Perayaan Lebaran Ketupat: Tradisi Setor Nama Arwah, Bertukar Berkat, dan Makan Bersama

"Perayaan Lebaran Ketupat merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia yang melibatkan tradisi setor nama arwah, bertukar berkat, dan makan bersama. Artikel ini menjelaskan secara detail tentang t..."

Life | 19 April 2024, 09:57

Perayaan Lebaran Ketupat dilakukan masyarakat Muslim di Indonesia pada 8 Syawal dengan beragam tradisi. Sebagian umat Islam melangsungkannya pada 7 Syawal di malam hari.

Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Lebaran Ketupat dirayakan di mushala atau masjid usai shalat subuh dengan berkirim doa kepada arwah, bertukar berkat, dan makan bareng.

Sehari sebelum Lebaran Ketupat, warga di desa ini diimbau agar menyetorkan nama arwah dari masing-masing jamaah mushala, sekaligus diumumkan untuk membawa berkat sebanyak dua atau tiga.

Tentu saja berkat itu adalah ketupat atau lontong, lengkap dengan kuah lodeh. Lalu semua berkat yang dibawa warga itu kemudian dikumpulkan di mushala untuk dibagikan ke masing-masing jamaah dan sebagian dimakan bersama-sama di tempat. Inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dari Lebaran Ketupat.

Berkat-berkat tersebut dibagikan secara acak setelah pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh salah seorang imam mushala, Bashori. Bisa dipastikan, berkat yang diterima dan dibawa pulang masing-masing jamaah adalah milik berkat jamaah yang lain. Begitu juga seterusnya.

Ia kemudian mengutip sebuah hadits yang menjelaskan tentang tiga hal yang tidak akan terputus pahalanya meski telah meninggal dunia. Yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh.

Menurut Bashori, doa dan tahlil yang dibacakan kepada arwah adalah bagian dari wujud amal yang pahalanya tidak terputus sebagaimana yang disebutkan pada hadits di atas.

Salah seorang jamaah Mushala Al-Mubarok, Rifatuz Zuhro menyampaikan, perayaan Lebaran Ketupat dengan doa dan tahlil serta bertukar berkat sudah berlangsung cukup lama. Bahkan tidak hanya saat momen lebaran ketupat, tapi juga usai shalat Idul Fitri, dan beberapa momentum yang lain.

Namun, yang perlu digarisbawahi, permintaan membawa berkat tersebut bukanlah sebuah keharusan, tetapi hanya bersifat imbauan. Karena itu, warga yang tidak membawa berkat pun tetap boleh mengikuti perayaan lebaran ketupat dan di momen-momen yang lainnya.

Dengan mengikuti tradisi ini, masyarakat Indonesia dapat menjaga kearifan lokal dan memperkuat nilai-nilai kebersamaan. Perayaan Lebaran Ketupat menjadi momen yang berarti untuk saling berbagi, menghormati arwah, dan mempererat hubungan sosial.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya