tersebut pastiannya kapan. Sehingga, apabila kamu berhubungan seks hanya ketika perkiraan ovulasi saja, terdapat kemungkinan sel telur telah terlambat dibuahi.

2. Salah menentukan masa subur (ovulasi)

Rata-rata, siklus haid perempuan normal ialah 28 hari. Pada siklus ini, cara menentukan masa subur ialah dengan menambahkan 14 hari sesudah hari pertama datang bulan (menstruasi).

3. Masih melakukan gaya hidup tidak sehat

Merokok, konsumsi alkohol dan kafein dengan berlebihan, juga konsumsi makanan-makanan cepat saji merupakan contoh kesalahan yang biasanya menjadi penyebab susah hamil sebab gaya hidup itu meningkatkan risiko infertilitas (ketidaksuburan).

4. Terlalu cepat berkonsultasi pada dokter spesialis

Jika kamu berumur di bawah 35 tahun dan belum juga berhasil hamil, itu kondisi yang wajar. Rata-rata perempuan normal dengan keadaan kesuburan dan siklus haid teratur dapat menghabiskan waktu sekitar satu tahun agar dapat hamil. Wajar jika Anda merasa frustrasi karena belum juga hamil di bulan ke-6 atau ke-7, tapi Ibu disarankan tetap menunggu apabila memang tidak ada gangguan kesehatan apa pun.

5. Menunggu terlalu lama dalam konsultasi ke dokter

Jangan tunggu hingga satu tahun saat konsultasi ke dokter jika kamu:

- Mempunyai siklus haid lebih pendek dari 25 hari atau lebih panjang dari 35 hari.
- Terjadi nyeri haid yang cukup buruk dan haid yang banyak.
- Pernah terkena penyakit radang panggul dan infeksi menular seksual.

Kamu dapat melakukan cara mengatasi susah hamil sebagai berikut:

1. Konsumsi makanan sehat

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Stres akibat susah hamil dapat membuat nafsu makan meningkat. Tidak jarang kondisi ini menyebabkan seseorang melampiaskannya pada konsumsi makanan manis dan tidak sehat. Walaupun, apabila dilakukan dengan berlebihan dapat membuat kadar hormon jadi tidak seimbang yang memengaruhi kesuburan dan peluang kehamilan.

Dalam mencegah hal itu, ketika stres melanda, kamu direkomendasikan supaya mengubah pola makanmu jadi lebih sehat dan konsumsi makanan yang terdapat asam folat dan vitamin B. Beberapa makanan yang dapat kamu pilih ialah nasi, sayuran, sereal, ikan, dan buah.

2. Berpikir kamu yang tidak subur

Jika menyangkut mengenai kesuburan dan kesulitan hamil, kadang pasangan dan keluarga memusatkan investigasi terhadap perempuan saja. Walaupun, sekitar 40 persen masalah kesuburan diakibatkan oleh pihak pria. Sehingga, apabila kamu berusia di bawah 35 tahun dan belum hamil sesudah satu tahun aktif secara seksual, kamu dan pasangan harus cepat konsultasi ke dokter. Dokter akan menganalisis sperma pasangan dalam melihat apakah terdapat kondisi kesuburan atau tidak.

3. Ketahui kapan masa suburmu

Jangan melakukan kesalahan biasanya sebab tidak mengetahui waktu ovulasi yang tepat. Hal ini dapat dipelajari dari waktu periode haidmu. Hal ini merupakan waktunya melepaskan sel telur dari ovarium pada setiap siklus mestruasimu. Ini ialah hari pertama masa subur yang juga dikenal sebagai masa ovulasi, yang berlangsung sekitar dua sampai empat hari.

4. Membatasi karbohidrat

Saat kamu membatasi konsumsi karbohidrat bisa dilakukan sebagai cara menyuburkan kandungan. Alasannya, apabila dilakukan dengan teratur, kadar insulin pada tubuh akan menurun, membuat lemak jadi lebih mudah luruh ketika kamu berolahraga serta menyebabkan haid jadi lebih teratur.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Terlalu banyak konsumsi daging merah menyebabkan wanita dua kali lebih mungkin terjangkit fibroid rahim yang bisa mengganggu kesuburan. Banyak makan sayur dan buah bisa menurunkan risiko terjangkit penyakit itu sampai 50%.

Hal tersebut yang membuat konsumsi sayur dan buah sebagai cara menyuburkan kandungan. Sayuran misalnya kembang kol, brokoli, dan kol juga terdapat indole 3 carbinol yang baik dalam metabolisme estrogen yang ialah hormon seks pada tubuh wanita, dan menyeimbangkannya.

Makan sayur dan buah yang tinggi antioksidan dalam membantu mempertahankan kesehatan sel telur, mengurangi radikal bebas, dan memengaruhi keadaan kesehatan reproduksi.

6. Berhubungan seks sebelum waktunya berovulasi

Sperma mampu bertahan pada rahim dan tuba falopi sekitar dua atau tiga hari namun sel telur hanya bertahan dalam 12 sampai 24 jam sesudah dilepaskan. Berhubungan seks sehari sebelum kamu berovulasi mampu meningkatkan peluang sperma bertemu sel telur dengan cepat seusai dilepaskan.

Dalam siklus haid 28 hari, di mana kamu diharapkan agar berovulasi pada hari ke-14, kamu perlu menjadikannya titik dalam berhubungan seks mulai dari hari 10 sampai hari 15. Hal ini merupakan hari-hari terbaik untukmu agar hamil dengan siklus bulananmu.

7. Jangan menggunakan pelumas tambahan pada vagina

Apabila kamu berpikir menambahkan pelumas bias membantu sperma bergerak secara cepat, ini tidak benar. Pelumas bisa menghambat usaha agar dapat segera hamil. Formula pada kebanyakan pelumas mampu mengubah keseimbangan pH pada vagina dan justru dapat mengurangi mobilitas sperma. Apabila kamu perlu memakai pelumas, minta dokter kamu supaya menyarankan pelumas yang ramah untuk kesuburan.

8. Berikan dukungan terhadap suami dalam menjaga kualitas sperma

Sperma yang kuat dan sehat dengan volume yang tepat mempunyai peluang terbaik dalam membuahi sel telur. Supaya meningkatkan kesuburan sperma, minta pasanganmu guna memperoleh berat badan yang sehat apabila ia terjadi kelebihan berat badan dengan signifikan.

Bahan-bahan utama misalnya seng, asam folat, dan vitamin C bisa membantu memproduksikan sperma sehat dengan volume besar. Kamu juga dapat menyediakan makanan sehat setiap hari. Kamu juga harus menghindari merokok dan minum alkohol. Upayakan ia mempunyai waktu cukup dalam istirahat dan terbebas terhadap stres.

9. Rutin olahraga

Untukmu yang adalah pekerja kantoran atau melakukan kegiatan lain yang mengharuskan duduk pada jangka waktu yang lama, tingkatkan aktivitas fisik misalnya berjalan kaki atau yoga. Duduk cukup lama dapat mengganggu sirkulasi darah pada daerah rahim. Sehingga, kamu harus melakukan cara menyuburkan kandungan dengan melakukan gerakan selingan supaya memperbaiki aliran darah.

10. Kurangi konsumsi kafein

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi sulit hamil selanjutnya ialah dengan mengurangi konsumsi kafein. Kafein berlebih bisa menyebabkan naiknya kadar estrogen pada tubuh, sehingga kamu lebih berisiko terjangkit fibroid rahim. Tubuh wanita yang mengonsumsi 500 miligram atau 4-5 gelas kopi per hari dapat memproduksi estrogen lebih banyak 70% dari yang biasanya. Konsumsi kafein bisa mengganggu kesuburan rahim.

11. Menjauhi konsumsi lemak trans

Lemak sehat atau lemak tidak jenuh yang dapat kamu peroleh dari ikan atau alpukat, sangat penting untuk kesuburan. Tetapi sebaliknya, konsumsi lemak trans, adalah salah satu faktor penyebab sulit hamil.

Konsumsi lemak tidak sehat dapat meningkatkan risiko infertilitas sampai 31%. Beberapa penelitian juga telah menghubungkan konsumsi lemak jenuh dengan gangguan kesuburan terhadap wanita. Lemak trans kadang terdapat pada beberpa makanan yang digoreng, misalnya makanan cepat saji.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya